9 Tempat Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata

SEMARANG, Media – Masyarakat kreatif dalam dunia pariwisata mesti berbasis kebiasaan lokal. Workshop dan kolaborasi seni menjadi bagian urgen dari proses ini sampai-sampai komunitas pun bakal tetap hidup walaupun wisatawan pada saatnya meninggalkan destinasi wisatanya.

“Keuntungan pola ini ialah kreativitas masyarakat terus berkembang, sekaligus menghidupkan ekonomi rakyat setempat. Contohnya ialah di Kasongan, Bandung, dan Laweyan sebagaimana dipakai sebagai misal di kitab ini. Dan terlebih penting, pariwisata wilayah akan tidak jarang kali hidup sebab mereka didukung oleh semua creativepreneur lokal –masyarakat lokal yang kreatif dan mempunyai semangat entrepreneurship tinggi,” demikian pendapat Henky Hermantoro, penulis kitab “Creative-Based Tourism” dalam surat elektroniknya untuk Kompas, Sabtu.

Berdasarkan keterangan dari Hengky, ketika ini terjadi evolusi paradigma pembangunan ekonomi dari basis pertanian, industri, teknologi dan kini kreativitas. Perubahan paradigma pembangunan ekonomi ini sudah mempengaruhi sekian banyak industri berhubungan dengan kreativitas tergolong pariwisata. Apakah pariwisata kreatif itu?

“Berbagai studi mengupayakan menjelaskan bahwa wisatawan ketika ini mengolah pola perjalanan wisatanya dari buying product menjadi buying experience. Dari mass tourism menjadi responsible tourism. Ketika semula wisatawan lumayan senang berangjangsana beramai-ramai ke sebuah tempat melulu untuk sebatas berfoto, mereka lantas mengganti tujuannya untuk mengupayakan memahami kebiasaan setempat. Kunjungan wisata budaya, dengan menyaksikan (dan mempelajari) museum, galeri seni dsb menjadi trend baru ketika itu. Menjadi berkulit gelap dampak mandi matahari bukan lagi menjadi trend, tetapi memahami kebiasaan setempat menjadi sebuah kebanggaan untuk para wisatawan tersebut sendiri,” papar Hengky.

Tren selanjutnya berkembang lagi. “Saat ini wisatawan tidak lumayan puas melulu sekedar memahami, namun mereka mengupayakan untuk lebih dalam mempelajari kebiasaan setempat dan mengembangkannya. Wisatawan lantas menjadi unsur dari insan kreatif yang dapat bekerjasama dengan kebiasaan setempat. Mereka lantas menjadi prosumen (produsen sekaligus konsumen), dan mereka tidak lagi melulu pasif melihat kebiasaan lokal. Ini yang dinamakan wisata kreatif –knowledge lantas menjadi lebih urgen dari melulu sekedar experience,” ungkap Hengky.

“Saya lantas melihat pertumbuhan wisata kreatif ini dari segi lain yang lebih dalam. Beberapa misal di negara lain mengindikasikan bahwa insan kreatif yang datang dari negara beda mengembangkan seninya di negara destinasi kunjungan. Mereka berkreasi dan menghasilkan trafik wisatawan, dan warga lokal memanfaatkan kehadiran wisatawan dengan (hanya sekedar) meluangkan sarana akomodasi, santap minum dsb. Namun saat para insan kreatif ini meninggalkan negara destinasi kunjungan, masyarakat setempat bakal kehilangan segalanya kecuali sarana penyokong yang mereka sediakan,” tandasnya.

9 Tempat Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata – Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata

Definisi Akomodasi
Definisi Akomodasi | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
BAB II TINJAUAN UMUM AKOMODASI WISATA DAN
BAB II TINJAUAN UMUM AKOMODASI WISATA DAN | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
PDF) SISTEM PANDUAN PEMILIHAN TRANSPORTASI DAN AKOMODASI
PDF) SISTEM PANDUAN PEMILIHAN TRANSPORTASI DAN AKOMODASI | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
Pengantar Akomodasi dan Restoran
Pengantar Akomodasi dan Restoran | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
Pengertian Akomodasi : Dunia Perhotelan.
Pengertian Akomodasi : Dunia Perhotelan. | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
PDF KETERSEDIAAN AKOMODASI PARIWISATA DALAM MENDUKUNG PARIWISATA
PDF KETERSEDIAAN AKOMODASI PARIWISATA DALAM MENDUKUNG PARIWISATA | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
Makalah Akomodasi Perhotelan: Oleh ; M Maulana Ihsan W Xap9
Makalah Akomodasi Perhotelan: Oleh ; M Maulana Ihsan W Xap9 | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
Komponen pariwisata
Komponen pariwisata | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata
Mentaya : Kepariwisataan
Mentaya : Kepariwisataan | Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata