9 Lokasi Wisata Pwk

Tidak diambil biaya, tidak terdapat tiket, alias free untuk menonton air mancur menari yang biasa dinamakan dengan waterfountain itu. Banyak yang bertanya-tanya, apa tidak rugi? Apa tidak boros? Kalau masing-masing pekan mesti mengoperasikan air menari, menyeluruh dengan beban listrik, operator, maintenance, security, sampah, penataan lalulintas dan lainnya?

Inilah Daftar 9 Tempat Wisata Purwakarta Wajib Dikunjungi

Inilah Daftar 9 Tempat Wisata Purwakarta Wajib Dikunjungi | Wisata Pwk

“Inilah teknik pemerintah wilayah Purbalingga guna menghidupkan ekonomi kreatif dan pariwisata lokal. Sekali show, memerlukan Rp 20 juta guna operasional, tetapi dapat membuat pedagang, restoran, café, souvenir shop, dan 1.500 UMKM di Purwakarta hidup dan mendapat omzet di atas Rp 2 juta. Tugas pemda ialah mendorong ekonomi bergulir,’ ungkap Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta.

Dia menjelaskan, Taman Air Mancur Sri Baduga ini telah melewati proses panjang, multi years, guna menjadi laksana sekarang. Karena itu, dinamakan Peresmian Tahap III Taman Air Mancur ini tahun 2017. “Wajah Kota Purwakarta kami tata dengan rapi, bersih, dan taman yang indah,” jelas Kang Dedi, panggilan Bupati Dedi Mulyadi yang Ketua DPD Golkar Jabar itu.

Berdasarkan keterangan dari dia, Taman Air Sri Baduga awalnya ialah danau kecil yang dinamakan dengan Situ Buleud. Situ tersebut danau, buleud itu dengan kata lain bulat. Karena sedang di tengah-tengah kota. Kini air mancur Taman Sri Baduga ini telah menjadi air mancur terbesar se Asia Tenggara, dengan luas ± 3 hektar. Air mancur ini adalah pengembangan dari tujuan wisata Situ Buleud yang dibangun semenjak tahun 2013 dan mulai diresmikan etape kesatu pada bulan Januari Tahun 2014.

9 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru dan Terpopuler 9

9 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru dan Terpopuler 9 | Wisata Pwk

“Dulu, telaga ini konon tidak jarang dijadikan lokasi berendam badak. Maka tidak boleh heran bila kami bangun patung badak, di pertigaan depan Taman Sri Baduga itu. Rangkaian air mancur tersebut akan memancarkan cahaya warna-warni, dengan laser yang seirama dengan gerak air mancur. “Tiap malam minggu antara pukul 19.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB, tiga kali show, selama ±25 menit masing-masing satu kali pertunjukan.

Dedi Mulyadi pun menegaskan, langkah pembangunan telah sampai pada etape ke-3 (2016), proses pembangunan terdiri Tahap I tahun 2014, lalu etape ke-2 tahun 2015, sudah diperbanyak dengan laser dan efek api. Tahap III tahun 2016 hingga mula 2017 diperbanyak dengan kursi tribun melingkar dua saf di depan, dua saf di belakang, dan wifi cuma-cuma di Taman Air Mancur Sri Baduga.

“Mengapa mesti wifi? Ini tuntunan Pak Menpar Arief Yahya, bahwa guna mendunia tersebut harus dipromosikan melewati medsos oleh anak-anak muda. Mereka selalu menggali free wifi, untuk dapat mengupload foto-foto mereka di tidak sedikit titik di Taman Sri Baduga,” kata Kang Dedi.

9 Destinasi Wisata Di Purwakarta Yang Anti-Mainstream Dan

9 Destinasi Wisata Di Purwakarta Yang Anti-Mainstream Dan | Wisata Pwk

Dia menyebut, hingga dengan finish, direncanakan hingga dengan etape ke-9. Setiap tahapan itu akan menampilkan keanehan dan pemakaian teknologi, cocok dengan keperluan dan pertumbuhan pasar. “Kalau orang Jakarta punya air mancur bundaran HI, kami orang Purwakarta punya air mancur Sri Baduga,” kata Kang Dedi.

Lalu apa sih atraksi Purwakarta? Di samping air mancur menari Sri Baduga? “Banyak, tidak boleh khawatir, wisatawan dapat 2-3 hari di Purwakarta dengan tidak sedikit aktivitas. Seperti kuliner, dengan Sate Maranggi. Sate sapi atau domba yang khas dari Purwakarta. Ada tidak sedikit museum, dan boleh dicek, IT-nya barangkali lebih canggih dan mendidik daripada Monumen Nasional di Jakarta. Karena itu, silakan ke Purwakarta,” ungkap Kang Dedi.

Data Kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2014 ialah 633 orang, bertambah menjadi 934 orang ditahun 2015. Pada bulan November 2016 tercatat sejumlah 1.280 orang mendatangi Kabupaten Purwakarta. “Jadi terus bakal meningkat. Taman-taman di Purwakarta pun boleh diadu dengan kota taman beda di Jawa Barat!” tegas Kang Dedi.

9 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru yang Lagi Hits 9

9 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru yang Lagi Hits 9 | Wisata Pwk

Sedangkan Kunjungan wisatawan nusantara tahun 2014 ialah 426.733 orang, bertambah menjadi 516.580 orang ditahun 2015. Pada bulan November 2016 tercatat sejumlah 902.601 orang mendatangi Purwakarta. Diharapkan Purwakarta menjadi Destinasi Wisata Buatan (Man-Made) terbesar di Indonesia dengan terbangunnya taman-taman (1000 taman) dan museum dengan keunikannya setiap yang didukung oleh kebiasaan tradisional dan modern.

Satu lagi, lanjut dia, distrik Jatiluhur ke depannya bakal dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. “Kalau Bali punya Nusa Dua. Belitung punya Tanjung Kelayang dan kelak pun Juru Sebrang. Lombok NTB punya Mandalika. Maltara punya Morotai, Danau Toba pun punya KEK, maka Purwakarta pun akan merancang pembangunan KEK di area Pariwisata Jatiluhur, Purwakarta,” ungkap dia.

Menpar Arief Yahya lagi-lagi mengajak, anak-anak muda di Purwakarta guna senantiasa menenteng HP-nya, selfie, foto-foto destinasi, dan upload di media social. “Itu ialah cara tercepat, terbaik, sangat massif, guna mempopulerkan Purwakarta dan seluruh potensi wisata yang terdapat di dalamnya. Termasuk Taman Air Mancur Sri Baduga,” kata Menpar yang mantan Dirut PT Telkom ini.

9 Tempat Wisata di Purwakarta untuk Liburan Akhir Pekan

9 Tempat Wisata di Purwakarta untuk Liburan Akhir Pekan | Wisata Pwk

9 Lokasi Wisata Pwk – Wisata Pwk

Ini Tempat-tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits

Ini Tempat-tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits | Wisata Pwk

9 Wisata Murah di Purwakarta, Ada yang Gratis

9 Wisata Murah di Purwakarta, Ada yang Gratis | Wisata Pwk

9 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru dan Terpopuler 9

9 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru dan Terpopuler 9 | Wisata Pwk

9 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Hits Selain Waduk Jatiluhur

9 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Hits Selain Waduk Jatiluhur | Wisata Pwk

9 photos of the "9 Lokasi Wisata Pwk"

9 Tempat Wisata Di Purwakarta Terbaru Yang Lagi Hits 9 Wisata Pwk9 Tempat Wisata Di Purwakarta Terbaru Dan Terpopuler 9 Wisata PwkIni Tempat Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Lagi Hits Wisata Pwk9 Tempat Wisata Di Purwakarta Paling Hits Selain Waduk Jatiluhur Wisata PwkInilah Daftar 9 Tempat Wisata Purwakarta Wajib Dikunjungi Wisata Pwk9 Tempat Wisata Di Purwakarta Terbaru Dan Terpopuler 9 Wisata Pwk9 Tempat Wisata Di Purwakarta Untuk Liburan Akhir Pekan Wisata Pwk9 Wisata Murah Di Purwakarta, Ada Yang Gratis Wisata Pwk9 Destinasi Wisata Di Purwakarta Yang Anti Mainstream Dan Wisata Pwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *