9 Lokasi Wisata Daerah Borobudur

Sumber gambar, Yaya Ulya guna BBC Indonesia

SvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur

SvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur | Wisata Daerah Borobudur

Walau dalam Status Siaga Satu, semua wisatawaan masih diperkenankan untuk mendatangi Candi Borobudur.

Kepolisan Daerah Jawa Tengah memperpanjang Siaga Satu di area Candi Borobudur sampai Sabtu (09/09) guna mengantisipasi supaya massa tidak melangsungkan aksi unjuk rasa di area tersebut.

“Siaga Satu hingga besok. Bodobudur tersebut tidak melulu milik satu agama, tersebut warisan dunia,” kata Kapolres Magelang, AKBP Hindarsono.

Dengan kedudukan tersebut maka polisi akan mengawal sejumlah jalan masuk mengarah ke Candi Borobudur, tetapi wisatawan masih tetap boleh untuk mendatangi candi Buddha yang adalah salah satu destinasi wisata internasional.

Penetapan Siaga Satu sudah diberitahukan sejak Kamis (07/09) guna menanggapi rencana sekelompok umat Islam melangsungkan aksi unjuk rasa mengecam kekerasan atas umat Islam Rohingya di negara unsur Rakhine, Myanmar.

Sumber gambar, Yaya Ulya guna BBC Indonesia

Sekelompok umat Islam merencanakan aksi unjuk rasa di Candi Borbudur usai sembahyang Jumat di Masjid An-Nur, Jumat (08/09).

Hari Jumat (08/09), selama 5.000 demonstran solidaritas Rohingya dari sekian banyak kelompok Islam, batal berunjuk rasa di area Borobudur yang dipertahankan ketat berlapis, dan mengerjakan salat Jumat dan bertindak di masjid berjarak selama lima kilometer dari candi.

Sejak pagi, ratusan petugas polisi mengerjakan penjagaan ketat dan berlapis: pintu-pintu masuk dipasangi perangkat pendeteksi logam, dan kios-kios cendera mata tutup, lapor Furqon Ulya Himawan, seorang wartawan setempat yang mengadukan untuk BBC Indonesia.

Para pengunjung dan wisatawan tetap dapat masuk laksana biasa.

Sumber gambar, Furqon Ulya Himawan

9 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

9 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi | Wisata Daerah Borobudur

Sejumlah orang dari sejumlah ormas Islam sudah mengunjungi masjid selama Borobudur, sedangkan aparat ketat menjada akses masuk candi dari abad ke-9 itu.

Massa datang dengan sekian banyak atribut, lazimnya mengenakan busana putih. Sebagian dengan artikel lembaga mereka, antara beda Front pembela Islam (FPI) dan Forum umat Islam (FUI).

Khutbah Jumat di Masjid An-Nur, dan orasi sesudahnya diwarnai kecaman terhadap kekerasan di negara unsur rakhine, Myanmar, yang menyebabkan ratusan ribu minoritas Muslim rohingya mengamankan diri ke Bangladesh.

Namun lewat tengah hari, massa meninggalkan An-Nur, seraya sesekali meneriakan yel-yel dan takbir.

Polda Jawa Tengah memang memutuskan status siaga satu untuk area Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, menyusul rencana demonstrasi sebanyak ormas berhubungan krisis Rohingya di Myanmar.

Sumber gambar, Furqon Ulya Himawan

Pintu-pintu masuk ke arah candi Borobudur dipasangi perangkat pendeteksi logam, sedangkan kios-kios cendera mata selama candi tutup.

Pemuka agama menyinggung unjuk rasa apapun tidak seharusnya dilangsungkan di candi yang adalah tempat peribadatan pemeluk Buddha itu.

Sebelumnya, untuk BBC indonesia, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarod Padakova, mengatakan, “Kami siaga satu mulai hari (Kamis. 7/9) ini.

Kapolda dan asisten operasi Kapolri terdapat di tempat untuk memantau. Kami jaga masyarakat yang berwisata supaya mereka tidak terganggu.”

Djarod menuturkan, UU 9/1998 tentang kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum menyebut lokasi ibadah sebagai satu dari delapan kelompok lokasi terlarang guna demonstrasi.

Tak Cuma Borobudur, 9 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi Saat ke

Tak Cuma Borobudur, 9 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi Saat ke | Wisata Daerah Borobudur

Kepolisian, kata Djarod, akan mengawasi pergerakan massa sebanyak ormas yang tercebur rencana unjuk rasa krisis Rohingya.

“Sudah kami tegaskan demo tersebut dilarang. Tidak bakal diberi izin. Akan kami tindak tegas sebab dilarang Kapolri. Undang-undang pun melarang,” ujar Djarod.

Sumber gambar, AFP

Dari tahun ke tahun, wisatawan selalu mengisi Borobudur pada perayaan Waisak.

Dalam kesempata lain, Kapolres Magelang AKBP Hindarsono menyinggung koordinator unjuk rasa sudah sepakat membatalkan niat berdemo di Borobudur. Dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, rencana unjuk rasa itu dipindahkan ke Masjid An Nur Sawitan, selama 5 kilometer dari Borobudur.

“Agendanya, salat Jumat berjamaah, doa bareng dan penggalangan dana guna Muslim Rohingya. Panitia pelaksana aksi pun sudah menyetujui,” kata Hindarsono untuk pers.

Adapun, Jumat ini, pekerjaan pariwisata Borobudur hanya dimulai untuk wisatawan yang datang secara berkelompok, bukan perorangan. Pengelola memungut keputusan tersebut untuk mempermudah pemantauan terhadap pengunjung.

Sumber gambar, AFP

Undang-undang tidak mengizinkan masyarakat berunjuk rasa di lokasi ibadah, tergolong Candi Borobudur.

‘Bukan isu lokal’

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas meminta komunitas Islam tidak menjadikan krisis Rohingya sebagai dasar persekusi terhadap pengikut Buddha. Yang terjadi di Rakhine, Myanmar, kata dia, tidak sepatutnya dilokalisasi.

SvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur

SvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur | Wisata Daerah Borobudur

“Masalah di sana tidak boleh dijadikan dasar guna membenci pemeluk Buddha di Indonesia sebab mereka tidak bersangkutan dengan yang terjadi di sana,” ujar Anwar di Jakarta, Kamis siang (7/9), dalam acara yang melibatkan sekian banyak pemimpin agama.

Berdasarkan keterangan dari Anwar, persekusi terhadap umat Buddha dan unjuk rasa di Borobudur akan merangsang persoalan baru, khususnya dari komunitas Buddha internasional.

“Atas dasar apa anda harus membenci umat Buddha dan berdemo di Borobudur? MUI jelas tidak merestui demo di sana,”

Sumber gambar, GETTY IMAGES/Ulet Ifansasti

Ratusan ribu pengungsi Rohingya diadukan melarikan diri dari Myanmar ke sebanyak kota di sekian banyak negara ASEAN, tergolong ke Medan, Sumatera Utara, laksana keluarga Muhammad Rofiq ini.

Ditemui dalam peluang yang sama, Ketua Presidium Inter Religion Council Din Syamsuddin menyinggung krisis Rohingya di Myanmar tak dapat dicungkil dari konteks keagamaan. Namun ia mengimbau publik berkontribusi secara positif untuk para pengungsi Rohingya.

“Banyak kalangan Islam berjihad di sana dengan membina rumah sakit dan lokasi pendidikan. Krisis tersebut harus ditamatkan secara beradab,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak unjuk rasa berlangsung, mengecam Burma. Rabu (6/9), ratusan orang dari sekian banyak ormas laksana FPI, Pemuda Pancasila, dan Forum Betawi Rempug mlakukan aksi protes di depan Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta. Mereka menuntut pemerintah segera mengenyahkan perwakilan Myanmar dari Indonesia.

Sumber gambar, AFP/ADEK BERRY

Pengunjuk rasa menghanguskan bendera Myanmar di depan kantor Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta, Rabu (06/09).

Pada demo itu, sebanyak ujaran sejumlah kali terdengar. Kata bunuh, bakar, sweeping dibacakan orator dari mobil komando. Pimpinan ormas-ormas tersebut juga mendorong anggota mereka pergi ke Rakhine, memberi pertolongan fisik melawan militer Myanmar.

9 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

9 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi | Wisata Daerah Borobudur

Adapun, pemerintah Myanmar sampai saat ini terus memperketat akses masuk ke Rakhine. Sejak 25 Agustus lalu, gelombang pengungsi Rohingya terbit dari Rakhine mengarah ke Bangladesh masih terjadi. Setidaknya 400 orang diadukan tewas dalam konflik teranyar di negara unsur tersebut.

9 Lokasi Wisata Daerah Borobudur – Wisata Daerah Borobudur

9 Tempat Wisata di Magelang yang Lagi Hits 9 – Explore Magelang

9 Tempat Wisata di Magelang yang Lagi Hits 9 – Explore Magelang | Wisata Daerah Borobudur

Rute dan Harga Tiket Masuk Bukit Dagi Magelang, Wisata Tersembunyi

Rute dan Harga Tiket Masuk Bukit Dagi Magelang, Wisata Tersembunyi | Wisata Daerah Borobudur

Tidak Kalah Dari Jogja, 9 Destinasi Wisata Di Magelang Ini Keren

Tidak Kalah Dari Jogja, 9 Destinasi Wisata Di Magelang Ini Keren | Wisata Daerah Borobudur

SvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur

SvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur | Wisata Daerah Borobudur

9 photos of the "9 Lokasi Wisata Daerah Borobudur"

Tak Cuma Borobudur, 9 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi Saat Ke Wisata Daerah BorobudurTidak Kalah Dari Jogja, 9 Destinasi Wisata Di Magelang Ini Keren Wisata Daerah Borobudur9 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi Wisata Daerah Borobudur9 Tempat Wisata Di Magelang Yang Lagi Hits 9 – Explore Magelang Wisata Daerah BorobudurRute Dan Harga Tiket Masuk Bukit Dagi Magelang, Wisata Tersembunyi Wisata Daerah BorobudurSvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur Wisata Daerah BorobudurSvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur Wisata Daerah BorobudurSvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur Wisata Daerah Borobudur9 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi Wisata Daerah Borobudur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *