9 Lokasi The Ranch Puncak 2019

Media BOGOR — Ratusan saudagar kaki lima (PKL) Puncak yang akan terkena penggusuran etape kedua, 18 September mendatang, melangsungkan aksi unjuk rasa di depan komplek Pemerintah Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (6/9). Mereka mendesak supaya Pemkab Bogor tak semena-mena dalam merombak kios mereka.

Salah satu peserta aksi, yang pun PKL, Iis (47 tahun) mengeluhkan kepandaian Pemkab yang dinilai tidak berprikemanusiaan saat akan menertibkan semua PKL di distrik Puncak. Relokasi yang digadang-gadangkan bakal menampung PKL pun, lanjut dia, sampai kini tidak jelas realisasinya.

“Saya tidak tahu soal relokasi itu. Memang ada namun tempatnya pun belum jelas, apa tersebut masih dapat menghidupi kami atau justeru mematikan mata penelusuran kami?” kata Iis saat mengobrol dengan Media di sela aksi, Rabu (6/9).

Iis yang telah berjualan semenjak 1996 tersebut, menyatakan tak mempunyai mata penelusuran lain di samping berdagang. Sehingga dia berharap, sebelum mengerjakan pembongkaran, Pemkab Bogor memerhatikan relokasi untuk para PKL.

Hingga kini, Iis mengaku masih berjualan dan belum berencana mengerjakan pembongkaran secara swadaya. Dia beserta 884 PKL lainnya meyakinkan, bakal bertahan dan bakal melawan andai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berkeinginan membongkar kiosnya.

“Mau bagaimana lagi ya, intinya kami bakal bertahan sebelum terdapat kejelasan relokasi yang dinilai lebih baik,” kata dia.

Begitu juga halnya, dengan Agus (49) PKL yang berjualan makanan di sekitar kawasan Taman Safari Indonesia. Dia menginginkan supaya Pemkab tak melulu sekadar menuntaskan tugas guna mensterilkan PKL, namun pun memperhatikan nasib semua PKL yang tergusur. “Kami rakyat kecil, tidak boleh sampai kami terus menjadi korban,” kata dia.

Agus yang tergolong pada regu pembongkaran etape dua, menuntut lokasi relokasi yang dapat segera ditempati, laksana halnya yang diberlakukan pada semua PKL yang dirombak tahap dua. Karenanya, dia menegaskan, andai relokasi guna PKL yang akan dirombak pada etape dua belum tersedia, maka PKL bakal tetap bertahan di sana.

“Jika kami mesti menantikan temapt relokasi yang dijanjikan pemkab, kemudian selama sejumlah ke depan kami santap apa?” kata Agus.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor Yani Hasan, membetulkan adanya rentang waktu pengumpulan dan penempatan atau relokasi PKL yang terimbas pelebaran jalan di area Puncak. Dia melanjutkan, rencana relokasi guna pembongkaran etape kesatu yakni di Taman Wisata Matahari (TWM), De Ranch dan sejumlah hotel di wilayah Megamendung. 

Namun, guna relokasi etape kedua, pihaknya masih belum mengejar tempat relokasi. “Kami berencana bakal menyiapkan nyaris 450 kios guna PKL itu. Tapi kami mesti hati-hati dan teliti sebab ini pun kita berkolaborasi dengan pemerintah pusat,” jelas Yani, Senin (4/9).

Pembongkaran lapak PKL di sepanjang jalur Puncak rencananya akan dipecah tiga tahap. Tahap kesatu dilaksanakan pada 5 September 2017 mulai dari distrik Gadog hingga Kecamatan Cisarua tepatnya Hotel Permata Alam tak jauh dari simpang Taman Safari Indonesia. Kemudian dilanjutkan pada 18 September dan akhir bulan ini.

9 Lokasi The Ranch Puncak 2019 – The Ranch Puncak 2019

The Ranch Puncak Bogor, Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi

The Ranch Puncak Bogor, Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi | The Ranch Puncak 2019

Harga Tiket Dan Lokasi The Ranch Mega Mendung Bogor Jabar

Harga Tiket Dan Lokasi The Ranch Mega Mendung Bogor Jabar | The Ranch Puncak 2019

9 Alasan Berlibur ke "The Ranch Megamendung", Puncak Bogor Halaman

9 Alasan Berlibur ke “The Ranch Megamendung”, Puncak Bogor Halaman | The Ranch Puncak 2019

THE RANCH Puncak Tiket & Ragam Aktivitas Ala Koboi November 9

THE RANCH Puncak Tiket & Ragam Aktivitas Ala Koboi November 9 | The Ranch Puncak 2019

The Ranch Puncak Bogor: Rute Lokasi & Harga Tiket

The Ranch Puncak Bogor: Rute Lokasi & Harga Tiket | The Ranch Puncak 2019

De Ranch Mega Mendung Puncak, Wisata Berkuda Rasa Bandung Kini

De Ranch Mega Mendung Puncak, Wisata Berkuda Rasa Bandung Kini | The Ranch Puncak 2019

The Ranch, Jawa Barat: Rute, Fun Facts & Ulasan Pengunjung

The Ranch, Jawa Barat: Rute, Fun Facts & Ulasan Pengunjung | The Ranch Puncak 2019

The Ranch Mega Mendung Puncak Bogor, Wisata Berkuda dengan Taman

The Ranch Mega Mendung Puncak Bogor, Wisata Berkuda dengan Taman | The Ranch Puncak 2019

Harga Tiket Masuk The Ranch Cisarua Puncak Bogor November 9

Harga Tiket Masuk The Ranch Cisarua Puncak Bogor November 9 | The Ranch Puncak 2019

9 photos of the "9 Lokasi The Ranch Puncak 2019"

De Ranch Mega Mendung Puncak, Wisata Berkuda Rasa Bandung Kini The Ranch Puncak 2019THE RANCH Puncak Tiket & Ragam Aktivitas Ala Koboi November 9 The Ranch Puncak 2019Harga Tiket Dan Lokasi The Ranch Mega Mendung Bogor Jabar The Ranch Puncak 20199 Alasan Berlibur Ke “The Ranch Megamendung”, Puncak Bogor Halaman The Ranch Puncak 2019The Ranch, Jawa Barat: Rute, Fun Facts & Ulasan Pengunjung The Ranch Puncak 2019The Ranch Puncak Bogor, Harga Tiket Masuk Dan Rute Lokasi The Ranch Puncak 2019Harga Tiket Masuk The Ranch Cisarua Puncak Bogor November 9 The Ranch Puncak 2019The Ranch Puncak Bogor: Rute Lokasi & Harga Tiket The Ranch Puncak 2019The Ranch Mega Mendung Puncak Bogor, Wisata Berkuda Dengan Taman The Ranch Puncak 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *