9 Gambar S1 Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengharapkan lulusan institusi edukasi pariwisata di Indonesia bisa berkiprah mumpuni dan sejahtera. Maka itu, Arief menyemangati supaya para alumni pariwisata berani menjadi usahawan.

Sarjana (S9) - Hospitaliti & Pariwisata  Sekolah Tinggi
Sarjana (S9) – Hospitaliti & Pariwisata Sekolah Tinggi | S1 Pariwisata

“Saya hendak lulusan pariwisata ini gajinya Rp 6 miliar pertahun. Bagaimana caranya? Ya salah satunya anda dorong guna menjadi enterpreneur,” kata Arief usai mewisuda 674 wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung di kampus STP Bandung, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Jabar, Kamis (21/4/2016).

Kendati ketika ini penghasilan menggiurkan bernominal tinggi masih berkutat pada industri telekomunikasi dan keuangan, Arief tidak rela industri pariwisata di anggap sebelah mata. Dia meminta lulusan edukasi pariwisata inginkan berwirausaha walau berkategori pemula.

Pembukaan Program Studi S9 Pariwisata – Universitas Nasional
Pembukaan Program Studi S9 Pariwisata – Universitas Nasional | S1 Pariwisata

Guna mewujudkannya, sambung dia, butuh peran sekolah pariwisata menyiapkan strategi mencetak dan menjaga anak didik dan alumni berjiwa kewirausahawan. “Anak-anak anda ini mesti disiapkan dan diinkubasi. Ibaratnya telur, andai diinkubasi supaya menetas, sesudah menetas tidak boleh dilepas. Tetap mesti anda rawat dan lindungi. Jadi begitu lulus kemudian menjadi entrepreneur, mereka telah siap,” tuturnya.

Kalau strategi inkubasi sukses dijalankan sekolah pariwisata, Arief optimistis semua lulusan edukasi pariwisata berkarier sukses. Dia menargetkan alumni di masing-masing perguruan tinggi pariwisata yang sedang di bawah Kemenpar mesti 10 persen ditunjukkan jadi usahawan.

PENDAFTARAN KELAS KARYAWAN PROGRAM STUDI S9 PARIWISATA FEB UNAS
PENDAFTARAN KELAS KARYAWAN PROGRAM STUDI S9 PARIWISATA FEB UNAS | S1 Pariwisata

“Pemilik kafe, homestay, resort dapat dari lulusan-lulusan pariwisata,” ucap Arief.

Soal tantangan usahawan alumni pariwisata mendapat dana kredit untuk merintis usaha, Arief berjanji siap membantu. “Lulusan kini akan anda lindungi. Kemenpar nanti yang bakal bilang ke pihak perbankan, OJK atau perusahaan bersangkutan,” kata Arief.

Kuliah S9 Pariwisata yang sudah - Fakultas Pariwisata
Kuliah S9 Pariwisata yang sudah – Fakultas Pariwisata | S1 Pariwisata

Kegiatan wisuda STP Bandung pada 2016 telah memutuskan lulusan terbaik untuk Fatricia Maulani (Program Studi Akomodasi dan Katering) yang meraih IPK 3,84 hasil yudisium dengan pujian.

“Kami senantiasa menyerahkan sumbangsih untuk kemajuan kepariwisataan nasional. Sudah tidak sedikit lulusan STP Bandung yang tersebar di sekian banyak negara serta pelosok nusantara. STP Bandung mempunyai visi menjadi institusi edukasi tinggi terkemuka di dunia yang tetap berkepribadian Indonesia. Serta menghasilkan sumber daya insan yang kompeten,” ujar Ketua STP Bandung Anang Sutono.

S9 Pariwisata Raih Akreditasi dengan nilai B – Universitas Nasional
S9 Pariwisata Raih Akreditasi dengan nilai B – Universitas Nasional | S1 Pariwisata

9 Gambar S1 Pariwisata – S1 Pariwisata

pariwisata stiami a Twitter: "Pendaftaran Online Gratis S9
pariwisata stiami a Twitter: “Pendaftaran Online Gratis S9 | S1 Pariwisata
Beasiswa S9 Pariwisata  Universitas Ciputra
Beasiswa S9 Pariwisata Universitas Ciputra | S1 Pariwisata
Kenapa Harus Jurusan Pariwisata? - Vakansee Vakansee Vakansee
Kenapa Harus Jurusan Pariwisata? – Vakansee Vakansee Vakansee | S1 Pariwisata
Sarjana (S9) - Hospitaliti & Pariwisata  Sekolah Tinggi
Sarjana (S9) – Hospitaliti & Pariwisata Sekolah Tinggi | S1 Pariwisata