8 Tempat Wisata Ramah Anak

8 Pilihan Wisata Bogor untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus

8 Pilihan Wisata Bogor untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus | Wisata Ramah Anak

SLEMAN, Media – Mau liburan sekolah atau liburan akhir tahun? Dengan regu sekolah atau keluarga? Datang saja ke Desa Wisata Temon, Pandowoharjo, Sleman, Jogjakarta.

Desa Wisata yang berjarak 10 kilometer ke unsur utara dari pusat Kota Gudeg ini, sesuai untuk regu keluarga dengan anak-anak. Ini sebab Desa Wisata Temon adalah “Kampung Bocah”. Atraksi wisata yang disajikan paling ramah anak.

Di desa wisata ini sekian banyak macam dolanan anak tradisional dapat dinikmati. Dengan paket live-in maupun trafik sehari, pengunjung dapat bermain ragam permainan anak tradisional, di samping kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan dan pengolahan hasil bumi, serta susur sungai.

8 Tempat Wisata Keluarga Di Bogor Yang Harus Kamu Kunjungi

8 Tempat Wisata Keluarga Di Bogor Yang Harus Kamu Kunjungi | Wisata Ramah Anak

Dolanan yang terdapat bukan mainan di gadget. Melainkan mainan yang menciptakan anak-anak berinteraksi dengan teman-temannya secara intens. Misalnya Gobak Sodor, jamuran, main egrang dan sejenisnya.

Suasana khas desa di Sleman paling terasa di Desa Wisata Temon. Halaman yang lapang, lokasi tinggal Joglo atau limasan dan pepohonan menghijau. Sehingga ketika bermain di halaman tersingkap pun tetap nyaman, tidak terlampau panas diterpa sinar matahari.

Berdasarkan keterangan dari Pengelola Desa Wisata Temon Ipong Suhardiyanto, desa wisata “Kampung Bocah” ini dilaunching oleh Bupati Sleman Sri Purnomo pada tahun 2013. “Tujuan utamanya mengusung dolanan bocah tradisional tetap eksis dan lestari,” jelas Ipong.

8 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Wajib Dikunjungi | Wisata Ramah Anak

Pengelola Kampung Bocah ini terus membenahi dalam menyerahkan pelayanan. Termasuk meluangkan layanan kemudahan homestay, joglo dan limasan, sanggar seni, lapangan, serta warung cenderamata. Ada 33 lokasi tinggal yang siap sebagai homestay dengan kapasitas tamu sampai 120 anak.

Di samping kekhasan dalam urusan atraksi, Desa Wisata Temon pun mempunyai kekhasan dalam urusan sajian makanan atau kulinernya. Desa Wisata yang berdampingan dengan Rumah Makan Jejamuran yang ngehits di Jogja ini, pun punya menu khas: Sate Jamur dan Kripik Usus.

Sedangkan sayuran yang disajikan guna tamu pun sayuran khas Ndeso laksana oseng Mbang Kates (bunga pepaya), oseng daun pepaya, mangut lele, dan sayur nangka.

8 Tempat Wisata di Jalur Pantura yang Ramah Anak

8 Tempat Wisata di Jalur Pantura yang Ramah Anak | Wisata Ramah Anak

“Di samping khusus berangjangsana ke Desa Wisata Temon guna melakukan kegiatan dolanan tradisional, tamu yang datang terkadang melulu untuk mampir santap siang. Mereka dari Borobudur, lalu santap siangnya di sini,” tandas Ipong.

Akses ke Desa Wisata Temon memang sehaluan dengan jalur wisata ke Candi Buddha terbesar ini. Desa Wisata ini, dari Kota Jogja dapat dijangkau melewati Jln Kaliurang, Jln Monjali, atau Jln Magelang km 8.

Di samping atraksi dolanan tradisional dan kuliner Ndeso, pengunjung pun dapat melakukan pembelian cinderamata khas di desa wisata ini. Yakni ragam mainan tradisional laksana gasing bambu, Uli-uli (peniru suara burung), othok-othok, dan sekian banyak produk daur ulang seperti bros, gantuntan kunci dan sebagainya.

8 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Anak-anak, Seru Banget!

8 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Anak-anak, Seru Banget! | Wisata Ramah Anak

Berakhir tahun, liburan ke Desa Wisata Kampung Bocah dapat menjadi sarana rekreasi yang sarat edukasi untuk anak-anak. Dan, menjadi ajang nostalgi untuk orang tua atau guru pendampingnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak tujuan di semua wilayah yang telah siap dengan 3A-nya, atraksi, akses, amenitas, guna mempromosikan diri lebih dini melewati digital media. Jika tidak siap dengan convergent media, POSE (Paid Media, Own Media, Social Media, Endorser, minimal melewati social media dan own medianya sendiri, memaksimalkan peak seasons akhir tahun 2017 ini. ()

8 Tempat Wisata Ramah Anak – Wisata Ramah Anak

8 Tempat Wisata Ramah Anak Di Bandung

8 Tempat Wisata Ramah Anak Di Bandung | Wisata Ramah Anak

8 Tempat Wisata Ramah Anak Terbaik di Dunia, Indonesia Salah Satunya

8 Tempat Wisata Ramah Anak Terbaik di Dunia, Indonesia Salah Satunya | Wisata Ramah Anak

8 Wisata Ramah Anak Murah di Jawa, Senang-senang Sambil Tambah Ilmu

8 Wisata Ramah Anak Murah di Jawa, Senang-senang Sambil Tambah Ilmu | Wisata Ramah Anak

8 photos of the "8 Tempat Wisata Ramah Anak"

8 Tempat Wisata Di Jalur Pantura Yang Ramah Anak Wisata Ramah Anak8 Wisata Ramah Anak Murah Di Jawa, Senang Senang Sambil Tambah Ilmu Wisata Ramah Anak8 Pilihan Wisata Bogor Untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus Wisata Ramah Anak8 Tempat Wisata Di Bandung Yang Cocok Untuk Anak Anak, Seru Banget! Wisata Ramah Anak8 Tempat Wisata Anak Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi Wisata Ramah Anak8 Tempat Wisata Ramah Anak Di Bandung Wisata Ramah Anak8 Tempat Wisata Keluarga Di Bogor Yang Harus Kamu Kunjungi Wisata Ramah Anak8 Tempat Wisata Ramah Anak Terbaik Di Dunia, Indonesia Salah Satunya Wisata Ramah Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *