8 Tempat Tujuan Wisata Alam

Media Hiruk pikuk kemacetan di Jakarta memang sering menciptakan kita semua penduduk ataupun wisatawan resah dan lelah.

Karena, selain warga aslinya yang memang telah banyak, Jakarta tetap saja tidak jarang kedatanganan warga dari sekian banyak suku dan wilayah lain, yang berduyun-duyun mengadu nasib di Ibu Kota NKRI ini.

Namun di Daerah Jagakarsa, terdapat suatu Perkampungan Budaya Betawi, yang biasa dinamakan Setu Babakan. Yaitu sebuah area perkampungan yang diputuskan Pemerintah DKI Jakarta, pada tahun 2001, sebagai lokasi pelestarian dan pengembangan kebiasaan Betawi.

Sebagian besar penduduknya ialah orang pribumi Betawi yang telah turun temurun bermukim di Daerah tersebut. Sedangkan beberapa kecil lainnya ialah para pendatang, laksana dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan beda lain yang telah tinggal lebih dari 30 tahun di Daerah ini.

Perkampungan yang terletak di unsur selatan Kota Jakarta ini, adalah salah satu objek wisata yang unik untuk wisatawan yang hendak menikmati keadaan khas pedesaan atau sebatas menyaksikan kebiasaan betawi pribumi secara langsung. Di perkampungan ini, masyarakat setu babakan masih mempertahankan kebiasaan dan teknik hidup khas Betawi. Dengan adat istiadat, kuliner, serta pakaian yang serba adat Betawi.

Kawasan yang terletak di Jalan M. Kahfi 2, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, ini mempunyai luas 289 hektar. Disini pengunjung bisa dengan gampang menjumpai kegiatan keseharian masyarakat Betawi, laksana pencak silat , memancing, menjala, bertani, berdagang, hingga dengan pekerjaan memasak makanan khas Betawi. Misalnya sayur asem, sayur lodeh, ikan pecak, bir peletok, kerak telor dan lain-lain.

Perkampungan Betawi ini mempunyai potensi lingkungan alam yang asri dan paling menarik, dan mempunyai dua buah setu alam, yakni Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong yang dikelilingi rindangnya pepohonan dan sekian banyak buah khas Betawi.

Sebagai di antara pilihan wisatawan lokal maupun mancanegara, Setu Babakan mempunyai potensi dan pesona yang luar biasa, karena melulu di Perkampungan Budaya Betawi wisatawan dapat merasakan tiga objek wisata sekaligus, laksana wisata budaya, agro wisata, dan wisata air.

“Untuk wisata kebiasaan ada arsitektur lokasi tinggal yang coba anda lestarikan dan kembangkan supaya budaya betawi dapat dikenal orang banyak, guna wisata agro tuh bersangkutan dengan tanaman, tumbuhan khas Jakarta atau Betawi, laksana pohon kecapi, krendang, melinjo, jamblang, rambutan rabiah dan bisbol. Terakhir wisata air, terdapat Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong,” kata Sahroni, unsur Humas dan Informasi Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan untuk Media belum lama ini.

Perkampungan kebiasaan betawi ini menemukan respon yang positif dari tidak sedikit pengunjung.

“Disini bagus sih, seni budayanya pun bagus, seni topengnya pun bagus, pokoknya semuanya semoga dapat lebih maju dan lebih berhasil dah seni budayanya ya,” kata pengujung Setu Babakan, Halimah.

Sebagai sebuah area cagar kebiasaan Betawi, Perkampungan Setu Babakan diinginkan dapat melestarikan kebudayaan Betawi supaya tidak tergusur oleh pertumbuhan zaman.

8 Tempat Tujuan Wisata Alam – Tujuan Wisata Alam

8 Tempat Wisata Alam di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata Alam di Indonesia yang Wajib Dikunjungi | Tujuan Wisata Alam

Kejutan! Tempat Wisata Indah ini Tak Jauh dari Jakarta

Kejutan! Tempat Wisata Indah ini Tak Jauh dari Jakarta | Tujuan Wisata Alam

8 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi | Tujuan Wisata Alam

8 Tempat Wisata Alam Romantis di Indonesia untuk Bulan Madu

8 Tempat Wisata Alam Romantis di Indonesia untuk Bulan Madu | Tujuan Wisata Alam

Lokasi 8 Tempat Wisata Alam di Indonesia Yang Pasti Membuatmu

Lokasi 8 Tempat Wisata Alam di Indonesia Yang Pasti Membuatmu | Tujuan Wisata Alam

LimaKaki: Lima Obyek Wisata Alam di Kota Yogyakarta yang Bisa

LimaKaki: Lima Obyek Wisata Alam di Kota Yogyakarta yang Bisa | Tujuan Wisata Alam

Tempat wisata alam di Jawa

Tempat wisata alam di Jawa | Tujuan Wisata Alam

Destinasi Wisata Alam Instagenic Karawang Untuk Getaway Singkat Kamu

Destinasi Wisata Alam Instagenic Karawang Untuk Getaway Singkat Kamu | Tujuan Wisata Alam

8 photos of the "8 Tempat Tujuan Wisata Alam"

Destinasi Wisata Alam Instagenic Karawang Untuk Getaway Singkat Kamu Tujuan Wisata Alam8 Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Tujuan Wisata Alam8 Tempat Wisata Alam Di Bogor Yang Wajib Dikunjungi Tujuan Wisata AlamLimaKaki: Lima Obyek Wisata Alam Di Kota Yogyakarta Yang Bisa Tujuan Wisata Alam8 Tempat Wisata Alam Romantis Di Indonesia Untuk Bulan Madu Tujuan Wisata AlamLokasi 8 Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Pasti Membuatmu Tujuan Wisata AlamKejutan! Tempat Wisata Indah Ini Tak Jauh Dari Jakarta Tujuan Wisata AlamTempat Wisata Alam Di Jawa Tujuan Wisata Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *