8 Tempat Main Anak

TEMPO.CO, Jakarta – Orang tua tidak jarang mengeluh sebab anak terlalu tidak sedikit bermain. Padahal anak memang mesti bermain masing-masing saat, sebagai stimulasi tumbuh kembang yang berlangsung seiring meningkatnya usia. Stimulasi dapat dilaksanakan dari pekerjaan sehari-hari, mulai dari mandi, makan, tidur, dan sebagainya.

Baca juga:
Belajar dari Anak
Jarak Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian Anak
Semakin Aktif, Anak Lebih Mudah Belajar Membaca

Begitu pun dengan interaksi anak dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Sejak umur 6 bulan hingga 1,5 tahun, anak bakal lebih senang bareng orang yang telah akrab dengan dirinya. Ketika umur anak di atas 1,5 tahun, dia mulai senang main dengan saudara atau rekan di sekitarnya.

β€œDi atas 1,5 tahun anak mulai senang dengan rekan main, namun mainnya masih sendiri – sendiri atau tidak berinteraksi. Jadi secara emosional belum terdapat ketertarikan satu sama lain,” ujar dokter spesialis tumbuh kembang anak, Markus M. Danusantoso di dalam acara ELC Holiday Toys Exclusive Preview di Jakarta, Rabu 22 November 2017.

Ilustrasi anak-anak/kakak-adik. Media anak yang berusia 3 tahun ke atas mulai senang berinteraksi dengan rekan di lingkungannya. Saat anak mulai berinteraksi dengan lingkungan luar, usahakan simaklah perbedaan umur anak-anak lainnya. Sebab, urusan ini sehubungan dengan keterampilan perkembangan anak.

Idealnya perbedaan rekan main anak selama 1 tahun. β€œPerhatikan pun perbedaan usianya antara 6 bulan hingga 1 tahun dengan anak kita. Misal anak berusia 2 tahun bermain dengan anak berusia 5 tahun ketika bermain ketangkasan, anak tidak bakal mau bermain,” ujar Markus.

Boleh saja andai anak bermain dengan rekan di bawah usianya. Orang tua dapat mengawasi perkembangannya, tidak boleh sampai anak merasakan kemunduran.

8 Tempat Main Anak – Main Anak

Bermain Bersama teman Permainan anak di Area Bermain Anak Fun Outdoor Kids  Playground

Bermain Bersama teman Permainan anak di Area Bermain Anak Fun Outdoor Kids Playground | Main Anak

Bermain Mainan Anak Main Balon Bola Anak-Anak di Mall - Playing Kids Pool  Fun Balls Playground

Bermain Mainan Anak Main Balon Bola Anak-Anak di Mall – Playing Kids Pool Fun Balls Playground | Main Anak

Mainan Taman Bermain 🎑 MAINAN ANAK PEREMPUAN πŸ’– Let’s Play πŸ’– Jessica Jenica πŸ’– | Main Anak

❀ Permainan anak anak ❀ Anak perempuan bermain pasir 😍 Masak Masakan di  Lapangan Voli Pantai

❀ Permainan anak anak ❀ Anak perempuan bermain pasir 😍 Masak Masakan di Lapangan Voli Pantai | Main Anak

Playground Kids - Liburan Seru di Taman Bermain Anak

Playground Kids – Liburan Seru di Taman Bermain Anak | Main Anak

CeRiTa cHa: Anak Sehat Bermain Aman Di Mana Saja

CeRiTa cHa: Anak Sehat Bermain Aman Di Mana Saja | Main Anak

Menyulap Ruang Tamu Menjadi Area Main Anak – MikaDo Project

Menyulap Ruang Tamu Menjadi Area Main Anak – MikaDo Project | Main Anak

Main ke KIDCITY ! Tempat main anak terbaru di bandung / Newest Kids Indoor  Playground

Main ke KIDCITY ! Tempat main anak terbaru di bandung / Newest Kids Indoor Playground | Main Anak

8 photos of the "8 Tempat Main Anak"

Bermain Mainan Anak Main Balon Bola Anak Anak Di Mall Playing Kids Pool Fun Balls Playground Main AnakMain Ke KIDCITY ! Tempat Main Anak Terbaru Di Bandung / Newest Kids Indoor Playground Main AnakPlayground Kids Liburan Seru Di Taman Bermain Anak Main AnakCeRiTa CHa: Anak Sehat Bermain Aman Di Mana Saja Main AnakMenyulap Ruang Tamu Menjadi Area Main Anak – MikaDo Project Main AnakMainan Taman Bermain 🎑 MAINAN ANAK PEREMPUAN πŸ’– Let’s Play πŸ’– Jessica Jenica πŸ’– Main Anak❀ Permainan Anak Anak ❀ Anak Perempuan Bermain Pasir 😍 Masak Masakan Di Lapangan Voli Pantai Main AnakBermain Bersama Teman Permainan Anak Di Area Bermain Anak Fun Outdoor Kids Playground Main Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *