8 Tempat Goa Lawa

PURBALINGGA- Pelebaran Jalan Tlahab Lor-Cumbut-Siwarak, Kecamatan Karangreja untuk menyokong akses wisata ke Goa Lawa terus dikebut. Hingga pekan kedua Agustus, proyek bernilai selama Rp 11 miliar ini telah mendahului target progres. Padahal ada sejumlah kendala yang dihadapi, seperti situasi lokasi yang sulit.

Golaga Goa Lawa Tiket & Aktivitas November 8 - TravelsPromo
Golaga Goa Lawa Tiket & Aktivitas November 8 – TravelsPromo | Goa Lawa

Komisaris Utama PT Iza Jaya Abadi, Samsurijal Hadi selaku kontraktor pelaksana pekerjaan mengatakan, sesuai eksemplar kerja proyek, target per 12 Agustus kemarin terjangkau progres persentase 27 persen. “Kami kebut sejak mula pekerjaan sampai lembur malam. Hingga kemarin, progres jasmani sudah menjangkau 37 persen. Artinya ada penyimpangan plus 10 persen atau sudah mendahului target,” tuturnya, Kamis (17/8).

Goa Lawa Purbalingga Dipercantik  Kabupaten Purbalingga
Goa Lawa Purbalingga Dipercantik Kabupaten Purbalingga | Goa Lawa

Samsurijal mengakui, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi dalam pengerjaan proyek. Antara lain situasi geografis tanah pegunungan dengan jurang dalam, bangunan warung dan rumah di ambang jalan yang mesti dibebaskan, serta adanya tiang listrik yang mesti dipindah.

Saat ini, proyek pelebaran jalan tembus ditamatkan dari dua sisi atau arah. Masing-masing dari arah Tlahab Lor mengarah ke Dusun Cumbut sepanjang 1.800 meter dan dari Siwarak Goa Lawa sepanjang 1.200 meter.

Nikmati Secangkir Kopi di dalam Goa Lawa yang Nyentrik nan
Nikmati Secangkir Kopi di dalam Goa Lawa yang Nyentrik nan | Goa Lawa

“Dari lebar mula 2,4 meter dilebarkan jadi 7 meter dan bahu jalan 2 meter. Kalau cocok dengan kontrak, pengerjaan sampai Desember. Namun kami optimis dengan mengkebut hingga lembur malam, bisa jadi akhir November dapat rampung,” ungkap Hadi.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (DPUPR)Nugroho Priyo Pratomo mengatakan, tahun ini pemkab menyiapkan perkiraan Rp 11 miliar untuk kegiatan jalan.

Berwisata ke Goa Lawa Purbalingga yang (Akan) Kian Cantik
Berwisata ke Goa Lawa Purbalingga yang (Akan) Kian Cantik | Goa Lawa

“Pekerjaan jalan tembus di bina bertahap mulai tahun lalu sampai tahun depan. Bupati pun intensif memeriksa untuk memacu pekerjaan supaya tercapai cocok harapan. Bahkan dapat setiap pekan memeriksa ke lapangan,” tegasnya. (amr/sus)

8 Tempat Goa Lawa – Goa Lawa

Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk GOLAGA Purbalingga / Goa
Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk GOLAGA Purbalingga / Goa | Goa Lawa
Goa Lawa Purbalingga Dipercantik – BUPATI
Goa Lawa Purbalingga Dipercantik – BUPATI | Goa Lawa
Goa Lawa yang Penuh Pesona - Kompasiana.com
Goa Lawa yang Penuh Pesona – Kompasiana.com | Goa Lawa
Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk GOLAGA Purbalingga / Goa
Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk GOLAGA Purbalingga / Goa | Goa Lawa