8 Lokasi Wisata Di Singaraja

Media BULELENG — Pemerinatah Daerah Kabupaten Buleleng, Bali kian giat mengembangkan sektor pariwisatanya. Tak tanggung-tanggung, dalam masa-masa dekat area yang mempunyai panorama alam yang eksotis ini mempunyai 10 Desa Wisata yang dilengkapi dengan homestay.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, I Nyoman Sutrisna mengatakan, Buleleng memang punya potensi pada sektor desa wisata sebab wilayah terdiri atas laut dan perbukitan, lebih dikenal dengan nyegara gunung. Dengan adanya 10 Desa Wisata baru itu, pihaknya optimistis akan dapat menarik wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) lebih tidak sedikit lagi.

 “Sepuluh desa wisata baru ini tidak kalah dengan puluhan desa yang sebelumnya telah diresmikan sebagai desa wisata. Salah satu Desa Sudaji yang mempunyai potensi spektakuler pada sektor kebiasaan dan alamnya. Kami pun sempat berunding dengan masyarakat sekitar,” ungkap Sutrisna di Singaraja, Sabtu (6/5).

Berdasarkan keterangan dari dia, eksistensi desa wisata di kabupaten ujung unsur utara Pulau Dewata tersebut dipercayai memperkuat promosi wisata Buleleng. Sutrisna mengatakan, pariwisata Bali Utara yang mengangkat tema ‘Buleleng is different’ atau Buleleng yang bertolak belakang ini bakal lebih powerful dengan adanya 10 Desa Wisata baru ini. Apalagi, di setiap Desa Wisata pun ada pembangunan homestay-homestay baru sebagai pilihan menginap semua wisatawan yang hendak merasakan kehidupan di Desa Wisata.

 “Kami mempunyai pantai yang tenang dan masih sepi, alam yang spektakuler eloknya dan wilayah kami aman dari kemacetan, bertolak belakang dengan situasi Bali Selatan. Wisatawan juga dapat tinggal di homestay guna berbaur dengan masyarakat setempat,” ujar Sutrisna.

Untuk mempromosikan wisata, tergolong Desa Wisata di Buleleng, dalam masa-masa dekat Dispar Buleleng bakal bekerja sama dengan pihak swasta akan melangsungkan ‘Buleleng Expo’. Dalam expo ini sasarannya bakal lebih tidak sedikit ke wisman daripada turis lokal.

 “Expo nanti, bukan dana dari APBD tersebut swasta yang dikoordinasikan dengan kami. Ini unsur promosi wisata kami, yang nantinya bakal disinergikan dengan pengamalan PKB. Targetnya lebih memburu wisatawan mancanegara,” kata Sutrisna.

 Apa yang dilaksanakan Bupati Sutrisna ini sudah cocok dengan apa yang diharapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Sebelumnya Menpar menitipkan tiga program prioritas untuk dikatakan ke media di Bali. “Top 3 program Kemenpar 2017 yaitu digital tourism, homestay desa wisata, dan aksesibilitas udara. Khusus guna konektivitas udara telah dikupas tuntas di Rakornas Kemenpar 30-31 Maret 2017 kemudian di Borobudur Hotel, Jakarta,” kata Menpar Arief Yahya.

Sedangkan go digital tourism, kata Menpar Arief, telah dijalankan di Rakornas sebelumnya di akhir tahun 2016 lalu. Nah, Desa Wisata Homestay akan dirapikan di triwulan II tahun 2017, pada Juni 2017 nanti. “Semua dalam bungkus Indonesia Incorporated. Ingat, situasi pasar telah berubah. Hampir 63 persen transaksi jasa travel dilaksanakan secara online sampai-sampai bila travel biro tidak segera menyesuaikan diri ke digital atau tetap konvensional maka nasibnya akan laksana Wartel (Warung Telekomunikasi),” katanya.

Perubahan pasar ini diprovokasi oleh gaya hidup wisatawan pun berubah. Wisatawan dalam melalukan perjalanan (travelling) tak lepas dari digital; mulai dari menggali dan melihat-lihat informasi (look), lantas memesan paket wisata yang digemari (book) sampai membayar secara online (pay). Sekitar 70 persen wisman mengerjakan search and share memakai media digital.

8 Lokasi Wisata Di Singaraja – Wisata Di Singaraja

Desa Munduk Singaraja, Wisata Desa Negeri Atas Awan di Bali  Info

Desa Munduk Singaraja, Wisata Desa Negeri Atas Awan di Bali Info | Wisata Di Singaraja

8 Tempat Wisata di Buleleng dengan Nuansa Alam Menenangkan

8 Tempat Wisata di Buleleng dengan Nuansa Alam Menenangkan | Wisata Di Singaraja

8 Tempat Wisata Di Karangasem, Bali Yang Mengesankan Dan Tidak

8 Tempat Wisata Di Karangasem, Bali Yang Mengesankan Dan Tidak | Wisata Di Singaraja

Krisna Adventures Sambangan, Wisata Wahana Singaraja - asrot

Krisna Adventures Sambangan, Wisata Wahana Singaraja – asrot | Wisata Di Singaraja

Air Panas Banjar Singaraja Bali - Kolam Air Hangat Alami Buleleng

Air Panas Banjar Singaraja Bali – Kolam Air Hangat Alami Buleleng | Wisata Di Singaraja

Krisna Adventure Buleleng, Pilihan Tempat Wisata Keluarga Murah

Krisna Adventure Buleleng, Pilihan Tempat Wisata Keluarga Murah | Wisata Di Singaraja

Krisna Adventure Buleleng, Pilihan Tempat Wisata Keluarga Murah

Krisna Adventure Buleleng, Pilihan Tempat Wisata Keluarga Murah | Wisata Di Singaraja

8 Tempat Wisata di Buleleng dengan Nuansa Alam Menenangkan

8 Tempat Wisata di Buleleng dengan Nuansa Alam Menenangkan | Wisata Di Singaraja

8 photos of the "8 Lokasi Wisata Di Singaraja"

Air Panas Banjar Singaraja Bali Kolam Air Hangat Alami Buleleng Wisata Di SingarajaKrisna Adventure Buleleng, Pilihan Tempat Wisata Keluarga Murah Wisata Di Singaraja8 Tempat Wisata Di Karangasem, Bali Yang Mengesankan Dan Tidak Wisata Di Singaraja8 Tempat Wisata Di Buleleng Dengan Nuansa Alam Menenangkan Wisata Di SingarajaKrisna Adventure Buleleng, Pilihan Tempat Wisata Keluarga Murah Wisata Di Singaraja8 Tempat Wisata Di Buleleng Dengan Nuansa Alam Menenangkan Wisata Di SingarajaDesa Munduk Singaraja, Wisata Desa Negeri Atas Awan Di Bali Info Wisata Di SingarajaKrisna Adventures Sambangan, Wisata Wahana Singaraja Asrot Wisata Di Singaraja