8 Lokasi Wisata Di Bengkalis

BENGKALIS- Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis berpotensi guna dikembangkan sebagai Desa Wisata, terlebih sesudah terpilihnya Hutan Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GBK-BB) sebagai di antara dari 7 Cagar Biosfer Indonesia pada tahun Mei 2009 ini oleh lembaga dunia UNESCO.

8 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru yang Hits 8 – Explore Riau

8 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru yang Hits 8 – Explore Riau | Wisata Di Bengkalis

Dengan kucuran dana selama Rp 300 miliar, hutan rawa gambut Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil seluas 84.967 hektare dan Suaka Margasatwa Bukit Batu seluas 21.500 hektare adalah bagian dari “eco-region” hutan Sumatera yang mempunyai 159 jenis burung, 10 jenis mamalia, 13 jenis ikan, 8 jenis reptil inilah 52 jenis tanaman langka dan dilindungi.

Mengunjungi 8 Tempat Wisata di Bengkalis yang Instagrammable

Mengunjungi 8 Tempat Wisata di Bengkalis yang Instagrammable | Wisata Di Bengkalis

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadis Budparpora) Bengkalis, H Eduar menuliskan suatu kebanggan untuk Kabupaten Bengkalis terutama Kecamatan Bukit Batu, sebab mempunyai Desa wisata Hutan Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GBK-BB) yang namanya paling dikenal di semua penjuru dunia.

Selanjutnya, kata Eduar, objek wisata yang mempunyai nilai sejarah yaitu Rumah dan Makam Datuk Laksamana Raja di Laut. Mungkin nyaris sebagian besar rakyat Indonesia tentu pernah mendengar lagu Iyeth Bustami “Datuk Lakamana Raja di Laut”.

Datuk Laksamana adalah gelar sekaligus titah dari Kerajaan Siak guna menjaga ketenteraman di pesisir pulau berbatasan dengan selat Malaka ini. Konon Datuk/Encik Ibrahim adalah Datuk Laksamana Raja Di Laut I yang berkuasa pada tahun 1767 M-1807 M.

Pantai Selat Baru - Wisata Pantai Bengkalis - RiauMagz

Pantai Selat Baru – Wisata Pantai Bengkalis – RiauMagz | Wisata Di Bengkalis

Ada empat datuk yang memerintah di Bukit Batu, tiga penerusnya ialah Datuk Khamis, Datuk Abdullah Shaleh dan Datuk Ali Akbar. Mereka digelari Datuk Laksamana II hingga IV.

Rumah Datuk Laksamana Dilaut IV, Datuk Ali Akbar terletak Di Desa Sukajadi, selama 35 kilometer dari Kota Sungai Pakning. Rumah peninggalan ini berbentuk panggung. Sekilas tampak seperti lokasi tinggal adat/ lokasi tinggal tradisi di Kepulauan Riau.

Berbentuk panggung dengan motif-motif melayu dibeberapa ornamen bangunannya. Banyak kisah-kisah mistis yang diungkapkan oleh penduduk setempat, khususnya harimau jadian, buaya penunggu dan lain-lain. Ini berhubungan sumpah sekitar 100 tahun yang keramat. Nilai mistisnya ini menjadi penarik sekaligus hal hambat untuk sebagian orang yang penasaran dengan makam Datuk Laksamana Raja Di Laut.

8 Tempat Wisata yang Paling Favorit di Bengkalis - Pariwisataku

8 Tempat Wisata yang Paling Favorit di Bengkalis – Pariwisataku | Wisata Di Bengkalis

Tidak jauh dari lokasi tinggal Datuk Laksamana Raja di Laut, bakal terlihat dua makam Datuk penguasa laut. Yakni Datuk Laksamana III dan Datuk Laksamana IV. Kedua Makam ini terletak di belakang Masjid Jami’ Al haq. Mesjid tua peningggalan semua Datuk ini dulunya.

Tidak melulu itu, tambah Kadis Budparpora untuk Media Kecamatan Bukit Batu pun masih mempunyai lagi objek wisata bidang kerajinan. Salah satu budaya rakyat Bukit Batu ialah kerajinan tenun Songket yang menjadi karakteristik kerajaan Siak tempo dulu.

Sementara dari segi wisata baharinya, terdapat dua pantai estetis di Kecamatan Bukit Batu ini. Pertama pantai Desa Sepahat dan Pantai Desa Tenggayun yang mempunyai pantai bibir sepanjang 27 kilometer ini pun akan dikembangkan oleh Pemkab Bengkalis sebagai tujuan wisata bahari.

8 Tempat Wisata di Bengkalis Riau Terbaru yang Hits

8 Tempat Wisata di Bengkalis Riau Terbaru yang Hits | Wisata Di Bengkalis

“Untuk mengembangkan objek wisata di Kecamatan Bukit Batu ini tidak melulu tugas pemerintah semata. Masyarakat setempat pun harus mempunyai tekat dan peran yang sama guna mempromosikan tempat-tempat wisata ini. Seni dan kebiasaan lokal yang diimiliki, mesti terus dikembangkan dan dilestarikan sebagai unsur yang tak terpisahkan guna pengembangan objek wisata ini. Apalagi Kecamatan Bukit Batu ini telah terkenal kemana-mana lewat lagu Laksamana Raja Dilaut,” harapnya.(/rha)

8 Lokasi Wisata Di Bengkalis – Wisata Di Bengkalis

Pantai Tanjung Senekip - Teluk Pambang - Wisata Bengkalis - RiauMagz

Pantai Tanjung Senekip – Teluk Pambang – Wisata Bengkalis – RiauMagz | Wisata Di Bengkalis

8 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru yang Hits 8 – Explore Riau

8 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru yang Hits 8 – Explore Riau | Wisata Di Bengkalis

Liburan, Pengunjung di Pantai Selatbaru Kian Ramai

Liburan, Pengunjung di Pantai Selatbaru Kian Ramai | Wisata Di Bengkalis

8 photos of the "8 Lokasi Wisata Di Bengkalis"

8 Tempat Wisata Di Bengkalis Terbaru Yang Hits 8 – Explore Riau Wisata Di BengkalisPantai Tanjung Senekip Teluk Pambang Wisata Bengkalis RiauMagz Wisata Di Bengkalis8 Tempat Wisata Di Bengkalis Riau Terbaru Yang Hits Wisata Di Bengkalis8 Tempat Wisata Di Bengkalis Terbaru Yang Hits 8 – Explore Riau Wisata Di BengkalisLiburan, Pengunjung Di Pantai Selatbaru Kian Ramai Wisata Di Bengkalis8 Tempat Wisata Yang Paling Favorit Di Bengkalis Pariwisataku Wisata Di BengkalisMengunjungi 8 Tempat Wisata Di Bengkalis Yang Instagrammable Wisata Di BengkalisPantai Selat Baru Wisata Pantai Bengkalis RiauMagz Wisata Di Bengkalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *