8 Lokasi Wisata Cibulan

JAKARTA, Media – Di balik bentang alam Kuningan yang luar biasa, ternyata terselip sejumlah permasalahan pengelolaan tujuan wisata daerah. Salah satunya terdapat di perebutan lahan area Gunung Ciremai.

WISATA CIBULAN Kuningan Tiket & Aktivitas November 8 - TravelsPromo
WISATA CIBULAN Kuningan Tiket & Aktivitas November 8 – TravelsPromo | Wisata Cibulan

Gunung Ciremai yang adalah primadona alam di Kuningan, Jawa Barat kian menerbitkan potensi-potensi wisata cantiknya. Puluhan air terjun, dan bumi perkemahan bersanding apik.

Belum lagi perbukitan, tebing-tebing batuan cantik, desa wisata yang ramah, sampai adanya fauna endemik jadi aset yang diperebutkan di sana. Tak heran Pemerintah Kabupaten, melewati Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata berebut simpati dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Semenjak turunnya Ketetapan Menteri Kehutanan nomor 424 tahun 2004, mengenai zonasi Kawasan Konservasi Gunung Ciremai, kendali “surga wisata” itu, jatuh ke tangan TNGC. Pemkab Kuningan juga harus rela melepas perlahan lebih dari sembilan tujuan wisata di sana, yang telah mereka bangun bertahun-tahun.

ADA APA AJA SIH DI OBYEK WISATA CIBULAN KUNINGAN???!
ADA APA AJA SIH DI OBYEK WISATA CIBULAN KUNINGAN???! | Wisata Cibulan

Baca pun : Pemkab Kuningan Minta Pusat Kembalikan Hak Pengelolaan Tempat Wisata

“Masalahnya sebab kewenangan saja, saya rasa tersebut berlebihan seluruh lahan Perhutani di berikan pengelolaannya. Karena di sana kan terdapat titik-titik wisata yang potensial,” ujar Bupati Kuningan, Acep Purnama ketika dikunjungi KompasTravel bareng Kementerian Pariwisata di lokasi tinggal dinasnya, Sabtu (23/12/2017).

OBYEK WISATA CIBULAN KUNINGAN MENJADI TEMPAT WISATA PAVORIT
OBYEK WISATA CIBULAN KUNINGAN MENJADI TEMPAT WISATA PAVORIT | Wisata Cibulan

Ia menilai sejak beralihnya hak pengelolaan tersebut, tidak sedikit penurunan yang dirasakan pariwisata Kabupaten Kuningan. Mulai penghasilan sektor pariwisata turun drastis, harga tiket naik, sampai infrastruktur tidak cukup berkembang.

“Jauh sekali penghasilan kita dari sektor pariwisata turunnya, hak kita guna mengembangkan pun sangat dipersulit. Kita juga dapat kok mengerjakan konservasi seraya mengelola wisatanya,” ungkap Jaka, Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, dalam peluang yang sama.

Baca pun : Surga Wisata Kuningan di Balik Gunung Ciremai

Sensasi Berenang Bersama Ikan Dewa di Objek Wisata Cibulan - KBK
Sensasi Berenang Bersama Ikan Dewa di Objek Wisata Cibulan – KBK | Wisata Cibulan

Menurutnya, untuk mendapat hak kelola obyek wisata, Pemkab Kuningan sering merasa dipersulit, baik di tingkat pusat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Koperasi dan Penanaman Modal (BKPM).

Sementara itu, pihak TNGC membenarkan andai ia mengelola lebih dari sembilan area wisata. Bahkan total terdapat 54 area wisata di 45 desa di Kuningan dan Majalengka, yang masuk ke zonasi TNGC.

8 Lokasi Wisata Cibulan – Wisata Cibulan

Dibuka Kembali, Pengunjung Wisata Cibulan Dibatasi 8 Orang Per-Hari
Dibuka Kembali, Pengunjung Wisata Cibulan Dibatasi 8 Orang Per-Hari | Wisata Cibulan
Objek Wisata Pemandian Cibulan Kuningan  Travel Blog Indonesia
Objek Wisata Pemandian Cibulan Kuningan Travel Blog Indonesia | Wisata Cibulan
Kolam Alam Cibulan Kuningan, Wisatawan Berenang Bersama Ikan Para
Kolam Alam Cibulan Kuningan, Wisatawan Berenang Bersama Ikan Para | Wisata Cibulan
NET8 - Wisata pemandian ikan dewa di Cibulan Kuningan Jawa Barat
NET8 – Wisata pemandian ikan dewa di Cibulan Kuningan Jawa Barat | Wisata Cibulan