8 Gambar Wisata Untuk Anak Anak

Di pesta rakyat ini, ribuan murid tingkat SD dan SMP memainkan ragam permainan jadul (zaman dahulu) yang telah jarang mereka mainkan sehari-hari.

8 Pilihan Wisata Bogor untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus

8 Pilihan Wisata Bogor untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus | Wisata Untuk Anak Anak

Dream – Kabupaten di ujung unsur timur Pulau Jawa, Banyuwangi kelihatannya tak pernah kehabisan gagasan dalam mengonsep pariwisata. Banyuwangi Festival 2017, Sabtu 22 Juli 2017 lalu, di Jalan Protokol depan Gedung Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, menghadirkan tidak sedikit keceriaan lewat ragam pesta rakyat anak. Salah satunya Festival Memengan (Mainan) Tradisional.

Di pesta rakyat ini, ribuan murid tingkat SD dan SMP memainkan ragam permainan jadul (zaman dahulu) yang telah jarang mereka mainkan sehari-hari. Jalan protokol yang sedang di tengah Kota Banyuwangi pulang menjadi arena bermain yang asyik untuk ribuan anak wilayah dan wisatawan yang datang.

Mereka berparade seraya bermain ragam mainan lawas seperti, egrang bambu, gasingan, bedil-bedilan, gobag sodor, engklek, dakon, bintang aliyan, medi-median, pacu karung, klompen panjang, tarik tambang sampai dagongan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, barangkali sebagian anak-anak tidak mengenal permainan-permainan tradisional laksana ini. Padahal, permainan tradisional memiliki tidak sedikit filosofi.

Dengan digelarnya Festival Memengan ini sekaligus sebagai upaya untuk mengenalkan pada anak-anak. Orangtua, dapat bernostalgia dengan permainan-permainan yang pernah mereka mainkan semasa anak-anak.

8 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Anak-anak, Seru Banget!

8 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Anak-anak, Seru Banget! | Wisata Untuk Anak Anak

” Orangtua dapat nostalgia pada permainan yang populer di masa mereka dulu. Upaya ini sekaligus mengenalkan pada anak-anaknya dan kami harap dapat membiasakan pada anak-anak mereka,” ujar Bupati Anas, dilansir dari penjelasan pers tertulis, Rabu 26 Juli 2017.

Anas menambahkan, permainan tradisional memiliki tidak sedikit unsur gotong-royong, sampai-sampai menumbuhkan kebersamaan dan kepedulian pada anak-anak. Saat ini, menurut keterangan dari Anas, anak-anak lebih tidak sedikit menghabiskan waktunya guna bermain gadget atau gawai, sampai-sampai lebih tidak sedikit asyik sendiri.

” Ini pun sebagai format pendidikan karakter untuk anak, yang menyuruh mereka belajar kelaziman baik yang sesuai pertumbuhan usia anak,” kata Bupati Anas.

Tak melulu bermain permainan tradisional, anak-anak tersebut pun menampilkan bakat seni dan budaya. Seperti tarian barong cilik dan jaranan buto. Sebagian anak pun bermain perangkat musik yang tidak biasa, mereka membentuk susunan drum band yang perangkat musiknya tercipta dari bahan-bahan yang terdapat di lingkungan rumah. Seperti terompet yang tercipta dari janur kelapa dan seruling dari pipa paralon, diperbanyak iringan rebana, menghasilkan irama musik yang unik. Sangat kreatif.

Suasana semakin meriah ketika suara peluru kertas dari bedil bambu dan pelepah pisang berdesingan di udara. Dor! Dor! Terasa laksana ada di medan perang.

8 Tempat Wisata Untuk Anak Di Jakarta Untuk Liburan Bersama Si

8 Tempat Wisata Untuk Anak Di Jakarta Untuk Liburan Bersama Si | Wisata Untuk Anak Anak

Tak inginkan kalah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun ikut bermain tembak-tembakan bareng mereka. Anas pun ikut bermain hulahop, egrang, berlangsung di atas batok kelapa, dan mobil-mobilan dari bambu.

Lewat permainan tradisional, menurut keterangan dari Anas, mereka akan tidak sedikit belajar menajamkan kreativitas dan dilaksanakan secara berkelompok. ” Ini akan mengajar mereka guna menumbuhkan kebersamaan dalam kehidupannya, bertolak belakang dengan permainan canggih yang individualistis,” kata Anas.

Di samping itu, imbuh Anas, pihaknya juga hendak mengajak anak-anak menjajal permainan tradisional supaya mereka cinta pada kesenian daerahnya.

Festival Anak berlanjut pada malam hari. Banyuwangi Festival menyuguhkan Konser Lalare Orkestra yang dilangsungkan di Gesibu Taman Blambangan. Sebanyak 130 musikus cilik memperlihatkan perpaduan musik tradisional dan canggih sembari memperlihatkan seni teater.

Kelompok musik Lalare Orchestra ini pernah meraih penghargaan tingkat dunia dari Pasific Asia Travel Association (PATA) kelompok ” Heritage and Culture” pada tahun 2016 lalu.

8 Tempat Wisata Keluarga Di Bogor Yang Harus Kamu Kunjungi

8 Tempat Wisata Keluarga Di Bogor Yang Harus Kamu Kunjungi | Wisata Untuk Anak Anak

Serunya Liburan di Lereng Gunung Sumbing, Nepal Ala Jawa

Cantiknya Sumba, Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

Arkeolog Temukan 400 Makam Islam Kuno

8 Gambar Wisata Untuk Anak Anak – Wisata Untuk Anak Anak

8 Pilihan Wisata Bogor untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus

8 Pilihan Wisata Bogor untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus | Wisata Untuk Anak Anak

8 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Wajib Dikunjungi | Wisata Untuk Anak Anak

8 Tempat Wisata Anak Di Bandung Untuk Liburan Menyenangkan

8 Tempat Wisata Anak Di Bandung Untuk Liburan Menyenangkan | Wisata Untuk Anak Anak

8 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

8 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta | Wisata Untuk Anak Anak

8 photos of the "8 Gambar Wisata Untuk Anak Anak"

8 Tempat Wisata Keluarga Di Bogor Yang Harus Kamu Kunjungi Wisata Untuk Anak Anak8 Pilihan Wisata Bogor Untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus Wisata Untuk Anak Anak8 Pilihan Wisata Bogor Untuk Anak, Tawarkan Keceriaan Sekaligus Wisata Untuk Anak Anak8 Tempat Wisata Anak Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi Wisata Untuk Anak Anak8 Tempat Wisata Anak Di Bandung Untuk Liburan Menyenangkan Wisata Untuk Anak Anak8 Tempat Wisata Untuk Anak Di Jakarta Untuk Liburan Bersama Si Wisata Untuk Anak Anak8 Tempat Wisata Bersama Anak Di Yogyakarta Wisata Untuk Anak Anak8 Tempat Wisata Di Bandung Yang Cocok Untuk Anak Anak, Seru Banget! Wisata Untuk Anak Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *