8 Gambar Wisata Di Batusangkar

 

8 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar - Sering Jalan

8 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar – Sering Jalan | Wisata Di Batusangkar

Batu Angkek-angkek di antara contohnya, suatu situs sejarah yang menjadi objek wisata di Nagari Balat Tabuh, Sungayang, Batusangkar Tanah Datar, Sumatera Barat. Batu ini serupa logam laksana kuningan atau tembaga, berwarna kuning agak kecoklatan dan di sejumlah bagian tampak mengelupas berwarna hitam. Bentuknya serupa seperti punggung kura-kura.

Uniknya, sampai kini orang-orang tidak tahu tentu berapa berat batu tersebut, beratnya tidak jarang kali berubah-rubah. Tidak sembarang orang dapat mengusung batu tersebut, sekalipun dia berotot besar. Sebab, andai batu ini dapat terangkat, tersebut konon cita-cita atau kemauan orang terkabul. Yup, batu ini dirasakan mampu membaca masa mendatang seseorang.

Berikut 5 cerita mengenai Batu Angkek-angkek yang sukses dihimpun Media dari sekian banyak sumber.

8 OBJEK WISATA PALING MENARIK DI BATUSANGKAR  <marquee><h8

8 OBJEK WISATA PALING MENARIK DI BATUSANGKAR <marquee><h8 | Wisata Di Batusangkar

Meski tidak mempunyai diameter yang lebar, tidak boleh remehkan batu yang serupa dengan punggung kura-kura ini, tidak sembarang orang dapat mengusungnya. Batu ini serupa logam laksana kuningan atau tembaga, berwarna kuning agak kecoklatan dan di sejumlah bagian tampak mengelupas berwarna hitam. Ada lubang kecil ditengahnya pun ada artikel lafadz Allah dan Muhammad.

Sampai ketika ini, tidak tahu tentu berapa berat batu tersebut. Beratnya ditentukan, seberapa dapat orang yang mengusung batu tersebut. Beberapa yang sukses mengusungnya menyebut enteng 10 KG, namun ada yang benar-benar tak dapat mengusungnya dengan menyebut mungkin ini 100 KG.

Batu Angkek-angkek bila ditafsirkan dalam bahasa Indonesia berarti batu angkat-angkat, urusan ini dikarenakan, masing-masing orang yang mendatangi objek wisata ini, hendak mengusung batu tersebut. Jika batu ini dapat terangkat, tersebut berarti keinginan, cita-cita atau hajat orang yang mengusungnya terkabul.

Banyak wisatawan lokal maupun luar penasaran dan memperlihatkan mitos di balik batu tersebut. Dan tak heran juga, tidak sedikit orang yang mempercayainya sebagai tempat mohon petunjuk atau mengerjakan hal-hal yang syirik.

Berdasarkan keterangan dari informasi yang dihimpun, sejarah dari batu Angkek-angkek kesatu kali ditemukan oleh Datuak Bandaro Kayo ketika akan memasang tiang rumah. Ceritanya dulu, Datuk Bandaro Kayo ialah kepala suku kaum Piliang. Suatu hari Datuk memiliki mimpi didatangi Syech Ahmad. Dalam mimpinya Syech Ahmad berpesan untuk Datuk Bandaro Kayo menegakkan perkampungan yang sekarang mempunyai nama Kampung Palangan.

Saat pemancangan tonggak kesatu terjadi sebuah keanehan. Tiba-tiba saja saat tersebut terjadi gempa lokal. Lalu disusul hujan dan panas sekitar 14 hari 14 malam. Akibat peristiwa itu, masyarakat lalu menyelenggarakan musyawarah.

Saat musyawarah berlangsung, tersiar suara mengherankan berasal dari dalam lubang lokasi pemancangan tiang tersebut. Suara itu mengatakan, bila di dalam lubang itu ada batu mempunyai nama ‘Batu Pandapatan’, dengan kata lain batu yang didapat. Suara tersebut juga berpesan supaya batu itu dipertahankan baik-baik. Batu Pandapatan tersebut akhirnya dikenal dengan Batu Angkek-angkek.

8 Hari 8 Malam: Bukittinggi - Payakumbuh - Batusangkar - Padang

8 Hari 8 Malam: Bukittinggi – Payakumbuh – Batusangkar – Padang | Wisata Di Batusangkar

Batu ini penuh dengan wewangian mistis tentunya. Setidaknya, guna mengusung batu ini ke dalam pangkuan, butuh adanya ritual khusus. Seseorang diminta berwudhu terlebih dahulu dan menyampaikan niat pun berdoa terlebih dahulu. Jika tersebut belum berhasil, pembimbing wisata di objek itu akan mengajak untuk menyimak sebuah doa sampai akhirnya batu dapat diangkat.

Namun pastinya tidak seluruh orang dapat mengusung batu. Berbadan besar dan powerful belum jaminan dapat mengusung, dan pun sebaliknya. Mereka yang berbadan kurus, kecil terkadang justru dapat mengusungnya.

Cerita di balik situ sejarah batu Angkek-angkek ini, tak impian | fantasi | angan-angan | fiksi | khayal membuat tidak sedikit mengundang penasaran wisatawan lokal maupun luar untuk berangjangsana melihat batu tersebut. Batu itu terletak di suatu Rumah Gadang di Nagari Balat Tabuh, Sungayang, Tanah Datar, Batusangkar, Sumatera Barat. Kira-kira letaknya 10 KM dari kota Batusangkar.

Jika hendak mengunjungi lokasi ini, pasti tidak terdapat pungutan ongkos khusus guna mengusung batu tersebut. Namun, diharuskan untuk melakukan pembelian sebuah souvenir dengan harga Rp 10.000. Tertarik mengusung Batu Angkek-angkek. [hhw]

Baca juga:
Inikah bukti bahwa ular naga tersebut benar-benar ada?
Tim SAR sempat ragu mitos cari anak terbenam pakai bantal
Ajaib,mitos cari anak terbenam pakai bantal favorit terbukti
Inilah urutan Satrio Piningit yang memimpin Indonesia

Wisata Keren ke Batusangkar – Yurmawita’s Blog | Wisata Di Batusangkar

Baca Selanjutnya: Beratnya masih menjadi misteri…

Halaman

8 Gambar Wisata Di Batusangkar – Wisata Di Batusangkar

8 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar - Sering Jalan

8 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar – Sering Jalan | Wisata Di Batusangkar

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Panorama Tabek Patah Tanah Datar

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Panorama Tabek Patah Tanah Datar | Wisata Di Batusangkar

Puncak Aur Serumpun Batusangkar - Wisata Sumatera Barat

Puncak Aur Serumpun Batusangkar – Wisata Sumatera Barat | Wisata Di Batusangkar

ISTANA PAGARUYUNG WISATA DI PADANG BATUSANGKAR

ISTANA PAGARUYUNG WISATA DI PADANG BATUSANGKAR | Wisata Di Batusangkar

8 photos of the "8 Gambar Wisata Di Batusangkar"

ISTANA PAGARUYUNG WISATA DI PADANG BATUSANGKAR Wisata Di BatusangkarPuncak Aur Serumpun Batusangkar Wisata Sumatera Barat Wisata Di Batusangkar8 Tempat Wisata Di Batusangkar Tanah Datar Sering Jalan Wisata Di BatusangkarWisata Keren Ke Batusangkar Yurmawita’s Blog Wisata Di BatusangkarLokasi Dan Harga Tiket Masuk Panorama Tabek Patah Tanah Datar Wisata Di Batusangkar8 Hari 8 Malam: Bukittinggi Payakumbuh Batusangkar Padang Wisata Di Batusangkar8 Tempat Wisata Di Batusangkar Tanah Datar Sering Jalan Wisata Di Batusangkar8 OBJEK WISATA PALING MENARIK DI BATUSANGKAR <marquee><h8 Wisata Di Batusangkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *