8 Gambar Wisata Budaya

Media DENPASAR — Wisata kebiasaan masih menjadi tumpuan pariwisata Bali, terutama menghadapi kompetisi di tengah era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah berlaku ketika ini. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau Cok Ace menuliskan sumber daya manusia, budaya, dan alam Bali ialah tiga urusan yang tak terpisahkan.

“Alam dan kebiasaan Bali berkembang bersamaan dengan manusianya. Ini yang menjadi kekuatan kita,” kata Cok Ace untuk Media Senin (4/1).

Problem di Bali ketika ini ialah menyeimbangkan antara suplai dan permintaan (demand) pariwisata. Meski tren perkembangan pariwisata Bali tidak jarang kali positif, kata Cok Ace, tetapi pemerataan kesejahteraannya masih belum dialami di semua Bali, terutama di luar Bali Selatan.

Jumlah warga Bali pun lebih sedikit dikomparasikan dengan jumlah wisatawan yang berkunjung. Destinasi wisata kebiasaan masih terpusat di tiga tempat, yakni Tanah Lot, Ubud, dan Uluwatu. Cok Ace menilai obyek-obyek wisata kebiasaan di distrik lainnya pun perlu mendapat perhatian.

Salah satu tumpuan wisata kebiasaan di Bali bertempat di Tanah Lot. Data Badan Daya Tarik Wisata (BDTW) Tanah Lot mengindikasikan jumlah trafik wisatawan mancanegara dan dalam negeri ke tujuan ini sepanjang 2015 menjangkau 3,179 juta orang. Manager BDTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana menuliskan angka ini bertambah 1,7 persen dikomparasikan setahun sebelumnya.

“Porsi antara wisatawan dalam negeri dan mancanegara nyaris sama, perbandingannya 53,78 dan 46,22 persen” katanya.

Tingkat trafik tertinggi terjadi pada Desember 2015 yang bertumbuh 77 persen dikomparasikan November 2015. Capaian jumlah pengunjung di Tanah Lot sepanjang 2015 telah di atas target yang semula 2,367 juta.

Tanah Lot mempunyai sejumlah obyek wisata budaya, terutama pura. Beberapa pura yang disucikan antara beda Pura Tanah Lot dan Pura Batu Bolong. Pura-pura ini menjadi lokasi ibadah masyarakat Hindu Bali dinamakan odalan yang diperingati masing-masing 210 hari sekali. Biasanya harinya berdampingan dengan Hari Raya Galungan dan Kuningan.

8 Gambar Wisata Budaya – Wisata Budaya

8 Wisata Budaya di Indonesia Paling Populer - TempatWisataUnik.com

8 Wisata Budaya di Indonesia Paling Populer – TempatWisataUnik.com | Wisata Budaya

wisata budaya di Indonesia - Panduan Traveling, YOEXPLORE - budaya

wisata budaya di Indonesia – Panduan Traveling, YOEXPLORE – budaya | Wisata Budaya

8 Destinasi Wisata Budaya di Indonesia untuk Kamu Jelajahi

8 Destinasi Wisata Budaya di Indonesia untuk Kamu Jelajahi | Wisata Budaya

Lima Tempat Wisata Budaya Yang Wajib Dikunjungi di Bali

Lima Tempat Wisata Budaya Yang Wajib Dikunjungi di Bali | Wisata Budaya

8 Wisata Budaya di Jakarta dan Bandung - Mommies Daily

8 Wisata Budaya di Jakarta dan Bandung – Mommies Daily | Wisata Budaya

Berikut 8 Destinasi Wisata Budaya di Banyuwangi yang Wajib Anda

Berikut 8 Destinasi Wisata Budaya di Banyuwangi yang Wajib Anda | Wisata Budaya

8 Ide Wisata Budaya di Bali untuk Bikin Liburan Kamu Lebih

8 Ide Wisata Budaya di Bali untuk Bikin Liburan Kamu Lebih | Wisata Budaya

Selain Gurusina, 8 Wisata Budaya di Indonesia yang Wajib Kamu Lihat!

Selain Gurusina, 8 Wisata Budaya di Indonesia yang Wajib Kamu Lihat! | Wisata Budaya

8 photos of the "8 Gambar Wisata Budaya"

Berikut 8 Destinasi Wisata Budaya Di Banyuwangi Yang Wajib Anda Wisata BudayaSelain Gurusina, 8 Wisata Budaya Di Indonesia Yang Wajib Kamu Lihat! Wisata Budaya8 Wisata Budaya Di Indonesia Paling Populer TempatWisataUnik8 Destinasi Wisata Budaya Di Indonesia Untuk Kamu Jelajahi Wisata BudayaWisata Budaya Di Indonesia Panduan Traveling, YOEXPLORE Budaya Wisata Budaya8 Wisata Budaya Di Jakarta Dan Bandung Mommies Daily Wisata BudayaLima Tempat Wisata Budaya Yang Wajib Dikunjungi Di Bali Wisata Budaya8 Ide Wisata Budaya Di Bali Untuk Bikin Liburan Kamu Lebih Wisata Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *