8 Gambar Wisata Batusangkar

Media BATUSANGKAR –Pesona wisata Tanah Air seakan tak terdapat habisnya. Tahukah Anda bakal lomba laju sampan yang rutin dilangsungkan di Danau Singkarak?

Anggota DPR RI Betty Shadiq Pasadigoe juga meminta pekerjaan “Pacu Biduak” (lomba laju sampan) yang dilangsungkan masyarakat Nagari Sumpur di ambang Danau Singkarak, Tanah Datar, Sumatera Barat, masuk dalam kalender pariwisata.

“Saya mendukung pekerjaan ini dijadikan agenda teratur tahunan dan masuk kalender pariwisata sebagai di antara tujuan wisata untuk masyarakat, perantau dan wisatawan lokal ataupun mancanegara,” kata Betty di Batusangkar, Senin (3/7).

Anggota Komisi IX DPR ini mengucapkan apresiasi untuk masyarakat yang berupaya melestarikan tradisi balap biduak ini yang dipadukan dengan lomba kuliner dan kesenian anak nagari. “Nagari Sumpur yang sedang di tepian Danau Singkarak ini mempunyai potensi pariwisata yang memukau dan kaya dengan kelezatan kulinernya laksana ikan Bilih, Pangek Sumpu, Singgang, Rendang serta buah Sawo yang manis,” katanya.

Ia menginginkan banyaknya potensi yang dipunyai Nagari Sumpur ini bisa dimanfaatkan dan dikembangkan guna menunjang perekonomian wilayah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menuliskan pemerintah wilayah akan melestarikan keindahan alam dan potensi yang terdapat di Nagari Sumpur serta menjadikan “Pacu Biduak” agenda teratur tahunan sebagai salah satu tujuan pariwista di Tanah Datar.

“Pemerintah wilayah mengucapkan terima kasih untuk masyarakat yang sudah mengelenggarakan pekerjaan ini dalam mendukung tujuan pariwisata di Tanah Datar,” katanya. Bupati melafalkan semua potensi nagari ini bakal dipromosikan sebagai pesona wisatawan untuk berangjangsana ke Tanah Datar terutama ke Nagari Sumpur.

“Dengan adanya pekerjaan ini bisa mempererat silaturahim masyarakat dengan perantau dan wisatawan, serta melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya,” katanya.

Bagi ke depan, jelasnya, pemerintah wilayah akan mengatur kembali saudagar yang sedang di pinggiran Danau Singkarak dengan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Daerah (Perda).

Lomba “Pacu Biduak” ini dikemas melewati Festival Pesona Sumpur Danau Singkarak 2017 dengan tema mewujudkan Nagari Sumpur sebagai pariwisata Nusantara dan moto “Basamo Mangko Manjadi” di Batu Barabuang pada 1 dan 2 Juli 2017.

Kegiatan itu dipenuhi dengan sekian banyak kegiatan lomba diantaranya lomba seni dan kebiasaan anak nagari, balap biduak, hiasan dan modifikasi biduak, “manjalo diate biduak”, lomba fotografi, kuliner, mancing mania dan penampilan “basilek dalam aia”.

8 Gambar Wisata Batusangkar – Wisata Batusangkar

Puncak Aur Serumpun Batusangkar - Wisata Sumatera Barat
Puncak Aur Serumpun Batusangkar – Wisata Sumatera Barat | Wisata Batusangkar
8 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar - Sering Jalan
8 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar – Sering Jalan | Wisata Batusangkar
8 Hari 8 Malam: Bukittinggi - Payakumbuh - Batusangkar - Padang
8 Hari 8 Malam: Bukittinggi – Payakumbuh – Batusangkar – Padang | Wisata Batusangkar
Wisata Keren ke Batusangkar – Yurmawita’s Blog | Wisata Batusangkar
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Panorama Tabek Patah Tanah Datar
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Panorama Tabek Patah Tanah Datar | Wisata Batusangkar
ISTANA PAGARUYUNG WISATA DI PADANG BATUSANGKAR
ISTANA PAGARUYUNG WISATA DI PADANG BATUSANGKAR | Wisata Batusangkar
Paket Tour Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar 8 Hari 8
Paket Tour Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar 8 Hari 8 | Wisata Batusangkar
8 OBJEK WISATA PALING MENARIK DI BATUSANGKAR  <marquee><h8
8 OBJEK WISATA PALING MENARIK DI BATUSANGKAR <marquee><h8 | Wisata Batusangkar