7 Tempat Wisata Tebing Breksi

Media SLEMAN — Lokasi wisata di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, memang laksana tidak pernah habis. Mulai dari wisata seni dan budaya, hingga wisata alam seakan dikoleksi menjadi satu guna memanjakan wisatawan.

Tebing Breksi sedang di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Lokasinya yang tidak terlampau jauh dari candi-candi populer laksana Prambanan dan Ratu Boko, mempermudah Tebing Breksi guna dikunjungi baik dari masyarakat sekitar, hingga wisatawan lokal maupun asing.

Akses jalan juga sudah paling baik, sampai-sampai tidak menyulitkan pengunjung mengarah ke ke Tebing Breksi, baik memakai kendaraan motor, mobil atau bus. Walau mesti melalui jalan yang tidak terlampau besar, dua arah, pemandangan yang dilalui benar-benar menjadi penghibur.

Wangi udara sejuk khas pedesaan yang mengayun hidung, masih diperbanyak hembusan angin di sepanjang jalan yang menciptakan perjalanan mengarah ke Tebing Breksi benar-benar tak terasa melelahkan. Belum lagi perbukitan, sawah-sawah hijau dan tambak-tambak ikan kepunyaan masyarakat yang begitu memanjakan mata.

Sampai ke tempat wisata, pengunjung seringkali dikenai ongkos masuk. Tapi kemegahan Tebing Breksi yang telah terlihat dari jalan-jalan sekitaran Desa Sambirejo bisa dinikmati dengan ongkos masuk secara sukarela.

Pengunjung lumayan membayar ongkos untuk parkir motor sebesar Rp 2.000, mobil Rp 5.000, minibus Rp 15.000 dan bus Rp 25.000. Ini pasti tidak wajar mengingat kelaziman di Indonesia, tempat yang telah dijadikan lokasi wisata seringkali langsung dibanderol ongkos masuk atau parkir yang selangit.

“Untuk parkir motor dua ribu, bea masuknya sukarela saja, silahkan parkir di atas,” begitu kira-kira ucap penjaga pintu masuk Tebing Breksi seraya mengalungkan karcis ke kendaraan dan menyerahkan satu karcis lagi guna dapat dipegang pengunjung.

Taman Tebing Breksi seringkali jadi tempat kesatu yang menyambut wisatawan. Taman berbentuk lingkaran yang berisikan rumput hijau dikelilingi bangku-bangku batu layaknya stadion-stadion tersebut, sering jadi tempat kesatu wisatawan untuk memungut foto.

Lalu lalang jip wisata yang tanpa penutup kerap mendampingi pengunjung yang berjalan mencari lokasi-lokasi yang ada. Dengan merogoh kocek selama Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu, pengunjung juga dapat mencarter jip-jip tersebut untuk menjajal jalur-jalur bebatuan Tebing Breksi.

Menuju tebing-tebing, ada tangga setapak yang bisa disusuri pengunjung. Wisatawan sebetulnya sudah mulai mengabadikan momen-momen dengan latar belakang bebatuan tebing yang besar. Selama menapaki anak tangga mengarah ke puncak tebing, tidak sedikit spot-spot potret yang dapat dicoba.

Di samping keris-keris dan pedang-pedang kerajaan, burung hantu jadi di antara primadona guna foto-foto di Tebing Breksi. Biaya guna berfoto dengan burung-burung tersebut pun tidak dibanderol tinggi, melulu sukarela berapapun yang diserahkan wisatawan.

Area lapangan tanah merah diselingi bebatuan menyambut wisatawan yang telah sampai puncak Tebing Breksi. Di puncak ini, tampak begitu jelas ubun-ubun Kabupaten Sleman yang begitu estetis dikelilingi alam yang sangat estetis dan terlihat masih paling asri.

“Bagus ya, pemandangan kota-kotanya kelihatan jelas tanpa terdapat penghalang,” kata Indah, di antara pengunjung asal Jakarta, Sabtu (14/10).

Dalam lapangan yang berbentuk laksana terasering atau sengkedan itu, tidak sedikit pula spot-spot potret yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Mulai dari artikel merah Tebing Breksi, kerang duyung hingga bunga matahari, semuanya bisa dimanfaatkan dengan ongkos yang lagi-lagi sukarela.

Ada pula saudagar yang menyewakan papan-papan pesan lucu berwarna-warni. Mulai dari papan bertuliskan ‘pingin nikah’, ‘lupakan mantan’, hingga ‘atiku dudu kosan’ seringkali disewa pengunjung secara sukarela untuk mengucapkan pesan-pesan dan dipasang ke media-media sosial.

Wisatawan yang ingin berangjangsana ke Tebing Breksi usahakan memang membawa jaket supaya tidak kedinginan, khususnya di puncak dengan udara khas pegunungan. Tapi, andai sudah terlanjur kedinginan, pengunjung dapat mengunjungi spot eksklusif Kuliner Breksi yang memang memasarkan makanan dan minuman hangat.

Pengunjung beda yang berasal dari Solo, Bayu dan Tika, menilai Tebing Breksi mengalami tidak sedikit perkembangan. Terlebih, Bayu yang pernah berangjangsana pada 2015 kemudian mengungkapkan, saat tersebut belum tidak sedikit lokasi yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk memungut foto.

Karenanya, mereka menyatakan rela datang lumayan jauh dari Solo, melulu untuk dapat merasakan keindahan Tebing Breksi. Mereka pun menyokong bila tempat wisata di Tebing Breksi bisa terus ditingkatkan, supaya dapat unik lebih tidak sedikit wisatawan guna datang berkunjung.

“Bagus ya, perkembangannya bagus sebab dulu hanya satu, kini kaget telah rapi, dukung lah kalo mau diperbanyak spot-spotnya,” ujar mereka.

7 Tempat Wisata Tebing Breksi – Wisata Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi Jogja  Fasilitas dan Harga Tiket Masuknya
Lokasi Tebing Breksi Jogja Fasilitas dan Harga Tiket Masuknya | Wisata Tebing Breksi
TAMAN TEBING BREKSI Tiket & Aktivitas Desember 7 - TravelsPromo
TAMAN TEBING BREKSI Tiket & Aktivitas Desember 7 – TravelsPromo | Wisata Tebing Breksi
Pengunjung Tebing Breksi Meningkat • Radar Jogja
Pengunjung Tebing Breksi Meningkat • Radar Jogja | Wisata Tebing Breksi
√ Pesona + Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja 7
√ Pesona + Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja 7 | Wisata Tebing Breksi
Tebing Breksi Wisata Yogyakarta Dengan Pemandangan Indah yang Bisa
Tebing Breksi Wisata Yogyakarta Dengan Pemandangan Indah yang Bisa | Wisata Tebing Breksi
Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja Terbaru 7 - Wisatainfo
Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja Terbaru 7 – Wisatainfo | Wisata Tebing Breksi
Wisata Tebing Breksi di 7  Tempat, Gunung berapi, Matahari
Wisata Tebing Breksi di 7 Tempat, Gunung berapi, Matahari | Wisata Tebing Breksi