7 Lokasi Wisata Sekitar Saya

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Kejutan! Tempat Wisata Indah ini Tak Jauh dari Jakarta

Kejutan! Tempat Wisata Indah ini Tak Jauh dari Jakarta | Wisata Sekitar Saya

Kapal-kapal yang membawa wisatawan di Labuan Bajo.

Arus wisata ke Labuan Bajo sebagai pintu mengarah ke Taman Nasional Komodo bertambah dalam tiga tahun terakhir, mayoritas pelaku usaha adalah pendatang dan ada pun orang asing, bagaimana kesempatan masyarakat lokal dalam bisnis ini?

Di sepanjang jalan di dekat pelabuhan di Labuan Bajo terlihat berjejer kaki lima yang memasarkan makanan laut. Salah satu yang warung kaki lima yang dipadati pengunjung lokal dan wisatawan asing terlihat menyantap santap malam mereka.

Ditengah guyuran hujan, Yuliana (42) tengah sibuk mengoreng ikan segar di warung tendanya yang berada di sekitar pantai Labuan Bajo. Dia adalah salah satu penduduk lokal yang mengupayakan meraih peruntungan dari arus wisatawan yang datang guna berlibur ke Taman Nasional Komodo.

“Karena baru mulai ramai, semenjak Sail Komodo, kadang ramai, kadang sepi tergantung dari tamu, penghasilan rata-rata 1 juta, ya buat santap dan gaji karyawan, buat lokasi tinggal yang peninggalan orang tua,” jelas Yuliana.

Di samping Yuliana, sebanyak warga lokal di Labuan Bajo mengupayakan meraih kesempatan dari arus wisatawan yang tidak jarang kali ramai masing-masing harinya di dekat Kampung Ujung.

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Warung santap di pinggir pantai Labuan Bajo dipadati wisatawan.

Di sini saya pun bertemu dengan Margaretha Subekti (54) yang menegakkan Catur’z Kopi Club pada Mei lalu. Melalui warung ini, Margaretha, melibatkan wanita yang menjadi tulang punggung keluarga guna bekerja di sini.

“Dan ternyata tidak sedikit teman-teman wanita yang menjadi kepala keluarga, terus idenya pun supaya pangan lokal, kopi Manggarai terdapat di sini, ibu-ibu juga dapat menggorengkan kopi guna kami disini, dan mengantar snack juga, kue yang dikirim dari ibu-ibu itu. Kita pun mendampingi teman-teman wanita yang memiliki industri rumahan, yang menciptakan kue, kerajinan di dekat sini anda ada 63, di Kampung Ujung dengan Waiklambu,” jelas Margaretha.

Berbeda dengan cafe yang lain, di sini tidak terdapat koneksi internet cuma-cuma dan sebanyak meja dilengkapi papan catur, dengan destinasi agar, semua pengunjung mengobrol.

7+ Tempat Wisata di Bogor yang Menarik untuk Dijelajahi - Airy

7+ Tempat Wisata di Bogor yang Menarik untuk Dijelajahi – Airy | Wisata Sekitar Saya

Di samping di kafe ini, Margaretha pun mempunyai wadah guna memberdayakan ekonomi wanita di Labuan Bajo, antara beda dengan menciptakan kerajinan daur ulang sampah, suvenir, dan menempatkan sayuran. Dia pun mendorong supaya sayuran buatan warga lokal ini dipakai oleh semua pelaku industri wisata di sini.

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Kampung Ujung adalah salah satu area wisata di Labuan Bajo.

Labuan Bajo mulai ramai dikunjungi wisatawan sesudah Pulau Komodo masuk dalam susunan Tujuh Keajaiban Dunia Baru ( New7 Wonder of the World ). Pemerintah semakin gencar mempromosikan Pulau Komodo sebagai di antara tujuan wisata dengan melangsungkan Sail Komodo 2013.

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo terus meningkat, dalam periode Januari-Oktober 2016, jumlahnya menjangkau 70.237 orang yang didominasi turis asing. Sementara jumlah turis sepanjang 2015 lalu, menjangkau 61.247 orang, dengan 70% diantaranya adalah wisatawan asing.

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Perahu milik penduduk lokal tengah menanti wisatawan di Pelabuhan Labuan Bajo.

Hampir seluruh turis yang mampir ke Labuan Bajo, bertujuan melihat fauna langka Komodo yang hidup di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Selain tersebut wisatawan pun berkeliling ke pulau beda di sekitarnya yang mempunyai pemandangan yang Indah.

Di pelabuhan Labuan Bajo, terlihat puluhan kapal motor dan kapal-kapal phinisi tengah berlabuh. Kapal-kapal ini membawa turis berkeliling ke pulau-pulau di sekitarnya , tergolong Pulau Komodo dan Rinca yang adalah habitat fauna langka Komodo.

Arus wisatawan itulah yang menciptakan Wildan, salah seorang penduduk Labuan Bajo, mengolah perahu nelayannya menjadi kapal wisata semenjak tujuh tahun lalu, dengan harga Rp1,8- 2 juta masing-masing hari untuk menjelajahi sebanyak pulau.

“Ya penghasilan melulu untuk santap sehari-hari saja, sebab kita antar tamu kadang ada, kadang tidak,” jelas Wildan.

7 Fakta Menarik Tempat Wisata Taman Fathan Hambalang Bogor - Isu Bogor

7 Fakta Menarik Tempat Wisata Taman Fathan Hambalang Bogor – Isu Bogor | Wisata Sekitar Saya

Salah seorang penduduk lokal yang lumayan beruntung menciduk peluang dari bisnis wisata, Ishabuddin. Dia mengawali usaha sejak mula tahun 2000an, dan sekarang mempunyai agen perjalanan sekaligus perahu guna wisata, baik masing-masing hari ataupun melayani paket wisata menginap di atas kapal.

Dalam sebulan dia dapat meraup penghasilan Rp100-200 juta, kecuali di ketika musim sepi laksana di akhir tahun.

“Saya mengawali sudah sejak mula tahun 2000an begitu lulus kuliah, modal mula tak hingga 100 juta sebab dulu kapal masih murah, dan jatuh bangun pun karena tamu saat tersebut tidak sejumlah sekarang, masih bisa dihitung dengan jari per bulannya, kini membludak,” jelas Ishabuddin.

Membanjirnya arus wisata ke Labuan Bajo juga mendorong masuknya pelaku usaha dari luar wilayah dan asing dengan kualitas SDM yang lebih baik dikomparasikan pebisnis lokal.

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Komodo hidup di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Ishabuddin menuliskan pemerintah mesti menciptakan aturan investasi supaya warga lokal tak tersingkir.

“Lapangan kegiatan terbuka lebih luas, namun yang kini terjadi persaingan tinggi, sebab pemain yang itu-tu aja, Labuan bajo tersingkap belum terdapat aturan yang menata tentang masyarakat lokal dan pendatang yang inginkan berinvestasi, jadi dari pendatang dan luar negeri juga lambat laun masyarakat lokal bakal tersingkir,” jelas dia.

Meski penambahan wisatawan menciptakan pendapatan Wildan meningkat jika dikomparasikan ketika masih menjadi nelayan, namun dia menyatakan sulit berlomba dengan pelaku usaha pendatang dari luar wilayah ataupun asing yang bermodal besar.

Dia bercita-cita adanya pembagian pasar wisata antara penduduk lokal dan pemodal dari luar daerah.

“Yang unsur diving tolong ditata baik-baik, yang diving ya diving yang trekking ya trekking kasih kapal tersendiri guna kita juga, yang punya perahu diving kini bule semua, yang bekerja di situ pun bule, anda orang lokal tidak di gunakan lagi,” keluh Wildan.

Kejutan! Tempat Wisata Indah ini Tak Jauh dari Jakarta

Kejutan! Tempat Wisata Indah ini Tak Jauh dari Jakarta | Wisata Sekitar Saya

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Pemandu wisata di Taman nasional Pulau Komodo adalah warga lokal.

Kawasan di pinggir pantai di Labuan Bajo terlihat ramai nyaris setiap harinya, lahan-lahan ini mayoritas telah berganti kepemilikan dari tangan penduduk lokal, dan diolah menjadi restoran, hotel, kantor agen perjalanan dan layanan wisata lainnya.

Kepala bidang pengembangan produk pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Gregorius Minta menuliskan lahan di dekat pantai sebagian dipunyai oleh asing, dan sekitar ini belum terdapat aturan yang membatasinya.

Gregorius menuliskan yang dapat dilakukan oleh dinas pariwisata ialah berupaya bagaimana penduduk lokal bisa meraih deviden dari bisnis wisata, yakni dengan memasok bahan pangan guna hotel dan restoran di Labuan Bajo.

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Pulau Padar adalah salah satu destinasi wisata di dekat Labuan Bajo.

Tetapi, untuk penduduk Labuan Bajo Zakarias Samuel Sem (56), secara umum penambahan pariwisata di Labuan Bajo belum dominan terhadap ekonomi masyarakat Manggarai Barat.

“Indikator keberhasilan program wisata di laporan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) itu, ialah jumlah wisatawan datang, lama tinggal, jumlah belanja, Daya tarik wisata yang teratur tak terdapat satupun indikator mencantol evolusi kehidupan masyarakat Manggarai Barat sebab pariwisata, dari siis regulasi pariwisata betul berkata berpihak pada rakyat, namun tak terdapat satupun regulasi bagaimana menata pemberdayaan masyarakat dan mengenai pengembangan kebiasaan daerah belum diatur, ” jelas Samuel

Meski pemerintah sudah menjadi di antara dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional KSPN, warga lokal masih belum bisa menikmatinya, sebab minimnya Sumber Daya Manusia.

Sumber gambar, BBC INDONESIA

7 Tempat Wisata Puncak Instagramable banget !!

7 Tempat Wisata Puncak Instagramable banget !! | Wisata Sekitar Saya

Kapal-kapal yang membawa wisatawan di Labuan Bajo.

7 Lokasi Wisata Sekitar Saya – Wisata Sekitar Saya

Satu Lagi Tempat Wisata Cantik dan Hemat di Bogor

Satu Lagi Tempat Wisata Cantik dan Hemat di Bogor | Wisata Sekitar Saya

7 Tempat Wisata Puncak dan Sekitarnya Yang Harus Kamu Kunjungi

7 Tempat Wisata Puncak dan Sekitarnya Yang Harus Kamu Kunjungi | Wisata Sekitar Saya

7 photos of the "7 Lokasi Wisata Sekitar Saya"

7 Tempat Wisata Puncak Dan Sekitarnya Yang Harus Kamu Kunjungi Wisata Sekitar SayaKejutan! Tempat Wisata Indah Ini Tak Jauh Dari Jakarta Wisata Sekitar Saya7 Fakta Menarik Tempat Wisata Taman Fathan Hambalang Bogor Isu Bogor Wisata Sekitar SayaSatu Lagi Tempat Wisata Cantik Dan Hemat Di Bogor Wisata Sekitar Saya7 Tempat Wisata Puncak Instagramable Banget !! Wisata Sekitar SayaKejutan! Tempat Wisata Indah Ini Tak Jauh Dari Jakarta Wisata Sekitar Saya7+ Tempat Wisata Di Bogor Yang Menarik Untuk Dijelajahi Airy Wisata Sekitar Saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *