7 Lokasi Wisata Batu Lawang

Berita Banjar, Media color=’red’> tempat swafoto Lembah Pajamben di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman ramai dikunjungi, sekarang warga Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, pun tak kalah kreatif untuk unik perhatian sebagian penduduk Kota Banjar yang sekarang tengah “haus selfie,” khususnya kalangan muda, dengan membuat tempat wisata swafoto baru di Puncak Bukit Pagerbatu.

MENENGOK WISATA ALAM BATU LAWANG CIREBON

MENENGOK WISATA ALAM BATU LAWANG CIREBON | Wisata Batu Lawang

Di tempat yang menawarkan pemandangan alam pegunungan mengelilingi Kota Banjar, Puncak Bukit Pagerbatu pun menawarkan spot tempat swafoto yang telah disediakan masyarakat semenjak 3 minggu lalu.

Meski terbilang baru, tempat tersebut telah ramai menjadi pembicaraan di media sosial yang dominan terhadap ramainya pengunjung, terutama pada hari Sabtu dan Minggu, atau hari cuti lainnya.

“Tadinya di sini itu tidak sedikit sekali pepohonan dan semak belukar. Namun, setelah dimurnikan oleh penduduk sekitar dan diciptakan semacam lokasi foto, sekarang menjadi daya tarik untuk warga lain, khususnya anak-anak muda,” kata Yaya, penduduk setempat, untuk Koran HR, Senin (03/04/2017) lalu.

Karena pembukaan tempat swafoto itu adalah inisiatif penduduk dan Karang Taruna, lanjut Yaya, maka pengelolaannya juga semua dilaksanakan oleh penduduk sekitar secara bersama-sama.

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Batu Lawang Cilegon Cirebon

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Batu Lawang Cilegon Cirebon | Wisata Batu Lawang

“Sejak dibuka, kini sudah terdapat warung kecil-kecilan, tempat pengasingan sampah serta arena parkir yang semuanya dilaksanakan oleh penduduk setempat. Alhamdulillah, kini Dusun Pagerbatu jadi tambah ramai,” tutur Yaya.

Sementara itu, Cicih (34), empunya warung di tempat Bukit Pagerbatu, menyatakan bahwa sesudah dirinya ikut kerja bakti membersihkan tempat beserta penduduk lainnya, langsung mempunyai inisiatif untuk meningkatkan penghasilan ekstra dengan membuka warung simpel di lokasi.

“Saya yang kesatu dagang di sini. Tapi kini warga lain pun ikutan berdagang. Nah, yang dagang tersebut khusus orang sini saja, bukan dari wilayah lain. Sebab, ini guna memberdayakan penduduk sekitar, dan alhamdulillah sedikit-sedikit ada ekstra penghasilan,” ungkap Cicih.

Tabeng, penjaga parkir di tempat Bukit Pagerbatu, mengatakan, tempat swafoto sebetulnya hanya dimulai pada hari Sabtu dan Minggu saja. Tapi karena hendak sekali masyarakat lumayan tinggi, wisata baru itu akhirnya dimulai tiap hari.

Wisata Batu Lawang

Wisata Batu Lawang | Wisata Batu Lawang

“Kita mulai jaga dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore, setelah tersebut kita tutup. Bahkan, bila malam hari semua pemuda tidak jarang kali mengontrol supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi remaja sekarang tidak sedikit yang nekat dan ceroboh,” tuturnya.

Meski ongkos untuk parkir masih sekehendak pengunjung, imbuh Tabeng, tetapi hal itu lumayan membantu semua pemuda dan penduduk sekitar guna merawat serta menolong proses penyempurnaan tempat wisata swafoto baru, yang ke depannya digadang-gadang bakal semakin ramai.

“Hasil dari parkir kita pakai untuk perawatan serta pengelolaan Puncak Pagerbatu. Karena semuanya swadaya, kita melulu mengandalkan dari parkir saja,” kata Tabeng.

Di lokasi terpisah, Kepala Dusun Pagerbatu, Hadis, mengukapkan bahwa dirinya paling takjub dengan gotong-royong warganya yang kreatif dan inovatif dalam membina wilayahnya. Bermodal kekuatan gotong-royong, sekarang Pagerbatu semakin dikenal oleh tidak sedikit orang.

Wisata Alam “Batu Lawang ” Desa Cupang – Cirebon – Gempol village

Wisata Alam “Batu Lawang ” Desa Cupang – Cirebon – Gempol village | Wisata Batu Lawang

Karena semuanya swadaya, tempat Puncak Pagerbatu pun semua seadanya saja. Intinya, masyarakat yang mengelolanya. Biasanya pengunjung yang datang melulu sekali saja. Sebab, tempatnya yang memang belum sempurna, terutama jalan.

“Pengunjung darurat harus jalan selama 300 meter dari areal parkir untuk menjangkau lokasi. Meski begitu, jalan yang sering dikeluhkan tersebut rencananya akan dibetulkan pada tahun ini,” cerah Hadis. (Muhafid/Koran HR)

Berita Terkait

Buat Kamu yang Kekinian, 6 Lokasi Hits Swafoto di Banjar Ini Patut Didatangi

Wisata Alam “Batu Lawang ” Desa Cupang – Cirebon – Gempol village

Wisata Alam “Batu Lawang ” Desa Cupang – Cirebon – Gempol village | Wisata Batu Lawang

7 Lokasi Wisata Batu Lawang – Wisata Batu Lawang

Tebing Batu Gunung Jaya Cirebon Jadi ”Sasaran” Kaum Penjajal

Tebing Batu Gunung Jaya Cirebon Jadi ”Sasaran” Kaum Penjajal | Wisata Batu Lawang

Wisata Batu Cirebon Terbaik – Gerai News

Wisata Batu Cirebon Terbaik – Gerai News | Wisata Batu Lawang

7 photos of the "7 Lokasi Wisata Batu Lawang"

Wisata Alam “Batu Lawang ” Desa Cupang – Cirebon – Gempol Village Wisata Batu LawangWisata Alam “Batu Lawang ” Desa Cupang – Cirebon – Gempol Village Wisata Batu LawangWisata Batu Lawang Wisata Batu LawangMENENGOK WISATA ALAM BATU LAWANG CIREBON Wisata Batu LawangWisata Batu Cirebon Terbaik – Gerai News Wisata Batu LawangTebing Batu Gunung Jaya Cirebon Jadi ”Sasaran” Kaum Penjajal Wisata Batu LawangHarga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Batu Lawang Cilegon Cirebon Wisata Batu Lawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *