7 Lokasi Pengertian Pariwisata Secara Umum

Media warahmatullahi wabarakatuh

Pengertian Pariwisata dan Rekreasi

Pengertian Pariwisata dan Rekreasi | Pengertian Pariwisata Secara Umum

Pengasuh yang saya hormati, akhir-akhir ini saya menyimak di media massa tentang akibat liburan Raja Salman dari Arab Saudi terhadap pengembangan pariwisata syariah. Disebutnya di media-media itu bahwa liburan sang raja tersebut diinginkan dapat meningkatkan trafik wisatawan dari Arab Saudi, Timur Tengah, atau bahkan negara-negara Muslim  ke obyek-obyek wisata di Indonesia. Saya kok merasa belum begitu jelas, apa sih sebetulnya yang dinamakan pariwisata syariah? Kok kelihatannya istilah ini dipaksa-paksakan agar menjadi menarik dan Islami. Apakah memang terdapat konsep yang khas dari pariwisata syariah ini atau melulu sekedar labeling saja? Mohon penjelasannya, terima kasih. 

 Wassalamu ‘alailkum warahmatullahi wabarakatuh

 Aryanti Hendrie Anto, Baturetno, Banguntapan, Yogyakarta.

 

BAB II LANDASAN TEORI A. TINJAUAN UMUM PARIWISATA 7

BAB II LANDASAN TEORI A. TINJAUAN UMUM PARIWISATA 7 | Pengertian Pariwisata Secara Umum

Jawaban

 

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.  Saudari Aryanti, terima kasih atas pertanyaan yang kamu ajukan. Memang tidak sedikit pihak yang bercita-cita kunjungan regu besar Raja Salman dari Arab Saudi sejumlah waktu kemudian dapat dominan positif terhadap industri pariwisata syariah di Indonesia. Liburan regu raja dari 3-12 Maret kemarin dinilai spektakuler dan dapat membetulkan imej Bali pada terutama dan Indonesia pada lazimnya sebagai tujuan utama pariwisata syariah. Tapi apa bahwasannya pariwisata syariah itu? 

 Istilah pariwisata syariah memang istilah baru dalam dunia pariwisata. Beberapa istilah beda yang bermakna senada antara beda Islamic Tourism, Halal Friendly Tourism Destination, Halal Travel, Muslim-Friendly Travel Destinations, atau halal lifestyle.  Konsep wisata syariah lebih luas dari wisata reliji, dimana bila wisata reliji didefinisikan sebagai wisata dalam kerangka kepentingan ibadah/agama, contohnya haji dan umroh ke tanah haram, atau beberapa umat Islam berziarah ke makam-makam  para wali/aulia/tokoh agama. 

Pariwisata Sebagai Industri

Pariwisata Sebagai Industri | Pengertian Pariwisata Secara Umum

 Adapun wisata syariah berisi konsep yang lebih luas, yakni  pariwisata yang borongan aspeknya tidak berlawanan dengan syariah. Dalam industri pariwisata terdapat tidak sedikit aspek dan pelaku yang terlibat, contohnya hotel dan akomodasi, makanan dan minuman, transportasi, kemudahan ibadah, dan pasti obyek wisata tersebut sendiri.  Seluruh aspek ini mestilah tidak berlawanan dengan syariah, sederhananya halal dan toyyib.

 Obyek dari wisata syariah tidak mesti tempat-tempat atau khazanah kebiasaan Islam, namun dapat apa saja yang unik sepanjang tidak melanggar peraturan syariah. Pantai, gunung, gua, mainan, bahkan kebiasaan lokal bisa saja menjadi tujuan wisata ini. Indonesia paling kaya dengan tujuan yang unik dan sudah dikenal secara internasional. 

 Memang biasanya yang menjadi masalah krusial ialah perhotelan dan akomodasi, karena hotel pada lazimnya memang tidak didesain guna bersesuaian dengan syariah. Oleh karena tersebut sekarang pun muncul konsep hotel syariah, yakni hotel yang tidak meluangkan khamr, makanan dan minumannya halal, semua perangkat yang disediakan pun halal. Tambahan lagi hotel itu tidak menjadi tempat pekerjaan yang dilarang syariah. 

 Untuk menyokong pariwisata syariah pasti makanan dan minuman halal tidak melulu tersedia di hotel syariah, namun wisatawan dengan gampang mendapatkan di sekian banyak tempat. Jadi seharusnya tidak sedikit tersedia restoran halal, bahkan oleh-oleh dan cinderamata seharusnya pun terjamin halal.  Jaminan halal ini pasti harus dikeluarkan  oleh pihak yang terpercaya dan diyakini masyarakat (internasional), contohnya label halal LPPOM MUI. 

sejarah pariwisata

sejarah pariwisata | Pengertian Pariwisata Secara Umum

Ditinjau dari sisi bisnis, pariwisata syariah paling menjanjikan. Wisatawan-wisatawan dari negara muslim jumlahnya lumayan besar dan potensi kangannya pun tidak kalah dengan wisatwan dari negara non muslim. Masyarakat Arab Saudi, misalnya, pada tahun 2015 menguras tidak tidak cukup dari Rp 400 triliun untuk melakukan pembelian barang wisata ke luar negeri.  

 Namun sayangnya, Indonesia tidak cukup cukup energik menangkap potensi wisata syariah ini. Indonesia melulu menempati rangking 6 salah satu negara–negara Muslim sebagai tujuan wisata syariah. Bahkan salah satu negara ASEAN, wisata syariah Indonesia sedang di bawah Malaysia, Singapura, dan Thailand. Tentu saja urusan ini paling disayangkan, karena Indonesia mempunyai segalanya guna pengembangan wisata syariah ini. 

Bahkan urusan ini telah menjadi program sah pemerintah dan telah dikenalkan sejak lama. Wisata syariah kesatu kali dikenalkan secara nasional pada  kegiatan Indonesia Halal Expo (Indhex) 2013 dan Global Halal Forum yang dilangsungkan pada 30 Oktober-2 November 2013  oleh presiden Susilo Bambang Yudoyono. Semoga trafik raja Salman memang bakal menjadi momentum guna mengakselerasi pembangunan pariwisata syariah di Indonesia. Amin.

 

Teori, Definisi Dan Konsep Pariwisata

Teori, Definisi Dan Konsep Pariwisata | Pengertian Pariwisata Secara Umum

 

7 Lokasi Pengertian Pariwisata Secara Umum – Pengertian Pariwisata Secara Umum

Makalah pariwisata

Makalah pariwisata | Pengertian Pariwisata Secara Umum

Pengertian Pariwisata, Sosiologi, dan Ruang Lingkup Sosiologi

Pengertian Pariwisata, Sosiologi, dan Ruang Lingkup Sosiologi | Pengertian Pariwisata Secara Umum

7 photos of the "7 Lokasi Pengertian Pariwisata Secara Umum"

Sejarah Pariwisata Pengertian Pariwisata Secara UmumPengertian Pariwisata, Sosiologi, Dan Ruang Lingkup Sosiologi Pengertian Pariwisata Secara UmumTeori, Definisi Dan Konsep Pariwisata Pengertian Pariwisata Secara UmumBAB II LANDASAN TEORI AMakalah Pariwisata Pengertian Pariwisata Secara UmumPariwisata Sebagai Industri Pengertian Pariwisata Secara UmumPengertian Pariwisata Dan Rekreasi Pengertian Pariwisata Secara Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *