7 Lokasi Paket Wisata Dieng 2019

BANJARNEGARA, Media – Tradisi ruwatan terhadap anak berambut gimbal menjadi puncak pergelaran “Dieng Culture Festival (DCF) di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (30/6/2013).

Penginapan Wisata Dieng, Dieng,jawatengah,Indonesia, Banjarnegara

Penginapan Wisata Dieng, Dieng,jawatengah,Indonesia, Banjarnegara | Paket Wisata Dieng 2019

Ritual dimulai dengan kirab dari halaman lokasi tinggal pemangku adat masyarakat Dieng, Mbah Naryono, menuju tempat ruwatan di perumahan Candi Arjuna. Ribuan wisatawan dalam dan luar negeri turut menonton prosesi tersebut.

Ruwatan ini dibuntuti tujuh anak berambut gimbal, yaitu Sri Nuria (7) dari Banjarnegara, Lista dari Wonosobo, Argifari Yulianto (7) dari Banjarnegara, Mazaya Filza Labibah (6) dari Bekasi, Alira (3) dari Wonosobo, Sasabila (6) dari Wonosobo, dan Tita (5) dari Wonosobo.

Paket Wisata Dieng 7D7N Start Jakarta

Paket Wisata Dieng 7D7N Start Jakarta | Paket Wisata Dieng 2019

Ketujuh anak berambut gimbal itu menumpang dua delman dengan pengawal utama, yaitu dua figur sesepuh “Cucuk Ing Ngayodya”, dua orang pembawa perapian dupa penolak bala, semua prajurit pembawa tombak, keris dan pusaka lainnya, serta dua orang pembawa bunga cucuk lampah (pembuka jalan).

Di samping itu, deretan para pembawa permintaan (sesaji dan ubo rampe) anak gimbal, pembawa “buju abang”, “buju putih”, “buju ireng”, “buju kuning”, “buju robyang”, “buju kelung”, “buju sanggabuwana”, “buju tulak”, “buju panggang”, “buju kupat”, “rakan jajan pasar”, “rakan buah”, kelapa muda hijau, pisang raja emas, kinang, perangkat rias, sekian banyak cangkir dengan 14 jenis minuman, dan “bobo ronyang”. 

open trip dieng 7hari 7malam star jakarta idr.7,7 pax nwt7

open trip dieng 7hari 7malam star jakarta idr.7,7 pax nwt7 | Paket Wisata Dieng 2019

Kirab yang dilaksanakan dengan berkeliling desa juga dibuntuti para sesepuh, figur masyarakat, kumpulan paguyuban seni tradisional, dan masyarakat. 

Sesampainya di perumahan Candi Arjuna, tujuh anak berambut gimbal tersebut segera dibawa mengarah ke ke Sendang Maerokotjo atau Sendang Sedayu untuk dilaksanakan penjamasan atau pencucian sebelum rambut gimbalnya dipotong.

PAKET WISATA DIENG dan YOGYAKARTA 7 HARI 7 MALAM 7018/7019 : Bukit

PAKET WISATA DIENG dan YOGYAKARTA 7 HARI 7 MALAM 7018/7019 : Bukit | Paket Wisata Dieng 2019

Prosesi penjamasan itu dipimpin langsung oleh Mbah Naryono dengan memakai air jamasan yang diperbanyak kembang tujuh rupa serta air dari tuk (mata air) Bimalukar, Tuk Sendang Buana (Kali Bana), Tuk Kencen, Tuk Goa Sumur, Kali Pepek, dan tuk Sibido (tuk Pitu).

Setelah prosesi penjamasan selesai, anak-anak berambut gimbal dijaga menuju lokasi pencukuran di Candi Puntadewa, perumahan Candi Arjuna.

Paket Wisata Dieng Murah 7 - Pilihan Tour Dieng Wonosobo

Paket Wisata Dieng Murah 7 – Pilihan Tour Dieng Wonosobo | Paket Wisata Dieng 2019

Sebelum ruwatan atau pencukuran rambut gimbal dimulai, Mbah Naryono terlebih dulu berdoa untuk Tuhan Yang Maha Kuasa untuk memohon keselamatan dan kesehatan untuk anak-anak berambut gimbal yang berkeinginan diruwat.

7 Lokasi Paket Wisata Dieng 2019 – Paket Wisata Dieng 2019

PAKET WISATA DIENG 7 : Bukit Sikunir Dieng

PAKET WISATA DIENG 7 : Bukit Sikunir Dieng | Paket Wisata Dieng 2019

Dieng tour murah 7 – pilihan paket wisata Dieng terlengkap

Dieng tour murah 7 – pilihan paket wisata Dieng terlengkap | Paket Wisata Dieng 2019

6 photos of the "7 Lokasi Paket Wisata Dieng 2019"

PAKET WISATA DIENG 7 : Bukit Sikunir Dieng Paket Wisata Dieng 2019PAKET WISATA DIENG Dan YOGYAKARTA 7 HARI 7 MALAM 7018/7019 : Bukit Paket Wisata Dieng 2019Open Trip Dieng 7hari 7malam Star Jakarta IdrPaket Wisata Dieng 7D7N Start Jakarta Paket Wisata Dieng 2019Dieng Tour Murah 7 – Pilihan Paket Wisata Dieng Terlengkap Paket Wisata Dieng 2019Paket Wisata Dieng Murah 7 Pilihan Tour Dieng Wonosobo Paket Wisata Dieng 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *