7 Gambar Lembah Dewata

Pemandangan yang tidak biasa di “Pulau Dewata”, lokasi yang dikenal tidak sedikit wisatawan asing sebagai sorga damai, dengan bangunan kuil Hindu dimana-mana. Di kartu pos, Bali memang tidak jarang kali tampak indah, ramah dan sentosa.

Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Taman Lembah Dewata
Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Taman Lembah Dewata | Lembah Dewata

Tapi suatu megaproyek di Teluk Benoa yang diduga akan menguras dana 15 miliar dolar AS sejak sejumlah lama merangsang gerakan protes terbesar di pulau wisata yang tersohor itu. Reklamasi Teluk Benoa rencananya bakal menjadikan kawasan tersebut resor wisata mewah bertaraf internasional.

Ubud di Bali ialah tujuan utama yang jadi kesayangan wisatawan mancanegara. Terkenal sebab keindahan dan suasananya yang tenang dan asri.

Pantai Seminyak di area Kuta, Bali, disukai wisatawan yang hendak mandi di laut dan berjemur di pantai.

Pantai Sanur terletak di sebelah unsur timur kota Denpasar. Terkenal karena estetis dan ombaknya tenang.

Ibukota Jakarta menawarkan sekian banyak atraksi wisata dan adalah pusat pekerjaan ekonomi.

Pantai Nusa Dua di Bali memiliki kemudahan konferensi yang menyeluruh dan sering dipakai untuk tempat konferensi-konferensi berskala internasional.

Penulis: hp/vlz

Proyek yang dirancang antara beda oleh pengusaha Tomy Winata tersebut berencana menggeruduk pantai dengan pasir guna mendapatkan lahan baru seluas lebih 800 hektar. Para pengeritik mengatakan, proyek tersebut akan menjadi bencana lingkungan untuk Bali yang sudah sarat sesak dengan hotel, pusat perbelanjaan dan kemudahan wisata lainnya.

Di samping merusak lingkungan, proyek tersebut juga bakal menghancurkan mata pencarian semua nelayan, dan menodai area yang dirasakan suci oleh kaum Hindu. Para aktivis lingkungan khawatir, nantinya sampah proyek dan resor baru tersebut akan dilemparkan ke Teluk Benoa. Air bersih bakal menjadi langka dan rencana pembangunan yang mencukur jalur muara tiga sungai itu dapat menyebabkan banjir di musim hujan..

Pengembang megaproyek Teluk Benoa hendak membangun resor wisata mewah yang baru

Taman Lembah Dewata Tiket & Aktivitas November 7 - TravelsPromo
Taman Lembah Dewata Tiket & Aktivitas November 7 – TravelsPromo | Lembah Dewata

“Bisa terdapat banjir di masa depan, air bakal jadi kotor dan bau,” kata koordinator protes Wayan Gendo Suardana. Dia datang bareng ribuan warga desa di dekat kawasan itu. Aksi protes disemarakkan dengan susunan acara musik yang dimeriahkan bintang-bintang pop lokal.

Proyek Reklamasi Teluk Benoa hendak membangun selama 12 pulau baru dengan lahan seluas 700 hektar guna dijadikan resor, menyeluruh dengan kemudahan pertokoan dan kesatunan. Untuk tersebut akan didatangkan 40 juta meter kubik pasir dari luar Teluk Benoa.

Para aktivis lingkungan mengatakan, terumbu karang dan pantai di Teluk Benoa malah harus dilindungi, lagipula kawasan ini ialah bagian dari cagar alam. Di samping itu, terdapat 24 kuil Hindu di area ini yang pun perlu dilindungsi, kata NGO Conservation International.

Harmoni di Pulau Dewata diganggu megaproyek reklamasi?

“Hubungan antara insan dan alam paling kuat dan butuh dipertahankan,” kata juru bicara Conservation International, I Made Iwan Dewantama.

Tahun 2014, sebelum meninggalkan jabatannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerbitkan Perpres No 51 Thn 2014 yang mengolah status kawasan tersebut dari “wilayah konservasi” menjadi “wilayah revitalisasi”. Perusahaan developer Tirta Wahana Bali Internasional, unsur dari Artha Graha kepunyaan pengusaha Tomy Winata, lantas mengumumkan megaproyek Reklamasi Teluk Benoa.

Pihak pengembang menjelaskan megaproyek tersebut akan membuka lapangan kerja untuk 200.000 orang dan bakal menjadi penopang urgen perekonomian Bali. Tapi semua aktivis yang tergabung dalam Bali Forum Against Reklamasi (ForBali) menampik klaim tersebut Media 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 10: Ubud, Indonesia 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 9: New York, Amerika Serikat 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 8: Hanoi, Vietnam 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 7: Roma, Italia 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 6: Praha, Ceko 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 5: Siem Reap, Kamboja 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 4: Paris, Perancis 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 3: Marrakesh, Maroko 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 2: Istanbul, Turki 10 Tujuan Wisata Favorit Dunia 1: London, Inggris

Penulis: Kerstin Schmidt

Mereka mengatakan, tingkat pengangguran di Bali tergolong rendah. Bali pun tidak tidak memerlukan resor wisata baru, sebab pembangunan sarana wisata sudah dilangsungkan pesat dalam sejumlah tahun terakhir dan sekarang tidak sedikit kamar hotel yang tidak jarang tidak terisi.

Tapi Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menyokong megaproyek Teluk Benoa. Dia mengatakan, ketika ini lokasi teluk ialah kawasan rawa yang butuh revitalisasi. Pastika pun menegaskan, proyek tersebut tidak akan menyebabkan banjir.

Tempat Wisata Lembah Dewata  Indonesian Tourist spots  wisata lembang  bandung
Tempat Wisata Lembah Dewata Indonesian Tourist spots wisata lembang bandung | Lembah Dewata

“Jika permukaan laut tidak naik, (air) tidak bakal naik drastis,” kata Pastika untuk kantor berita AFP.

Hari Raya Nyepi di Bali

“Di bagian beda dunia, negara-negara lain pun melaksanakan proyek reklamasi. Singapura terus reklamasi tanah, Belanda bahkan reklamasi semua provinsi. Apa mereka tenggelam? Tidak,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan dari Gubernur Bali, pulau-pulau baru nantinya bakal mempunyai hutan mangrove yang ditanam di sekitarnya dan bermanfaat sebagai pelindung, contohnya dari urusan tsunami.

ForBali mengaku optimis, gerakan protes mereka akhirnya bakal menghentikan megaproyek itu. Mereka pun yakin, Presiden Joko Widodo akan menyimak keberatan mereka.

Wayan Gendo Suardana menyatakan, aksi protes sampai ketika ini sudah sukses mengusung isu tersebut menyebar di media.

“Kalau anda tidak pernah memprotes, proyek reklamasi ini sudah dibuka sejak dulu-dulu. Suara kami bakal diperhitungkan,” tandasnya.

hp/ap (afp, Media

Kursus masak dan “gala dinner” diselenggarakan di hotel bintang lima mempunyai nama Traube Tonbach, yang terletak di kota Beiersbronn, di wilayah Schwarzwald (hutan hitam) di Jerman Selatan. Tepatnya di negara unsur Baden Württemberg. Foto: bangunan sangat tua di perumahan hotel, yang di bina di lereng lembah. Bangunan yang dulunya melulu penginapan kecil, berkembang jadi hotel besar dengan tamu internasional.

Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Taman Lembah Dewata
Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Taman Lembah Dewata | Lembah Dewata

Di ruang restoran Köhlerstube diselenggarakan “gala dinner” masakan Indonesia. Masakan dihidangkan laksana dalam acara santap resmi yang lazim di Eropa. Yaitu dalam lima tahap, mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, hingga penutup. Tamu yang muncul sebagian tamu hotel. Sebagian lagi, tamu yang datang spesial untuk merasakan kuliner Indonesia.

Koki kenamaan Degan Septoadji bareng timnya mempersiapkan hidangan dari mula hingga akhir di dapur restoran. Salah satu urusan yang paling diperhatikan ialah penampilan tiap hidangan. “Di Eropa mata pun ikut makan,” demikian dikatakannya. Jadi bukan rasanya saja yang mesti sempurna.

Menjelang malam, semua tamu telah siap menanti hidangan di meja-meja yang sudah diatur apik. Mereka duduk di tempat-tempat yang sudah diputuskan lewat kartu meja. Sebelum hidangan disajikan, mereka sudah dapat memesan minuman. Mulai dari yang beralkohol laksana anggur merah, hingga air putih. Di akhir santap malam, tamu dapat memesan kopi.

Salah satu urusan yang spesial dalam gala diner ini ialah cara penyajian makanan, yang untuk orang Indonesia tidak cukup lazim. Tetapi makanan yang disajikan ialah makanan yang dikenal luas di masyarakat Indonesia. Tampak di foto: krupuk yang “naik pangkat” dan disajikan dalam wadah cantik. Pendampingnya tiga jenis sambal, yang ditempatkan dalam mangkuk persegi berwarna putih dengan sendok dari perak.

Ini tiga makanan pembuka, yang dihidangkan dengan setiap sausnya. Lezat dan mengundang tamu untuk hendak mencicipi lebih jauh serta menanyakan sekian banyak hal yang sehubungan dengan makanan-makanan itu. Dari pulau mana asalnya? Bagaimana kelaziman menyantap makanan di Indonesia? Ini salah satu teknik membuat kebudayaan Indonesia kian terkenal di Jerman.

Agak bingung pun waktu ditanya, apa nama makanan ini. Ternyata ini asinan Bogor. Begini makanan tradisional yang dikenal umum di Indonesia andai disajikan di hotel bintang lima oleh “chef” Degan Septoadji. Dalam variasi ini, asinan dilengkapi dengan daging ikan salmon yang diiris tipis-tipis.

Setiap tamu mendapat “sup” ini di mangkuk-mangkuk kecil. Seperti urutan lima hidangan dalam jamuan santap resmi di Eropa, dalam gala dinner ini, ikan jadi sajian ketiga, sesudah hidangan pembuka. Di mana letak Palembang? Apa bedanya hidangan di sana dengan di lokasi lain di Indonesia? Begitu kira-kira pertanyaan semua tamu.

Seperti ini masakan daging bebek dengan bumbu Bali yang dihidangkan dalam gala dinner. Dilihat dari teknik menghidangkannya, ini lebih serupa makanan Perancis di restoran mewah Eropa, dan bukan laksana hidangan masakan Indonesia. Tapi andai dirasa dengan bumbunya, ini berasal dari Indonesia.

Inilah “daging sapi bumbu rendang”. Daging “fillet” dicukur dan ditempatkan di atas bumbu rendang. Sehingga masing-masing orang mencukur daging lantas menyantapnya dengan ikut menikmati bumbu rendang di bawahnya. Daging dan bumbu rendang dinikmati dengan kentang, wortel dan tauge.

Setelah lima etape hidangan berlalu, semua koki mengunjungi setiap meja. Mereka berbincang-bincang mengenai makanan yang baru disajikan, dan menceritakan gagasan di baliknya. Sebagian tamu juga muncul dalam kursus masak yang pun ditawarkan chef Degan. Ada pun yang telah pernah ke Asia contohnya Thailand. Itu meningkatkan seru obrolan. Foto dari kiri: Nike Kurnia, Henry Oskar Fried, Degan Septoadji.

Kembali Buka, Taman Lembah Dewata Lembang
Kembali Buka, Taman Lembah Dewata Lembang | Lembah Dewata

Penulis: Marjory Linardy

7 Gambar Lembah Dewata – Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata Lembang Bandung
Taman Lembah Dewata Lembang Bandung | Lembah Dewata
Lembah Dewata, Taman Surgawi di Bandung yang Sedap Dipandang Mata
Lembah Dewata, Taman Surgawi di Bandung yang Sedap Dipandang Mata | Lembah Dewata