7 Gambar Arief Yahya

Semarang – Wajah Menteri Pariwisata Dr. Arief Yahya MSc tidak laksana biasanya, di Klenteng Sam Po Kong, 13 Agustus 2015. Pria alumni ITB Bandung, Surrey University Inggris dan Program Doktoral Unpad Bandung ini membintangi diri sebagai Kaisar Ming, figur yang melepas Laksamana Cheng Ho menjalani pengiriman sampai di 10 kota di Nusantara, 15 Juli 1405 silam.

Raih Award di Singapura, Ini Dia Sosok Menpar Arief Yahya
Raih Award di Singapura, Ini Dia Sosok Menpar Arief Yahya | Arief Yahya

Dari Sam Po Kong itulah, Arief Yahya yang berhias khusus dengan pakaian kerajaan Tiongkok tersebut melepas arak-arakan mengarah ke ke Klenteng Tay Kak Sie, yang bertempat di Gang Lombok 62, Semarang. Jubah hitam, baju merah menyala berdesain naga dari benang emas. Topi khas kerajaan berwarna hitam yang tinggi menjulang memberi kesan gagah, tinggi dan berwibawa.

Pedang panjang yang menjuntai di pinggang semakin menyeluruh kesan pemberani menjelajah. Dari depan klenteng yang bersejarah itu, –tempat mendaratnya Laksamana Cheng Ho, sebab juru mudi kapalnya sakit–, Menpar Arief Yahya mencungkil satu per satu regu pawai dengan bendera dan simbol-simbol yang khas oriental itu.

Begitulah teknik Arief Yahya memungut hati wisatawan asal Tiongkok yang akan semakin tidak sedikit mengalir ke Indonesia. Arief mengindikasikan rasa empati dan penghormatan untuk leluhur bangsa Tiongkok yang sedang menjalankan tugas pengiriman ke Nusantara. Jika orang nomor satu di pariwisata saja telah mengenakan pakaian Tiongkok, apa lagi yang diragukan untuk muncul berwisata ke Indonesia?

Raih Award di Singapura, Ini Dia Sosok Menpar Arief Yahya
Raih Award di Singapura, Ini Dia Sosok Menpar Arief Yahya | Arief Yahya

Fakta sejarah yang tidak dapat dihilangkan ialah bahwa hubungan kemitraan dengan Tiongkok tersebut sudah beratus-ratus tahun, persisnya 610 tahun yang lalu. Kala tersebut masih kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

“Sampai-sampai dalam masa-masa 28 tahun, berlabuh tujuh kali ekspedisi, di 10 kota, yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Bangka-Belitung, Palembang, Jakarta, Cirebon, Semarang, Tuban, Surabaya dan Bali,” kata Arief Yahya.

Pada 15 Juli 1405, Admiral Cheng Ho mengawali perjalanan dunia dari Nanking (dulu ibu kota China, sebelum dialihkan ke Beijing) melewati area Laut Cina Selatan, semenanjung Malaka, unsur barat Nusantara, semenanjung India, Jazirah Arab, sampai ke Mogadisu di Afrika Timur. Ada selama 30 negara yang pernah dilalui Jalur Cheng Ho.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata hadapi tantangan datangkan 7 juta
Arief Yahya, Menteri Pariwisata hadapi tantangan datangkan 7 juta | Arief Yahya

“Ini tonggak sejarah yang amat penting untuk pariwisata nasional ketika ini. Kita napak tilas, memperingati jejak warisan sejarah maritim dunia dengan Jalur Samudera Cheng Ho. Itu yang bakal kami promosikan, bernostalgia sekaligus berwisata budaya, yang dapat menjadi salah satu pesona dan unggulan pariwisata Indonesia,” jelas Arief.

Presiden Joko Widodo dalam sekian banyak pertemuan dengan Xi Jinping, Presiden Tiongkok pun selalu mempromosikan Indonesia. Di sela-sela Forum APEC pun, disebut-sebut soal pariwisata.

“Sejarah hubungan Indonesia-Tiongkok tersebut sudah ratusan tahun. Itu dapat menjadi modal untuk kedua negara guna menjadi partner strategis komprehensif, dan konkret,” tuturnya.

Jasa Arief Yahya di Pariwisata Berbuah Tanda Kehormatan dari
Jasa Arief Yahya di Pariwisata Berbuah Tanda Kehormatan dari | Arief Yahya

Presiden Xi Jinping juga merespons positif. “Meskipun Indonesia dan Tiongkok terpisah oleh laut dan samudera, tetapi besarnya gelombang tidak merintangi pertukaran kita, mulai dari Jalur Samudera Cheng Ho sampai Konferensi Asia Afrika” kata Xi Jinping ketika menghadiri Peringatan Konferensi Asia Afrika lalu.

Target wisatawan Tiongkok
Presiden Jokowi memasang target pariwisata tahun 2019 ialah 20 juta wisatawan mancanegar. Dari jumlah itu, 10 jutanya ditargetkan dari Tiongkok.

“Sekarang getarannya telah terasa di Bali, tidak sedikit turis yang berasal dari sana. Bahkan, Tiongkok menduduki posisi ke-3, menggeser Australia sampai semester I tahun 2015. Kami memang gencar berpromosi di Tiongkok,” tegas Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya Jadi Keynote Speaker di Google for Indonesia
Menpar Arief Yahya Jadi Keynote Speaker di Google for Indonesia | Arief Yahya

Karena itu, Arief juga menyambut acara Peringatan 610 tahun Laksamana Cheng Ho tersebut dengan senang hati. Meskipun mesti berpanas-panas dengan jubah menyeluruh ala Dinasti Ming. Gaya dan penampilannya telah serupa saat sang Kaisar melepas 357 unit kapal dan 27.800 awak kapal untuk melintasi luasnya Laut China Selatan.

Sumber:Suara Pembaruan/ PR

7 Gambar Arief Yahya – Arief Yahya

Arief Yahya : Menteri Pariwisata Era Kabinet Kerja Jilid 7 Yang
Arief Yahya : Menteri Pariwisata Era Kabinet Kerja Jilid 7 Yang | Arief Yahya
7 Juta Perjalanan Wisatawan Nusantara di Momen Mudik Lebaran
7 Juta Perjalanan Wisatawan Nusantara di Momen Mudik Lebaran | Arief Yahya