6 Tempat Pariwisata

Di samping itu, Indonesia pun mempunyai ragam konten lokal yang bisa dipadu padankan dengan pola desain fashion muslim, sampai-sampai akan menyerahkan ciri yang powerful dalam industri fashion muslim dunia. Hal ini pastinya akan meningkatkan destination brand, yang ujungnya bisa menunjang pariwisata Indonesia.

Industri Pariwisata Indonesia, Bagaimana Nasibnya Pasca Pandemi?

Industri Pariwisata Indonesia, Bagaimana Nasibnya Pasca Pandemi? | Pariwisata

Untuk itu, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selalu menyokong kegiatan-kegiatan yang dapat mengangkat visi tersebut. Salah satunya, Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2017 yang akan dilangsungkan pada 12 sampai 15 Oktober 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Ajang yang diinisiasi Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) itu akan menjadi sarana mempromosikan karya semua desainer modest fashion Indonesia ke pentas dunia. Acara ini sekaligus menyokong pariwisata yang tahun ini menargetkan 15 juta trafik wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

“Ini adalah salah satu upaya kami dalam mendorong teman-teman baik industri, private, dan pun asosiasi untuk menjangkau tujuan tersebut (Kiblat Fashion Muslim Dunia). Bahwa mereka yang memiliki kegiatan dan anda mendorong dan mempromosikannya dengan baik,” ujar Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, usai peluncuran IMFD 2017, Senin (9/10/2017) siang di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Berdasarkan keterangan dari Esthy, fashion dan pariwisata adalah bagian urgen dari industri kreatif. Fesyen menjadi magnet pariwisata Indonesia yang powerful serta menyerahkan kontribusi yang besar untuk sektor pariwisata.elain kuliner dan souvenir.

“Sebagian besar pengeluaran wisatawan dibelanjakan guna ketiga produk ini, di samping akomodasi hotel dan transportasi,” ujarnya.

Ekosistem Dalam Bingkai Industri Pariwisata Dan Jaminan Hukumnya

Ekosistem Dalam Bingkai Industri Pariwisata Dan Jaminan Hukumnya | Pariwisata

Dengan jumlah dan potensi yang besar tersebut, lanjut Esthy, Indonesia mesti bisa memainkan perannya dengan baik. Jangan hingga Indonesia malah menjadi pangsa pasar dari fashion muslim dunia.

“Tapi sebaliknya, ini menjadi kesempatan bisnis yang luar biasa, yang bila tidak anda tangkap kita melulu akan menjadi pasar,” ucap Esthy.

Untuk itu, ia mendorong semua fashion designer, terutama modest fashion, guna dapat memaksimalkan konten-konten lokal yang dipunyai Indonesia. Seperti diketahui, nature and cultural resouces di Indonesia masuk ke dalam urutan 20 besar dunia.

“Harus memasukkan konten lokal. Karena tersebut memang menjadi ciri kita. Baik tenun, batik, atau anda punya mutiara dan batu-batuan, seluruh itu dapat menjadi kombinasi,” kata Esthy. Ia pun menyuruh para asoasiasi, kementerian/lembaga lain guna dapat bersama-sama mencapai urusan itu dengan sekian banyak kegiatan.

“Kita di pariwisata paling memanfaatkan ini guna menjadi pesona untuk wisatawan. Sehingga destination brand anda menjadi lebih kaya, sebagai kiblat fashion muslim dunia,” ujar Esthy.

Bisnis Pariwisata di Indonesia Semakin Menjanjikan pada 6

Bisnis Pariwisata di Indonesia Semakin Menjanjikan pada 6 | Pariwisata

Project Director IMFW 2017, Jeny Tjahyawati, menuliskan bahwa pertumbuhan fashion yang paling pesat belakangan ini menjadi pesona tersendiri, terutama pada modest fashion yang memberikan ilham fashion untuk para penyuka mode secara global.

“Daya tarik ini dapat saling bersinergi menilik fashion bisa menjadi bagian unik yang bisa ditawarkan ke sektor lain, yaitu industri pariwisata,” ucap Jeny.

Kedua aspek itu pun bisa saling digabungkan guna mempromosikan Indonesia dan menunjukkan potensi fashion Indonesia, yang pada kesudahannya turut mendongkrak trafik wisatawan.

Jeny mengakui bahwa konten lokal bakal menjadi pembeda dan kekuatan utama yang bisa menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

“Kreativitas desainer Indonesia begitu mumpuni dan mempunyai daya saing global dalam karya-karya rapi mereka. Dengan sentuhan material lokal yang kerap dipakai para desainer Tanah Air, pastinya menjadi pesona tersendiri, tidak saja untuk modest fashion tetapi pun promosi efektif untuk Indonesia di kancah dunia,” kata dia.

Membanggakan, Inilah Prestasi Pariwisata Indonesia di Kancah Dunia

Membanggakan, Inilah Prestasi Pariwisata Indonesia di Kancah Dunia | Pariwisata

IMFW 2017 bakal menghadirkan 150 booth dan wirausaha muda bertalenta, serta 60 karya dari semua desainer Tanah Air dan mancanegara.

“IMFW menjadi suatu wadah untuk para pelaku modest fashion guna secara luas turut memuliakan kreatifitas melewati karya mereka. IMFW bakal menjadi platform modest fashion untuk menunjukkan adu kreasi dari semua pelaku desainer serta keragaman karya desainer modest fashion ruang belajar dunia,” ujar Jeny.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi akan terselenggaranya Indonesia Modest Fashion Week 2017 yang pada dua tahun kemarin memakai nama “Indonesia Islamic Fesyen & Produk (IIFP)”. Ia bareng presiden ialah orang-orang yang yakin bahwa ekonomi kreatif, tergolong pariwisata di dalamnya bakal menjadi koor ekonomi bangsa.

“Fashion adalah bagian dari industri kreatif, sampai-sampai akan memiliki akibat dan saling menunjang dengan pariwisata,” ucap Arief.

Terlebih lagi, dengan motivasi Indonesia Incorporated yang tinggi dari setiap Kementerian/Lembaga berhubungan dalam mewujudkan visi tersebut.

Kawasan Pariwisata - ARSITAG

Kawasan Pariwisata – ARSITAG | Pariwisata

“Bekraf, misalnya, dengan program inkubasi, kementerian perdagangan, dan lainnya. Dengan motivasi ini, pastinya visi Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia pada 2020 bakal tercapai. Bahkan tidak mustahil bakal lebih cepat,” kata Arief.()

6 Tempat Pariwisata – Pariwisata

Industri Pariwisata Indonesia yang Semakin Diminati Traveller - ERA.ID

Industri Pariwisata Indonesia yang Semakin Diminati Traveller – ERA.ID | Pariwisata

6 photos of the "6 Tempat Pariwisata"

Industri Pariwisata Indonesia, Bagaimana Nasibnya Pasca Pandemi? PariwisataBisnis Pariwisata Di Indonesia Semakin Menjanjikan Pada 6 PariwisataIndustri Pariwisata Indonesia Yang Semakin Diminati Traveller ERAEkosistem Dalam Bingkai Industri Pariwisata Dan Jaminan Hukumnya PariwisataKawasan Pariwisata ARSITAG PariwisataMembanggakan, Inilah Prestasi Pariwisata Indonesia Di Kancah Dunia Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *