6 Tempat Curug Cihurang

Hanya diperlukan waktu tempuh dua jam dari Jakarta untuk mencapai keindahan barisan air terjun di kaki Gunung Salak ini. Bahkan, masa-masa tempuh bisa lebih singkat andai Tol Jagorawi dan Lingkar Luar Bogor (BORR) lancar.

farcantes: Camping III : Curug Cihurang

farcantes: Camping III : Curug Cihurang | Curug Cihurang

Rute mengarah ke air terjun ini jauh dari pusat kemacetan jalur Puncak lewat Ciawi sampai-sampai perjalanan ke Gunung Bunder tak melelahkan. Rutenya, Jagorawi, BORR, Jalan KH Sholeh Iskandar, Jalan Raya Dramaga, dan Jalan Leuwiliang-Bogor. Kemudian berbelok ke Jalan Bojong Rangkas, di antara akses mengarah ke Taman Nasional Halimun-Salak (TNHS) yang berupa jalan dijepit perkampungan, namun dapat dilewati dua mobil.

Beberapa air terjun dapat dicapai dengan berlangsung kaki dalam waktu sejumlah menit dari areal parkir sampai-sampai tak melelahkan. Sangat sesuai jika membawa anak-anak dan keluarga.

Jalan-jalan ke Curug Cihurang

Jalan-jalan ke Curug Cihurang | Curug Cihurang

Ada enam air terjun yang letaknya berdekatan, yakni Curug Cihurang, Curug Pangeran, Curug Ngumpet 1, Curug Ngumpet 2, Curug Seribu, dan Curug Cigamea. Curug Cihurang, Curug Ngumpet 1, dan Curug Ngumpet 2 ialah pilihan wisata yang tepat untuk keluarga sebab letaknya dekat dengan areal parkir. Tak laksana air terjun lazimnya yang mesti melewati jalur menanjak dan licin. Sebaliknya, jalur mengarah ke ketiga air terjun ini relatif landai dan jarak dari areal parkir melulu 30-50 meter. Tidak melelahkan.

Inilah Curug Ngumpet. Air terjun (curug) ini tak terlihat dari areal parkir meskipun jaraknya dekat. Pepohonan lebat menyelubungi air terjun ini.

Berbasah-basahan di Curug Cihurang Gunung Bunder  Portal Seputar

Berbasah-basahan di Curug Cihurang Gunung Bunder Portal Seputar | Curug Cihurang

Namun, sesudah berjalan hanya 15 meter, mata bakal disuguhi keindahan air terjun yang dijepit lebatnya pepohonan. Curug Ngumpet 1 yang tak terlampau tinggi, melulu 15 meter, menyerahkan kenyamanan tersendiri. Sebab, air di curug jadi tak terlalu deras.

Hal yang mengasyikkan, curug ini jatuh di cekungan yang lebar dan di sejumlah bagiannya ditanggul dengan batu. Tanggul batu ini membentuk empang alam lumayan luas dengan kedalaman air tidak cukup dari 1 meter. Tak ada dalil untuk tidak mencemplungkan diri ke dalamnya dan menikmati segarnya air pegunungan. Mungkin ini jacuzzi semi produksi yang sesuai untuk berendam.

Camping di Curug Cihurang, Gunung Halimun Salak, Bogor  Celcius

Camping di Curug Cihurang, Gunung Halimun Salak, Bogor Celcius | Curug Cihurang

Jika hendak ceruk air terjun yang lebih luas, Curug Cihurang ialah pilihannya. Di air terjun ini, kedalaman air di kolam sampai 1 meter.

Rasanya rugi andai tak mencemplungkan diri ke dalam kolam-kolam alam air terjun di taman nasional ini. Hijaunya pepohonan yang mengapitnya adalah pemandangan yang istimewa, menyerahkan kenyamanan, dan pelipur lelahnya hidup di Jakarta yang sibuk. Sungguh rugi juga andai datang ke lokasi ini tanpa membawa kamera untuk mengabadikan diri dalam keindahan kaki Salaka (Gunung Salak).

Curug Cihurang Taman Nasional Gunung Halimun Salak  Info Pikiran

Curug Cihurang Taman Nasional Gunung Halimun Salak Info Pikiran | Curug Cihurang

6 Tempat Curug Cihurang – Curug Cihurang

andarupratomo: Touring To Curug Cihurang - Gunung Halimun Salak Bogor

andarupratomo: Touring To Curug Cihurang – Gunung Halimun Salak Bogor | Curug Cihurang

6 photos of the "6 Tempat Curug Cihurang"

Curug Cihurang Taman Nasional Gunung Halimun Salak Info Pikiran Curug CihurangFarcantes: Camping III : Curug Cihurang Curug CihurangBerbasah Basahan Di Curug Cihurang Gunung Bunder Portal Seputar Curug CihurangCamping Di Curug Cihurang, Gunung Halimun Salak, Bogor Celcius Curug CihurangAndarupratomo: Touring To Curug Cihurang Gunung Halimun Salak Bogor Curug CihurangJalan Jalan Ke Curug Cihurang Curug Cihurang