6 Lokasi Sungai Mudal

Media KULONPROGO — Semua bergerak, berkolaborasi, bersinergi mengarah ke Indonesia Incorporated. Semangat yang didorong powerful oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk semua lini yang mempunyai tujuan yang sama, membina dan memajukan Indonesia.

Satu lagi, Perusahaan Listrik Negara (PT PLN Persero) Jateng-DIY masuk dalam pusaran ‘Indonesia Incorporated’ itu. Langkah yang dilaksanakan PLN ialah membina tujuan wisata swadaya yang di bina masyarakat di Kulonprogo.

Tepatnya menolong mengembangkan tujuan wisata Taman Sungai Mudal, melewati Program Bina Lingkungan. Obyek wisata ini ialah sebuah sungai dengan empang alami dan air terjun yang masih perawan. Lokasinya selama 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Di lereng pegunungan itulah ada ‘surga tersembunyi’ yang sekarang menjadi magnet baru dalam unik wisatawan.

“PLN tolong membina masyarakat dan mengawal kelestarian alam supaya debit air terus besar. Apalagi sedang di Kulonprogo, yang sebentar lagi punya airport? Karena semakin dilestarikan semakin mensejahterakan,” kata Menpar RI, Arief Yahya.

Pengelola Taman Sungai Mudal Rudi Hastaryo menambahkan terciptanya ekowisata Taman Sungai Mudal ini bermula dari kepedulian sekelompok masyarakat selama yang mengharapkan sumber mata air Sungai Mudal tetap terjaga. Namun memiliki pesona wisata. Tahun 2015, secara swadaya, Rudi yang turut serta dalam kumpulan tersebut berjuang mewujudkan mimpinya.

“Dengan alam pegunungan yang sejuk, kami berjuang mengembangkan dengan tetap mengawal sumber air yang alami,” katanya, Jumat (5/5).

Dengan dana terbatas, Rudi bareng warga mulai membuka akses jalan‎ mengarah ke Sungai Mudal. Sekeliling aliran sungai pun dibangun kemudahan menarik. Di bawah mata airnya terdapat lubuk yang lantas disulap layaknya empang untuk mandi dan bermain. Di area tersebut pun ada air terjun yang paling indah, ‘Air Terjun Mudal’. Beberapa jembatan bambu yang tersusun apik dan unik meningkatkan pesona tersendiri.

Di tengah keterbatasan itulah, tahun 2015, PT PLN (Persero) muncul membawa angin segar. Melalui program Bina Lingkungan, PLN turut serta membangun area Sungai Mudal sebagai ekowisata.‎ PLN menyuruh bermitra melewati konsep desa wisata. Selanjutnya, Sungai Mudal membenahi dengan penghijauan 1.000 tumbuhan pala, serta melengkapi segala kemudahan pendukung yang lebih layak.

Di unsur atas sungai kini pun telah dibangun suatu taman dan sekian banyak fasilitas. Antara lain lokasi duduk, gazebo, mushola, toilet, lokasi tinggal payung, serta empang pemandian.

Untuk merasakan suasana alam, disiapkan lahan ‘camping ground’ guna pengunjung yang hendak berkemah. Masih terdapat kebun anggrek guna wisata edukasi supaya anak lebih mengenal tanaman. PLN pun melakukan program air bersih untuk 135 kepala family dan membina tempat ibadah.

Tiket masuk Taman Sungai Mudal melulu Rp 5.000 per orang. “Setelah ditolong PLN, jumlah wisatawan yang berangjangsana terus meningkat. Dulu rata-rata 30 orang per hari, sekarang sudah mendahului 500 orang masing-masing hari normal. Saat akhir pekan dapat mencapai 3.000 orang, baik lokal maupun asing,” kata dia.

Supervisor Program CSR PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY, Wildani Permana Dewi mengatakan, dipilihnya Taman Sungai Mudal sebagai partner binaan sebab kawasan tersebut perlu diatur dan dilestarikan. Dengan tumbuhnya tempat wisata bakal membuka usaha kecil. Seperti jasa parkir, jasa pemandu, pengrajin souvenir, warung santap dan home stay bermunculan.

Tahun 2016 Program Bina Lingkungan PLN mengucurkan dana Rp 130 juta untuk penciptaan anak tangga, gasebo, pembenihan anggrek, dan jembatan. Tahun 2017 sebesr Rp‎ 150 juta guna pembangunan gapura, jembatan baru, dan peningkatan bibit anggrek.

Kepala Desa Jatimulyo, Anom Sucondro menuturkan, wisata di wilayahnya telah membangunkan ekonomi desa. Banyak potensi alam yang terus dirapikan sebagai tujuan baru. “Desa kami terdapat 13 kampung dengan wisata alam yang unik untuk dikembangkan,” kata dia.

Terdapat ‎juga Gua Kiskendo yang dikelola Pemda di kampung Sokomolyo. Sedangkan wisata yang dikelola penduduk secara swadaya terdapat wisata ‎Kembangtebu (dusun Gendu), Curug Setawing (dusun Jonggrangan), ‎Grojogan Sewu (dusun Beteng), Gunung Lanang (Sibolong), dan Watu Blencong (Sokomoyo).

6 Lokasi Sungai Mudal – Sungai Mudal

Rute jalan dan harga tiket masuk ke Taman Sungai Mudal di

Rute jalan dan harga tiket masuk ke Taman Sungai Mudal di | Sungai Mudal

TAMAN SUNGAI MUDAL Tiket & Daya Tarik November 6 - TravelsPromo

TAMAN SUNGAI MUDAL Tiket & Daya Tarik November 6 – TravelsPromo | Sungai Mudal

Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Foto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal Kulon Progo | Sungai Mudal

√ (+Gambar) Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal s/d Des 6

√ (+Gambar) Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal s/d Des 6 | Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal - Campa Tour and Event

Taman Sungai Mudal – Campa Tour and Event | Sungai Mudal

Menepi Sejenak di Taman Sungai Mudal Kulon Progo - Lagilibur.com

Menepi Sejenak di Taman Sungai Mudal Kulon Progo – Lagilibur.com | Sungai Mudal

6 photos of the "6 Lokasi Sungai Mudal"

Rute Jalan Dan Harga Tiket Masuk Ke Taman Sungai Mudal Di Sungai Mudal√ (+Gambar) Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal S/d Des 6 Sungai MudalTAMAN SUNGAI MUDAL Tiket & Daya Tarik November 6 TravelsPromo Sungai MudalMenepi Sejenak Di Taman Sungai Mudal Kulon Progo LagiliburTaman Sungai Mudal Campa Tour And Event Sungai MudalFoto, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal Kulon Progo Sungai Mudal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *