6 Lokasi Bukit Tangkeban

PURBALINGGA, Media – Gunung Slamet (3428 mdpl) selalu dikejar para pendaki dari sekian banyak daerah. Hingga akhir Oktober saja, sedikitnya 18.683 pendaki mendaftar melewati jalur Bambangan, Kecamatan Karagreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

6 Spot Foto di Bukit Tangkeban yang Paling Hits 6 – Explore
6 Spot Foto di Bukit Tangkeban yang Paling Hits 6 – Explore | Bukit Tangkeban

Bagai pisau bermata dua. Membludaknya jumlah pendaki berimbas positif pada perekonomian lokal. Namun di sisi lain, akibat ekologis khususnya sampah plastik yang ditinggalkan semua pendaki tidak dapat dirasakan remeh.

Pengelola Basecamp Bambangan, Gunung Slamet, Purbalingga, Jawa Tengah, Slamet Ardiyansah mengungkapkan, pada musim pemanjatan masal periode Agustus-Oktober ini, jumlah pendaki Gunung Slamet yang menempuh jalur Bambangan menjangkau 6.400 orang.

Dalam hitungan kasarnya, andai satu pendaki rata-rata membawa dua botol air mineral ukuran 1,5 liter, maka sedikitnya ada selama 12.800 botol plastik yang diproduksi.

Spot Foto Instagenic di Bukit Tangkeban Pemalang, Bawa Bejibun
Spot Foto Instagenic di Bukit Tangkeban Pemalang, Bawa Bejibun | Bukit Tangkeban

“Hampir mayoritas pendaki memang telah sadar untuk membawa sampah-sampah anorganik turun. Tapi sampah botol banyak sekali ditinggal di basecamp, jadi kami mesti memutar benak lagi untuk mengubah sampah ini,” ujarnya saat didatangi Rabu (1/11/2017).

(Baca pun : Bukit Tangkeban, Panorama Menakjubkan di Kaki Gunung Slamet)

Para pemuda Dusun Bambangan, Desa Kutabawa ini pun beranggapan hingga muncullah sebuah gagasan kreatif. Timbunan sampah botol plastik itu disulap menjadi ragam macam bangunan lokasi tinggal semi permanen yang unik.

InfoPublik - WISATA BUKIT TANGKEBAN
InfoPublik – WISATA BUKIT TANGKEBAN | Bukit Tangkeban

Rumah- lokasi tinggal botol plastik tersebut didirikan di di antara sisi jalur pemanjatan tepat sebelum pos 1. “Selain dapat menjadi penyelesaian sampah dan pengingat semua pendaki, lokasi tinggal botol ini juga dapat mendogkrak trafik wisata non-pendaki ke Bambangan,” Media Fahmi Salah satu lokasi tinggal botol plastik yang terdapat di Gunung Slamet, Dusun Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.Untuk mencapai tempat rumah botol, pengunjung dapat berlangsung kaki menyusuri jalur pemanjatan sejauh 1 kilometer dari basecamp. Perjalanan yang lumayan melelahkan ini terbayar lunas oleh sejuknya udara dan pemandangan landscape perbukitan hijau di lokasi tinggal botol. 

“Untuk pengunjung umum, kami tarik tiket ekuivalen Rp 5.000. Khusus pendaki, kami gratiskan sebab sudah include dalam tiket pendakian,” jelasnya.

(Baca pun : Lembah Asri Serang, Sepotong Surga di Kaki Gunung Slamet)

Menikmati Akhir Pekan di Bukit Tangkeban Pemalang  Puskapik.com
Menikmati Akhir Pekan di Bukit Tangkeban Pemalang Puskapik.com | Bukit Tangkeban

Untuk menciptakan satu rumah, Slamet memerlukan puluhan kilogram sampah botol plastik.

Jika di hari-hari biasa, untuk mengoleksi sampah sebanyak tersebut harus menantikan sampai sejumlah pekan. Khusus di bulan-bulan spesial laksana Agustus dan cuti panjang, pihaknya hanya perlu satu kali musim pemanjatan masal.

Saat ini, di Bambangan telah ada empat lokasi tinggal botol plastik yang berdiri. Rencananya, dalam masa-masa dekat, pengelola bakal menambahkan sejumlah rumah lagi di perumahan itu.

Menikmati embun pagi Bukit Tangkeban Pemalang — Warta Desa
Menikmati embun pagi Bukit Tangkeban Pemalang — Warta Desa | Bukit Tangkeban

Selain lokasi tinggal botol, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah wahana lain, laksana area berkemah keluarga.

“Sudah tidak sedikit yang tanya (area berkemah), dekat-dekat ini kami buka, sekaligus persewaan tenda,” pungkasnya.

6 Lokasi Bukit Tangkeban – Bukit Tangkeban

Bukit Tangkeban Pemalang, Wisata Alam Yang Kece dan Indah
Bukit Tangkeban Pemalang, Wisata Alam Yang Kece dan Indah | Bukit Tangkeban