6 Gambar Wisata Rangkasbitung

TERLETAK di sudut alun-alun Kota Rangkasbitung, Provinsi Banten, suatu bangunan berarsitektur khas kolonial, memampang aksara besar: ‘Museum Multatuli’.

6 Tempat Wisata di Rangkasbitung Terbaru yang Lagi Hits 6

6 Tempat Wisata di Rangkasbitung Terbaru yang Lagi Hits 6 | Wisata Rangkasbitung

Suasananya sepi saat saya melangkahkan kaki ke dalam bangunan museum. Di balik pagar, sebanyak anak berseragam sekolah asyik bersenda gurau sambil merasakan sepoi angin.

Mereka mengernyitkan dahi saat saya bertanya soal Multatuli. “Multatuli? Dia siapa ya? Saya tahunya Multatuli nama jalan dan nama museum,” kata Indriani, salah seorang wanita berseragam putih-abu-abu.

Apakah Multatuli diajarkan di sekolah? Indriani menggeleng, demikian pula teman-temannya di sekelilingnya. “Kami nggak pernah diajarin soal Multatuli,” ujarnya.

Pengalaman di Rangkasbitung

Multatuli ialah nama pena Eduard Douwes Dekker, asisten residen Lebak yang tinggal di Rangkasbitung pada Januari sampai Maret 1856. Berdasarkan pengalamannya di wilayah tersebut, dia mencatat sebuah novel berjudul Max Havelaar yang kesatu kali diterbitkan pada 1860.

“Dengan Max Havelaar, dia hendak membuka mata dunia mengenai busuknya kolonialisme di Hindia Belanda. Ide-ide tersebut menginspirasi tokoh-tokoh pendiri bangsa, laksana Sukarno, guna memerdekakan Indonesia. Berdasarkan keterangan dari Pramoedya Ananta Toer, Max Havelaar ialah novel yang membunuh kolonialisme,” kata Ubaidillah Muchtar, kepala seksi cagar kebiasaan dan museum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Lebak.

6 Tempat Wisata di Lebak Paling Hits yang Wajib Dikunjungi Saat

6 Tempat Wisata di Lebak Paling Hits yang Wajib Dikunjungi Saat | Wisata Rangkasbitung

Karena pentingnya novel Max Havelaar, Kabupaten Lebak menyimpulkan untuk menjadikan bekas kantor dan lokasi tinggal Wedana Lebak yang di bina pada 1920-an sebagai museum. Dan semenjak Mei 2017, museum tersebut telah diresmikan.

Berdasarkan keterangan dari Ubaidillah, museum tersebut terbagi dalam tujuh ruangan dan empat segmen. Segmen kesatu mengisahkan sejarah masuknya kolonialisme di Indonesia dan segmen kedua mengemukakan Multatuli dan Max Havelaar. Adapun segmen ketiga menuturkan sejarah Banten dan Lebak. Sedangkan segmen terakhir mengindikasikan sejarah Rangkasbitung.

Museum Multatuli sejatinya didirikan kesatu kali di Amsterdam, Belanda. Kepemilikan Museum Multatuli di Rangkasbitung tidak berhubungan dengan yang di Amsterdam. Meski demikian pemerintah wilayah Lebak mendapat sebanyak hibah dari Museum Multatuli di Belanda.

Hibah itu, menurut keterangan dari Ubaidillah, mencakup novel Max Havelaar berbahasa Prancis cetakan kesatu tahun 1868, ubin bekas lokasi tinggal Multatuli, litografi Multatuli, dan peta Rangkasbitung abad yang lalu.

Kekurangan buku

Sejak keluar pada 1860, novel Max Havelaar sudah dicetak dalam sekian banyak bahasa. Penerbitan novel itu dominan luas sehingga mencetuskan gerakan Politik Etis atau Politik Balas Budi oleh pemerintah Hindia Belanda.

6 Tempat Wisata di Rangkasbitung Terbaru yang Lagi Hits 6

6 Tempat Wisata di Rangkasbitung Terbaru yang Lagi Hits 6 | Wisata Rangkasbitung

Di Eropa, lebih dari 100 tahun kemudian, nama Max Havelaar pun diabadikan dalam kepandaian perdagangan yang adil untuk petani. Singkat kata, Multatuli dan Max Havelaar sudah mendunia.

Namun, kenapa kaum muda di depan Museum Multatuli di Rangkasbitung tidak mengenal Eduard Douwes Dekker?

Saya bertolak sejumlah ratus meter ke SMA Negeri 3 Rangkasbitung dan menjumpai Dedi Sambas, guru sejarah sekolah tersebut. Baginya, fakta Multatuli ialah nama yang asing untuk sebagian kaum muda Rangkasbitung tidak mengherankan.

“Kalau mendengar cerita Saijah dan Adinda di dalam novel Multatuli, tentu mereka tahu. Tapi, guna kedalamannya, kami pun kesulitan. Di mana menggali bukunya? Kecuali kalau kitab itu diedarkan dalam jumlah tidak sedikit ke masing-masing sekolah agar mereka lebih tahu,” kata Dedi.

Tertinggal dan miskin

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan kebudayaan tahun 2015, Kabupaten Lebak ialah salah satu wilayah dengan populasi buta huruf terpadat di Indonesia dengan 58.224 orang tuna aksara salah satu penduduk 1,3 juta jiwa.

Fakta itu disetujui Bupati Lebak, Iti Jayabaya. Untuk membasmi buta huruf, dia menyatakan mempunyai program Lebak Cerdas yang menyebabkan lebih tidak sedikit guru dan memberi beasiswa untuk para pelajar untuk memicu minat belajar.

Cie Cimarga, punya tempat wisata bagus - Info Rangkasbitung

Cie Cimarga, punya tempat wisata bagus – Info Rangkasbitung | Wisata Rangkasbitung

“Kalau anda tidak persiapkan SDM-nya, kita melulu akan menjadi penonton,” kata Iti, di pendopo Museum Multatuli.

Soal kenapa dia menegakkan Museum Multatuli, Iti menuliskan ingin supaya penduduk Lebak lebih memahami siapa Multatuli. “Justru dengan adanya museum ini, saya bercita-cita penduduk dan kaum muda khususnya dapat mengenal Multatuli,” ujar Iti.

Di samping itu, eksistensi museum itu diharapkannya bakal mendorong wisatawan guna datang ke Rangkasbitung. “Kita targetkan 500.000 wisatawan tahun ini,” kata Iti.

Bonnie Triyana, pemerhati sejarah dan sosial Banten, bercita-cita pemerintah kabupaten Lebak dan pemprov Banten dapat menjadikan eksistensi Museum Multatuli sebagai momentum kebangkitan dari ketertinggalan.

Sebab, menurutnya, dari sisi pembangunan infrastruktur, Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten masih terbelakang dan miskin, predikat yang sama saat Multatuli bermukim di sana pada 1856.

“Rendahnya literasi, bagaimana teknik memeranginya, bagaimana menumbuhkan minat baca dengan teknik menarik ialah pekerjaan yang mesti dilakukan. Museum ini, yang di sebelahnya terdapat perpustakaan, menjadi salah satu teknik untuk menambah semangat baca masyarakat Lebak dan Banten,” tandasnya.

6 Tempat Wisata di Rangkasbitung Terbaru yang Lagi Hits 6

6 Tempat Wisata di Rangkasbitung Terbaru yang Lagi Hits 6 | Wisata Rangkasbitung

(ful)

6 Gambar Wisata Rangkasbitung – Wisata Rangkasbitung

Cie Cimarga, punya tempat wisata bagus - Info Rangkasbitung

Cie Cimarga, punya tempat wisata bagus – Info Rangkasbitung | Wisata Rangkasbitung

4 photos of the "6 Gambar Wisata Rangkasbitung"

6 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Terbaru Yang Lagi Hits 6 Wisata Rangkasbitung6 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Terbaru Yang Lagi Hits 6 Wisata Rangkasbitung6 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Terbaru Yang Lagi Hits 6 Wisata Rangkasbitung6 Tempat Wisata Di Lebak Paling Hits Yang Wajib Dikunjungi Saat Wisata Rangkasbitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *