6 Gambar Wisata Gunung Galunggung

TASIKMALAYA – Kendati masih ditetapkan dalam kedudukan aktif normal, tetapi gempa vulkanik yang terjadi di Gunung Galunggung, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, merasakan peningkatan.

Wisata di Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ada Curug
Wisata di Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ada Curug | Wisata Gunung Galunggung

Pada September lalu melulu tercatat empat kali gempa, sementara selama Oktober ini telah tercatat 34 kali gempa vulkanik.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Galunggung Heri Supartono mengatakan, penambahan gempa vulkanik terjadi namun area objek wisata Gunung Galunggung masih termasuk aman guna dikunjungi wisatawan.

Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya Kembali Dibuka
Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya Kembali Dibuka | Wisata Gunung Galunggung

Terlebih, hasil pengukuran suhu air di tiga tempat area tersebut melulu mencapai 55 derajat dan 62 derajat celsius saja dan ditetapkan masih normal.

“Memang eskalasi gempa vulkanik pada Oktober ini cukup tidak sedikit dibandingkan dengan bulan sebelumnya, namun hasil pengukuran suhu air ternyata normal. Bisa dijamin statusnya tetap masih normal. Setiap hari keaktifannya terus kami pantau dan hasilnya kami laporkan ke Muspika dan Muspida Kabupaten Tasikmalaya,” papar Heri, Kamis (28/10/2010).

Namun yang paling disayangkan, jalur lahar dan cekdam guna menampung lahar dingin, ketika ini telah tidak terdapat lagi sebab dirusak oleh galian.

Wisata Gunung Galunggung Sepi, Netizen : Banyak Bayar Sampai
Wisata Gunung Galunggung Sepi, Netizen : Banyak Bayar Sampai | Wisata Gunung Galunggung

Tak melulu itu, Gunung Galunggung pun tidak mempunyai struktur penanganan bencana andai sewaktu-waktu gunung itu meletus.

“Memang saya sendiri paling menyayangkan dengan galian yang tidak mengindahkan ketenteraman dari suasana gunung sendiri, sampai-sampai cekdam yang telah ada sendiri justeru rusak. Saya bercita-cita pemerintah wilayah mampu memberikan kepandaian dan mengendalikan suasana di sana, lantas rencana penanganan bencana pun dibentuk dengan baik sampai-sampai tidak mempunyai sifat instan pada ketika terjadi gunung meletus,” tegas Heri.

Pesona Gunung Galunggung, Destinasi Wisata Warna-warni Tasikmalaya
Pesona Gunung Galunggung, Destinasi Wisata Warna-warni Tasikmalaya | Wisata Gunung Galunggung

Sementara tersebut asisten Staf Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Maki mengatakan, pemerintah wilayah harus mempunyai rencana dari tanggap terpaksa bencana.

“Terlebih andai kawasannya merupakan area rawan bencana laksana longsor, banjir, lagipula ada gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat meletus,” ujar Maki.

(ton)

6 Gambar Wisata Gunung Galunggung – Wisata Gunung Galunggung

Wisata di Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ada Curug
Wisata di Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ada Curug | Wisata Gunung Galunggung
Wisata Alam Gunung Galunggung Sudah Dibuka Setalah 6 bulan Tutup
Wisata Alam Gunung Galunggung Sudah Dibuka Setalah 6 bulan Tutup | Wisata Gunung Galunggung