6 Gambar Taman Lawu

RATUSAN bendera ditancapkan di seputaran puncak Gardu dalam acara Festival Bendera di desa Gerdu, tepatnya di Tuk Ndero (Puntuk Gendera), yang pun disebut sebagai bukit bendera di distrik Karangpandan, Karanganyar.

Lawu Park 6 Karanganyar, Wisata Baru Primadona Traveler

Lawu Park 6 Karanganyar, Wisata Baru Primadona Traveler | The Lawu Park

Acara yang dilangsungkan ini dilandasi kemauan masyarakat lereng Gunung Lawu untuk menilik perjuangan Raden Mas Said atau lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa yang mempunyai semangat juang tinggi melawan kompeni Belanda.

Aneka bendera warna warni ini ditancapkan di di antara tebing yang sedang di tengah Dusun. Warga selama desa Gerdu meyakini bahwa tempat tersebut adalah tempat penancapan bendera kehormatan Pangeran Sambernyawa sebagai mula perjuangannya.

BACA JUGA:

Pengunjung Taman Pintar Yogyakarta Tembus Satu Juta Wisatawan

Rute dan Lokasi The Lawu Park Karanganyar, Suguhan Keindahan

Rute dan Lokasi The Lawu Park Karanganyar, Suguhan Keindahan | The Lawu Park

Kepala Dinas Pariwisata, Titis Jawoto mengucapkan pihaknya paling mengapresiasi acara pesta rakyat bendera untuk memperingati perjuangan RM Said semasa penjajahan Belanda.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Karanganyar sangat menyokong penuh guna dikemas menjadi wisata sejarah.

“Kita dukung sarat acara yang digagas penduduk dan diharapkan dapat meningkatkan kesehteraan penduduk sekitar,” jelas Titis, Sabtu (30/12/2017).

Terkait tempat tersebut dipercayai sebagai lokasi penancapan bendera perjuangan Pangeran Sambernyawa, Pemkab Karanganyar segera mengerjakan kajian sejarah berkolaborasi dengan pihak yang berkompeten di bidangnya.

√ Tiket Masuk The Lawu Park 6, Foto & Info Penginapan

√ Tiket Masuk The Lawu Park 6, Foto & Info Penginapan | The Lawu Park

“Kita punya masyarakat sejarah Karanganyar yang sudah paling eksis. Bukan hanya dari segi sejarah, potensi alam, potensi wisata seluruh akan segera di maping,” lanjut Titis.

BACA JUGA:

Yuk! Nikmati Stand Up Comedy Bahasa Jawa di Malioboro

Seandainya dari literasi sejarah benar lokasi tersebut tempat kesatu kali Sambernyawa menancapkan bendera perjuangannya,ungkap Titis, tidak menutup bisa jadi akan di bina tugu atau monumen sebagai penanda pernah terjadi peristiwa bersejarah di tempat tersebut.

√ Tiket Masuk The Lawu Park 6, Foto & Info Penginapan

√ Tiket Masuk The Lawu Park 6, Foto & Info Penginapan | The Lawu Park

Seperti era Presiden Soeharto yang membina monumen Tri Dharma pada tahun 1971 sebagai penanda tempat itu dipercayai sebagai lokasi Pangeran Sambernyawa menyerahkan pengajaran pada semua prajuritnya sebelum maju berperang.

“Di tahun itulah, kesudahannya Presiden Soeharto kala tersebut membangun monumen atau tugu peringatan Tri Dharma,” pungkasnya

(ndr)

6 Gambar Taman Lawu – The Lawu Park

The Lawu Park Tempat Rekreasi Keluarga Di Tawangmangu - Wisatainfo

The Lawu Park Tempat Rekreasi Keluarga Di Tawangmangu – Wisatainfo | The Lawu Park

The Lawu Park  Wisata Alam di Gondosuli Tawangmangu

The Lawu Park Wisata Alam di Gondosuli Tawangmangu | The Lawu Park

6 photos of the "6 Gambar Taman Lawu"

√ Tiket Masuk The Lawu Park 6, Foto & Info Penginapan The Lawu Park√ Tiket Masuk The Lawu Park 6, Foto & Info Penginapan The Lawu ParkRute Dan Lokasi The Lawu Park Karanganyar, Suguhan Keindahan The Lawu ParkThe Lawu Park Tempat Rekreasi Keluarga Di Tawangmangu Wisatainfo The Lawu ParkLawu Park 6 Karanganyar, Wisata Baru Primadona Traveler The Lawu ParkThe Lawu Park Wisata Alam Di Gondosuli Tawangmangu The Lawu Park

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *