6 Gambar Pantai Karapyak

Batu Kasur yang sedang di pesisir Pantai Karapyak, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Eksotisnya Pantai Karapyak Pangandaran yang Belum Diketahui Banyak

Eksotisnya Pantai Karapyak Pangandaran yang Belum Diketahui Banyak | Pantai Karapyak

Berita Pangandaran, Media

Pantai Karapyak yang bertempat di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, di samping mempunyai keindahan alam yang memukau, pun terdapat suatu batu yang dinamakan Batu Kasur. Meski tidak sedikit yang memandang biasa batu tersebut, tetapi batu yang berwarna putih itu mempunyai sejarah yang lumayan panjang.

Budayawan serta sejarawan Kabupaten Pangandaran, Erik Krisnayudha, mengatakan, Batu Kasur mempunyai eksotisme serta pesona tersendiri walapun masih tidak banyak pengunjung yang mengetahuinya ketika ke Pantai Karapyak Pangandaran.

Pantai Karapyak

Pantai Karapyak | Pantai Karapyak

“Mungkin sebab minimnya informasi yang diterima masyarakat, lagipula pengunjung,” katanya untuk Koran HR, Senin (03/04/2017) lalu.

Menurutnya, Batu Kasur mempunyai panjang 2 meter dan lebar selama 1 meter. Sementara itu, batu tersebut diandalkan masyarakat pada zaman dahulu, bahkan sesepuh Desa Bagolo mengkeramatkan batu itu lantaran diandalkan mempunyai sejarah serta kekuatan magis.

“Batunya berwarna keputih-putihan. Dengan ukuruannya yang cukup besar, ini dapat menjadi pesona tersendiri guna khazanah wisata kebiasaan yang telah ada semenjak ratusan tahun lalu,” pungkasnya.

Pantai Karapyak 🏖️ HTM, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung

Pantai Karapyak 🏖️ HTM, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung | Pantai Karapyak

Di tempat terpisah, Doyo (66), penduduk Dusun Sindangmangu, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, yang pun juru pelihara Batu Kasur, mengungkapkan, bahwa batu itu memiliki format halnya suatu kasur yang terapung di ambang pantai. Meskipun terjadi pasang surut, batu itu tetap terlihat laksana mengapung.

“Banyak orang yang datang guna berziarah maupun sebatas berfoto-foto diatas batu tersebut,” kata Doyo untuk Koran HR.

Menurutnya, sesuai kisah turun-temurun yang diterimanya, Batu Kasur itu adalah tempat peristirahatan salah seorang Kyai penyebar agama Islam pada zaman Kerajaan Mataram yang mempunyai nama Mbah Panjing Bener. Sementara tersebut makam Kyai Panjing tersebut bertempat di bukit serupa diatas Batu Kasur.

Destinasi Wisata Pantai Karapyak Pangandaran

Destinasi Wisata Pantai Karapyak Pangandaran | Pantai Karapyak

“Banyak masyarakat yang datang ke makam maupun Batu Kasur untuk menginginkan keberkahan, tergolong kekayaan,” ceritanya.

Bahkan, lanjut Doyo, tidak tidak banyak orang yang kegemaran mancing bakal terlebih dahuli menziarahi tempat tersebut supaya hasil mancingnya bisa berlipat ganda.

“Dari pesona ini, Batu Kasur dapat menjadi di antara pemikat wisatawan untuk berangjangsana ke Pantai Karapyak, khususnya sebagai di antara tujuan pendidikan para pelajar,” tutupnya. (Ntang/R6/HR-Online)

PESONA PANTAI KARAPYAK 6-6 / PANGANDARAN / MOTOXPDTRAVELING #motoVlog 6

PESONA PANTAI KARAPYAK 6-6 / PANGANDARAN / MOTOXPDTRAVELING #motoVlog 6 | Pantai Karapyak

6 Gambar Pantai Karapyak – Pantai Karapyak

Humas Kabupaten Pangandaran  Pantai Karapyak, Pantai Perawan

Humas Kabupaten Pangandaran Pantai Karapyak, Pantai Perawan | Pantai Karapyak

6 photos of the "6 Gambar Pantai Karapyak"

Eksotisnya Pantai Karapyak Pangandaran Yang Belum Diketahui Banyak Pantai KarapyakPantai Karapyak 🏖️ HTM, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung Pantai KarapyakHumas Kabupaten Pangandaran Pantai Karapyak, Pantai Perawan Pantai KarapyakPantai Karapyak Pantai KarapyakPESONA PANTAI KARAPYAK 6 6 / PANGANDARAN / MOTOXPDTRAVELING #motoVlog 6 Pantai KarapyakDestinasi Wisata Pantai Karapyak Pangandaran Pantai Karapyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *