6 Gambar Harga Tiket Masuk Ragunan

Media — Penggunaan sistem tiket elektronik ternyata belum sepenuhnya dicerna oleh semua pengunjung Taman Margasatwa Ragunan. Hingga hari kedua Lebaran, Kamis (7/7), masih tidak sedikit pengunjung keadaan bingung saat bakal memanfaatkan JakCard, kartu yang dipakai sebagai tiket masuk mengarah ke Taman Margasatwa Ragunan.

Pantauan Media Kamis, sedikitnya terdapat enam petugas yang disiagakan di depan pintu masuk berbasis elektronik. Pintu masuk yang serupa sistem tiket Transjakarta dan commuterline tersebut berada tepat di samping loket yang berada tak jauh dari pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan.

Saat mencoba melakukan pembelian tiket, Media diminta menunaikan Rp 30 ribu. Petugas loket tidak memberikan penjelasan tentang eskalasi harga tiket yang biasa terbeli senilai Rp 3.000 (untuk pengunjung anak-anak) dan Rp 4.000 (untuk pengunjung dewasa).

Setelah diserahkan, tiket yang didapat memang bukan berupa kertas laksana sebelumnya. Media mendapat selembar kartu bergambar satwa bertuliskan JakCard di ujung kiri unsur Media langsung masuk ke dalam antrean pintu masuk elektronik. Antrean ketika itu lumayan panjang, yaitu sekitar empat meter di tiap-tiap pintu.  Di samping pengunjung padat, antrean pun lambat terurai. Hal ini sebab belum seluruh pengunjung memahami teknik menggunakan tiket elektronik.

Petugas mesti tidak jarang mengulangi instruksi dan merapikan deretan antrean masing-masing satu pengunjung tampak kebingungan. Ibu-ibu pengunjung yang terlanjur panik meminta anak-anaknya melakukan pembelian tiket baru.

“Tidak usah beli lagi. Satu tiket ini dapat dipakai buat sejumlah orang. Yang urgen saldo masih,” tutur seorang petugas wanita kepada deretan pengunjung.

Beberapa pengunjung yang datang secara berkelompok juga akhirnya memakai JakCard secara bergantian. Saldo dalam JakCard sebesar Rp 20 ribu.  Setelah sukses masuk, sisa kartu berkurang Rp 4.000 cocok tarif masuk yang diputuskan selama ini.

Seorang pengunjung, Romy, 40 tahun, asal Cikokol. Tangerang sempat kaget ketika diminta menunaikan Rp 30 ribu guna tiket masuk. Namun, saat memahami sistem tiket elektronik dapat dipakai untuk sejumlah orang, dirinya lega. “Tadi sempat bingung, kok harganya mahal. Sebab langsung diminta, belum diberitahu. Saat saya pastikan, petugas menyatakan dan ternyata hanya lain sistem,” ujar bapak tiga anak ini.

Pengunjung lain, Asyifa, 18 tahun dan Fitria, 18 tahun, pun mengeluhkan minimnya informasi di loket pembelian tiket. Kedua remaja putri ini datang bareng empat sahabat lain. Syifa dan Fitri menyatakan belum memahami sistem tiket elektronik. Saat mengantre di loket, dua-duanya sempat keadaan bingung saat menemukan informasi harga tiket.

“Kami kira Rp 30 ribu per orang, ternyata dapat digunakan sejumlah orang guna satu tiket. Hanya saja, jadi beli dua JakCard yang lumayan mahal ini,” ujar dua pelajar asal Bogor itu.

Humas Taman Wisata Ragunan, Wahyudi Bambang P, menuliskan informasi sistem tiket elektronik memakai JakCard sudah tidak jarang disosialisasikan. Peluncuran sistem itu sendiri dilakukan pada Mei lalu.

Namun, pihaknya memaklumi andai masih tidak sedikit yang belum mengetahui pemakaian JakCard. “Mungkin melulu belum tahu saja. Setelah paham sistemnya, mereka juga nyaman menggunakan. Sebab, sebetulnya JakCard ini mempermudah pengunjung,” ujar Wahyudi.

Dia menjelaskan, JakCard lebih multifungsi. Di samping masuk ke Taman Margasatwa Ragunan, kartu ini pun dapat digunakan guna masuk ke wahana yang terdapat di dalam kebun hewan tersebut. Kartu dengan pengisian sisa minimum Rp 20 ribu tersebut pun dapat dipakai untuk menunaikan parkir di Taman Margasatwa Ragunan dan naik bus Transjakarta.

6 Gambar Harga Tiket Masuk Ragunan – Harga Tiket Masuk Ragunan

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6 | Harga Tiket Masuk Ragunan

Ragunan Zoo on Twitter: "Berikut adalah tarif masuk Taman

Ragunan Zoo on Twitter: “Berikut adalah tarif masuk Taman | Harga Tiket Masuk Ragunan

Tiket Masuk Ragunan Ternyata Cuman 6 Ribu Rupiah! - jet on vacation

Tiket Masuk Ragunan Ternyata Cuman 6 Ribu Rupiah! – jet on vacation | Harga Tiket Masuk Ragunan

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6 | Harga Tiket Masuk Ragunan

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6 | Harga Tiket Masuk Ragunan

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan s/d Des 6 | Harga Tiket Masuk Ragunan

5 photos of the "6 Gambar Harga Tiket Masuk Ragunan"

√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan S/d Des 6 Harga Tiket Masuk RagunanTiket Masuk Ragunan Ternyata Cuman 6 Ribu Rupiah! Jet On Vacation Harga Tiket Masuk Ragunan√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan S/d Des 6 Harga Tiket Masuk Ragunan√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan S/d Des 6 Harga Tiket Masuk Ragunan√ Fasilitas, Wahana, Harga Tiket Masuk Ragunan S/d Des 6 Harga Tiket Masuk Ragunan