10 Tempat Bukit Becici

WARTA KOTA, YOGYAKARTA — Rasa penasaran menyaksikan dari dekat area Mangunan, Dlingo yang sedang di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, terus menganggu benak sesaat setelah tiba di Kota Pelajar dan Pariwisata tersebut. Di sela mengerjakan peliputan Prambanan Jazz 2017 garapan Rajawali Indonesia Communication dan Anas Syahrul Alimi di area wisata Candi Prambanan, Sleman, medio Agustus lalu, kami menyediakan waktu ke Mangunan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo, Spot Wisata
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo, Spot Wisata | Bukit Becici

Waktu telah mengindikasikan pukul 12.00, saat sinar matahari tepat sedang di atas kepala saat kami terbit dari lokasi penginapan di Prawirotaman, Jalan Parangtritis, Kota Yogyakarta. Meski sinar mentari mulai terik, niat untuk menyaksikan Mangunan dari dekat seolah mengungguli segalanya.

Toh, kami –rombongan wartawan dari Jakarta– mengemudikan kendaraan jenis mini bus sekitar berkeliling Yogyakarta, tergolong ke Mangunan. Segera saja, begitu bertemu Febri, ‘pilot’ yang selalu menjaga kami mengerjakan peliputan Prambanan Jazz 2017, kami segera memintanya diantar ke Mangunan.

Dari Prawirotaman, mobil segera menuju Jalan Ring Road Selatan –sekarang sudah berubah nama menjadi Jalan Brawijaya-Prof Dr Wirjono Projodikoro-Ahmad Yani– mengarungi terminal antarkota antar propinsi Giwangan. Febri memilih Jalan Imogiri Timur untuk mengarah ke Mangunan sebelum mengarungi Stadion Sultan Agung, stadion megah yang menjadi markas Persiba Bantul, klub Liga 2 Gojek Traveloka, yang menjadikan stadion tersebut sebagai ‘kandangnya’.

Puncak Becici Tiket & Aktivitas Desember 10 - TravelsPromo
Puncak Becici Tiket & Aktivitas Desember 10 – TravelsPromo | Bukit Becici

Mangunan lumayan dekat lantaran jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, melulu sekitar satu jam dengan perjalanan darat. Jika dikomparasikan kawasan serupa, laksana Kali Biru di Kulon Progo, Mangunan yang dikenal luas salah satunya sebab Puncak Becici-nya itu, relatif dekat.

Ketika Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Yogyakarta, Mangunan dan Puncak Becici ialah salah satu destinasi jalan-jalannya bareng Michelle Obama, istri, dan kedua putrinya. Keindahan alam di Mangunan dengan area hijau hutan pinus membuat tidak sedikit orang penasaran, tergolong Obama dan kami.

Mangunan juga berdampingan dengan komplek sakral pemakaman Raja-raja Mataram yang sedang di atas bukit di area Imogiri. Seperti makam semua raja yang pernah menguasai Kerajaan Mataram, Mangunan pun berada diatas bukit. Untuk mengarah ke Mangunan, kendaraan mesti tidak sedikit melalui jalanan mendaki.

√ Puncak Becici, Pesona Wisata & Harga Tiket Masuk
√ Puncak Becici, Pesona Wisata & Harga Tiket Masuk | Bukit Becici

Murah Meriah

Mangunan seperti area Gunung Pancar di area Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, yang pun mempunyai hutan pinus nan rindang dan hijau dengan udara segar. Jalan memanjat dan menurun menjadi unsur dari perjalanan mengarah ke Mangunan dan Gunung Pancar.

Di Mangunan, jalan yang tidak begitu lebar kerap menciptakan mobil mesti berlangsung pelan ketika naik atau turun, bahkan sesekali bergantian ketika sedang berpapasan. Meski berliku, nikmati saja perjalanan berkelok tersebut karena tetap mengasikkan sambil menyaksikan tertatanya pepohonan pinus disana.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo, Spot Wisata
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo, Spot Wisata | Bukit Becici

Begitu hingga di tujuan, hembusan udara dingin nan segar menyambut kami. Meski sinar matahari semakin terik, keadaan di area Mangunan kepunyaan Perhutani dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bantul tersebut tetap terasa begitu sejuk. Sebelum masuk hutan, kami diminta menunaikan uang masuk Mangunan.

Cukup Rp 2.500, kita sudah dapat menatap begitu tingginya pepohonan pinus di Mangunan. Saat tersebut weekend. Meski pengunjung tak begitu banyak, namun tetap ramai di Mangunan. Jika juga mau, kami masih dapat berlarian di atas jalan memanjat dan menurun disela pengunjung Mangunan.

Tiupan angin yang sering menabrak daun-daun pohon pinus sering terdengar. Puluhan orang tak hanya mengobrol di bawah pohon pinus, namun juga bersenda gurau menikmati indahnya alam dan segarnya udara di Mangunan yang baru dimulai untuk umum sejak setahun lalu.

Puncak Becici, ‘Malino-nya’ Yogyakarta Buat Obama Terpikat | Bukit Becici

Banyak pengunjung yang tampak mengabadikan potret dirinya, sendiri, bareng pasangan, ataupun dengan teman-teman dan keluarganya. Di antara mereka bahkan terdapat yang merasakan Mangunan seraya merebahkan diri dengan bergelantungan di atas hammock warna-warni. 

10 Tempat Bukit Becici – Bukit Becici

√ Puncak Becici, Pesona Wisata & Harga Tiket Masuk
√ Puncak Becici, Pesona Wisata & Harga Tiket Masuk | Bukit Becici
Puncak Becici, wisata Selfie di Bantul Jogja - Backpacker Jakarta
Puncak Becici, wisata Selfie di Bantul Jogja – Backpacker Jakarta | Bukit Becici
Puncak Becici - Campa Tour and Event
Puncak Becici – Campa Tour and Event | Bukit Becici
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo, Spot Wisata
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo, Spot Wisata | Bukit Becici
Puncak Becici: Terpikat Rona Senja di Atas Hamparan Pucuk Pinus
Puncak Becici: Terpikat Rona Senja di Atas Hamparan Pucuk Pinus | Bukit Becici