10 Gambar Punthuk Mongkrong

Wisata Punthuk Mongkrong Magelang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Punthuk Mongkrong Magelang yang Wajib Dikunjungi | Punthuk Mongkrong

YOGYA Media – Berwisata ke Candi Borobudur tidak akan menyeluruh tanpa merasakan sunrise dengan latar depan bangunan peninggalan Dinasti Syailendra itu. Setiap pekan, ratusan orang berduyun-duyun mengunjungi satu dari sekian tidak sedikit spot untuk merasakan matahari hadir dari balik stupa.

Mereka rela menyangga kantuk, mendaki, dan membisu satu atau dua jam, menantikan proses sunrise. Hampir semua dari mereka tidak sekadar menyaksikan, tapi pun mengabadikan dengan kamera.

Ada enam lokasi terbaik merasakan sunrise di Candi Borobudur. Pertama, Puntuk Setumbu. Bukit di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ini sekarang dikenal dengan nama Borobudur Nirvana Sunrise.

Lokasi ini ditemukan seorang fotografer tiga tahun lalu, populer di media sosial, dan makin ngetop lewat film Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Setiap pekan, Punthuk Setumbuh kebanjiran wisatawan dalam dan luar negeri, dengan jumlah trafik terus meningkat.

Punthuk Setumbu ialah bukit setinggi 400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari lokasi ini, wisatawan menonton bukit-bukit hijau, rumah-rumah penduduk, dan unsur atas candi.

Paket Wisata Jogja, Jembatan Punthuk Mongkrong

Paket Wisata Jogja, Jembatan Punthuk Mongkrong | Punthuk Mongkrong

Kedua, Gereja Ayam. Jika tak kebagian lokasi di Punthuk Setumbu, usahakanlah berjalan sejumlah menit ke Gereja Ayam. Sesuai namanya, tempat kedua untuk merasakan sunrise di Candi Borobudur ini sebelumnya lokasi ibadah umat Kristen.

Kini, Gereja Ayam ialah tempat wisata, dan tidak sedikit dikunjungi wisatawan. Dari atas Gereja Ayam wisatawan dapat menyaksikan sekujur Candi Borobudur yang berbalut kabut pagi ketika matahari perlahan menampakan diri.

Ketiga, Bukit Purwosari. Tempat ini populer di kalangan wisman dengan nama Purwosari Hill. Lokasinya masih di dekat Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam.

Dari penginapan di dekat Candi Borobudur, wisatawan dapat menuju Purwosari Hill tanpa mesti melalui Punthuk Setumbu atau Gereja Ayam, tapi tidak banyak memutar. Lokasi bukit ini di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur.

Seperti Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam, Purwosari Hill populer semenjak lama. Setiap pekan wisatawan berdatangan. Saat cuti panjang, masing-masing jelang pagi wisatawan menyinggung di puncak bukit.

NET JATENG - PESONA PUNTHUK MONGKRONG

NET JATENG – PESONA PUNTHUK MONGKRONG | Punthuk Mongkrong

Keempat, Punthuk Mongkrong. Terletak di Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Punthuk Mongkrong relatif sudah mendapat sentuhan bisnis. Bukit diatur sedemikian ruma, ada lokasi tinggal pohon laksana di Kalibiru, serta spot guna berfoto berupa jembatan bambu.

Dari lokasi ini sunrise di balik stupa Candi Borobudur tak kalah menarik. Jika tak ramai pengunjung, wisatawan dapat sesuka hati berfoto dengan latar belakang sunrise dan Borobudur.

Kelima, Punthuk Kendil. Seperti Punthuk Mongkrong, Punthuk Kendil pun ada spot eksklusif berfoto berupa panggung bambu. Dari lokasi ini, tidak melulu Candi Borobudur yang tampak tapi pun empat gunung di Jawa Tengah; Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing.

Penasaran, datang saja ke Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Saat paling unik ke lokasi ini ialah saat cuti panjang. Saat itu tidak sedikit wisman berkumpul dua jam sebelum ayam berkokok menyambut matahari terbit.

Keenam, Punthuk Sukmojoyo. Tidak jauh dari Punthuk Kendil. Jadi, andai Punthuk Kendil padat, pengunjung dapat ke Punthuk Sukmojoyo. Juga terdapat spot khusus guna berfoto di atas pohon. Namun, Punthuk Sukmojoyo tidak terlampau tinggi, dan berada tepat di bawah Punthuk Mongkrong. Lokasi Punthuk Sukmojoyo di Dusun Giripurno, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur.

Serasinya Merapi dan Merbabu Dinikmati dari Punthuk Mongkrong Magelang

Serasinya Merapi dan Merbabu Dinikmati dari Punthuk Mongkrong Magelang | Punthuk Mongkrong

Jalur mengarah ke keenam lokasi itu ialah jalan permukiman padat penduduk. Pengunjung yang datang dari jauh dapat memarkir kendaraan di halaman lokasi tinggal warga, dan naik ke atas bukit dengan jalan kaki.

Bagi penduduk di kaki bukit, kehadiran wisatawan ialah anugerah. Mereka membina toilet, lokasi shalat, dan berjualan makanan guna sarapan pagi. Saat matahari meninggi, pengunjung turun dan memenuhi perut dengan kue-kue yang dijajakan warga.

Pariwisata menggerakan perekonomian warga. Inilah yang menciptakan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mendesak Pemprov Jawa Tengah serius membina pariwisata Candi Borobudur, dan mengembangkan tujuan baru.

Menurutnya, pengembangan wisata Candi Borobudur bakal meningkatakan angka trafik wisman dan wisnus, dan memperbesar kesempatan masyarakat sekitar guna sejahtera.

Sebagai satu dari 10 Top Destinasi Prioritas, Candi Borobudur diinginkan menjadi penopang target 20 juta wisman pada tahun 2019. Saat ini Borobudur dikunjungi 250 ribu wisman. Bandingkan dengan Angkor Wat yang dikunjungi 2,4 juta wisman per tahun.

Punthuk Mongkrong : Nikmati Pesona Perbukitan Magelang Jawa Tengah

Punthuk Mongkrong : Nikmati Pesona Perbukitan Magelang Jawa Tengah | Punthuk Mongkrong

Menpar Arief Yahya menargetkan Borobudur dikunjungi tujuh juta wisatawan pada 2019. Rincinya, dua pun wisman dan lima juta wisnus, serta menyebabkan devisa Rp 100 triliun. “Saya hendak Borobudur besok menjadi tujuan internasional,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar bercita-cita pembangunan Bandar Kulon Progo cepat selesai, sebab akan memacu perkembangan kedatangan wisman ke Candi Borobudur dan Yogyakarta. ()

10 Gambar Punthuk Mongkrong – Punthuk Mongkrong

PUNTHUK MONGKRONG BOROBUDUR – Wisata Magelang

PUNTHUK MONGKRONG BOROBUDUR – Wisata Magelang | Punthuk Mongkrong

Eksotisnya Panorama Alam di Tempat Wisata Punthuk Mongkrong

Eksotisnya Panorama Alam di Tempat Wisata Punthuk Mongkrong | Punthuk Mongkrong

Phuntuk Mongkrong : Salah Satu Spot Terbaik Untuk Foto Di Magelang

Phuntuk Mongkrong : Salah Satu Spot Terbaik Untuk Foto Di Magelang | Punthuk Mongkrong

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong - Wisatainfo

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong – Wisatainfo | Punthuk Mongkrong

√ Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong Magelang 10  Wisata

√ Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong Magelang 10 Wisata | Punthuk Mongkrong

10 photos of the "10 Gambar Punthuk Mongkrong"

Wisata Punthuk Mongkrong Magelang Yang Wajib Dikunjungi Punthuk MongkrongSerasinya Merapi Dan Merbabu Dinikmati Dari Punthuk Mongkrong Magelang Punthuk MongkrongEksotisnya Panorama Alam Di Tempat Wisata Punthuk Mongkrong Punthuk MongkrongPaket Wisata Jogja, Jembatan Punthuk Mongkrong Punthuk MongkrongLokasi Dan Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong Wisatainfo Punthuk Mongkrong√ Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong Magelang 10 Wisata Punthuk MongkrongPhuntuk Mongkrong : Salah Satu Spot Terbaik Untuk Foto Di Magelang Punthuk MongkrongPunthuk Mongkrong : Nikmati Pesona Perbukitan Magelang Jawa Tengah Punthuk MongkrongPUNTHUK MONGKRONG BOROBUDUR – Wisata Magelang Punthuk MongkrongNET JATENG PESONA PUNTHUK MONGKRONG Punthuk Mongkrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *